Taubat Nasuha, Cara Terbebas Dari Segala Dosa Apapun yang Telah Kita Lakukan

Komentar

Taubat nasuha via yaoutube.com

Memang Taubat Nasuha adalah cara menghapuskan dosa kita yang telah lalu, tapi jangan disalahkan gunakan, dianggap mudah dan dengan enaknya melakukan dosa dosa.,,

Karena berikut syarat Taubat Nasuha...

Allah maha pengampun lagi maha penyayang, oleh karena itu jika kita berbuat kesalahan Allah selalu memberi kita kesempatan untuk memperbaiki diri, seperti melakukan taubat nasuha.

Dalam surah at-Tahrim ayat ke-8, Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat nasuha" Taubat nasuha adalah taubat yang harus dilakukan dengan sangat bersungguh-sungguh untuk memulai hidup baru yang lebih baik lagi.

Taubat nasuha merupakan taubat yang mencapai puncak kesempurnaan (yang dilaksanakan semaksimal mungkin), taubatan Nasuha bukan hanya sekedar memohon ampunan melainkan usaha untuk melakukan perbaikan diri serta menjauhi dosa-dosa yang pernah kita lakukan maupun dosa-dosa yang belum pernah kita lakukan.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Muncul Ditahun 2018, Naudzubillah

Cara Taubat nasuha itu dengan menyesali dosa, berjanji tidak akan mengulangi dan komitmen taat pada Allah. Taubat itu wajib dilakukan selama kita masih hidup didunia. Inilah penjelasan mengenai taubat nasuha.

Taubat Nasuha

Secara pengertian Taubatan Nasuha adalah proses taubat yang dilakukan secara bersungguh-sungguh, dengan kebulatan tekad, niat, dan menyempurnakannya dengan usaha untuk memperbaiki diri. Jika taubat dilakukan tanpa usaha dan perbaikan diri, maka taubat yang dilakukan bukanlah taubatan nasuha. Ia hanya sekedar untuk meminta ampunan tapi usaha untuk menjauhi perbuatan dosanya tetap dilakukan.

Taubat nasuha adalah taubat yang memenuhi 3 hal yaitu
1. penyesalan,
2. keyakinan untuk berhenti melakukan dosa serta,
3. tekad yang kuat untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang benar dan lebih baik lagi.

Taubat nasuha tidak bisa diundur atau ditunda. Karena jika demikian ia sangat berbahaya bagi hati manusia. Jika tidak segera menyucikan diri sedikit demi sedikit, maka pengaruh dosa itu akan bertumpuk-tumpuk, dan akhirnya akan merusak hati sehingga tertutup dari cahaya kebenaran.

Taubat nasuha dilakukan pada waktu kapan saja selama masih hidup didunia. Namun, ketika melakukan taubat nasuha ini kita harus memiliki keyakinan yang sangat kuat untuk tidak mengulangi kesalahan di masalalu maupun berbuat dosa dimasa depan.

Dalam hadits dan dalil Al Quran dijelaskan bahwa sebagai Muslim setiap harinya kita tentu tidak terlepas dari perbuatan dosa. Oleh sebab itu, kita bisa melakukan sholat taubat, sholat ini diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin meminta ampunan kepada Allah karena sudah melakukan dosa besar.


Taubatku via inspiringalquran.com

Adapun syarat serta manfaat dari taubat nasuha ini. Apa syarat taubat nasuha dan apa manfaat taubat nasuha? Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai syarat dan manfaat taubat nasuha yang harus Anda ketahui.

Syarat Taubat Nasuha

1. Penyesalan.
Maksudnya, hati orang yang bertaubat menyesali segala perbuatan dosa n maksiat yg pernah ia lakukan dgn penyesalan yg sangat besar.

2.Tekad yg Kuat.
Maksudnya, hati seorang hamba bertekad kuat utk tidak mengulangi lagi perbuatan dosa n maksiatnya kpd Allah Ta’ala.

3. Berhenti Total.
Maksudnya, seorang hamba berhenti secara total dari perbuatan dosa n maksiat yg pernah dilakukannya, menjauhi teman-teman buruk yg selalu mengajaknya berbuat dosa n maksiat, serta meninggalkan tempat-tempat maksiat.

4. Ikhlas.
Maksudnya, seorang hamba ketika bertaubat dari segala dosa n maksiat niatnya ikhlas karena mengharap ridho Allah semata dan karena takut akan siksa-Nya yg sangat pedih di dunia n akhirat.

5. Bertaubat Pada Waktunya.
Waktu taubat yg sah n diterima Allah ialah selagi nyawa seorang hamba belum sampai di tenggorokannya (yakni belum mengalami naza’/sakarotul maut), dan selama matahari belum terbit dari sebelah barat.

Manfaat Taubat Nasuha

Adapun manfaat dari taubat nasuha ini bagi diri kita, berikut penjelasannya:

1. Taubat dapat menghapuskan segala dosa
Allah SWT dengan tegas menyatakan bahwa siapapun yang bertaubat dengan sebenar-benarnya  kepada-Nya, niscaya  Dia akan mengampuni dosa-dosa orang  tersebut.

2. Taubat dapat mengganti  keburukan  menjadi kebaikan
Inilah salah satu kemurahan Allah terhadap hamba-Nya  yang  tidak pernah berputus  asa dari mengharap rahmat dan ampunan-Nya. Dia berkenan untuk  menjadikan taubat  sebagai  ‘alat barter’ untuk mengganti  keburukan  menjadi kebaikan .

3. Taubat dapat mensucikan hati
Dosa itu diibaratkan sebagai noda. Ketika seseorang bayak melakukan dosa,  maka  didalam hatinya akan terkumpul  banyak  noda, dan taubat itulah yang mampu mensucikannya. Orang yang bertaubat dengan sebenar-benarnya , niscaya hatinya akan menjadi suci.

4. Taubat dapat menjadikan hidup menjadi tenang dan damai
Orang yang mengakui kesalahan - kesalahannya  secara jujur dan sebenar-benarnya, maka hatinya akan menjadi tenang. Itulah salah satu alasan mengapa Allah memerintahkan  kita untuk segera melakukan taubat ketika menyadari baru saja melakukan kesalahan .

5. Taubat dapat mendatangkan bayak rezeki dan kekuatan
Berkenan dengan taubat dapat mendatangkan banyak rezki dan kekuatan, Allah telah menegaskannya, dalam surah Nuh : 10- 12, melalui lisan Nabi Nuh as , ketika beliau menginstruksikan kaumnya untuk segera bertaubat atas segala dosa yang telah mereka lakukan . Artinya : “ Maka aku katakan kepada mereka : “ Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun, niscaya Dia mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan  harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai.”

6. Taubat menjadi sebab keberuntungan didunia dan akhirat
Orang yang tidak mau bertaubat, pasti akan celaka, sementara orang yang mau bertaubat, menyesali kesalahannya, dan segera kembali kepada-Nya, dengan banyak melakukan perbuatan saleh, maka dia itulah orang yang beruntung.


Ampunan via fpayperawang.wordpress.com

Lalu apakah taubat nasuha dapat menghapuskan dosa zina? Jawabannya iya, hal ini sesuai dengan firman Allah :

"Katakanlah, Wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas, terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Q.S. Az Zumar: 54)

Dari Abu Dzarr al-Ghifary RA., dari Nabi SAW., meriwayatkannya dari Rabb-nya bahwa Allah berfirman (dalam hadits Qudsi) : "Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat kesalahan di malam dan siang hari sedangkan Aku mengampuni semua dosa; maka minta ampunlah kepada-Ku, niscaya Aku ampuni kalian." (H.R. Muslim)

Abu Dzar r.a. berkata : Nabi SAW bersabda : ‘Telah datang kepadak utusan Tuhanku dan memberitakan bahwa barang siapa yang mati dari umatku dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan suatu apapun pasti masuk surga’. Lalu aku bertanya : ‘Meskipun ia berzina dan mencuri?’ Nabi SAW menjawab :’Meskipun ia berzina dan mencuri’. (H.R. Bukhari Muslim I/59 dalam kitab Alu’lu wal  Marjan).

Apa yang dimaksud taubat nasuha dan tata cara melakukannya seperti apa?

Taubatan Nasuha adalah kembalinya seseorang dari perilaku dosa ke perilaku yang baik yang dianjurkan Allah. Taubat nasuha adalah taubat yang betul-betul dilakukan dengan serius atas dosa-dosa besar yang pernah dilakukan di masa lalu.

Pelaku taubat nasuha betul-betul menyesali dosa yang telah dilakukannya, tidak lagi ada keinginan untuk mengulangi apalagi berbuat lagi, serta menggantinya dengan amal perbuatan yang baik dalma bentuk ibadah kepada Allah dan amal kebaikan kepada sesama manusia. Dosa ada macam: dosa pada Allah saja dan dosa kepada Allah dan manusia (haqqul adami).

Kemudian ada juga tata cara melakukan taubat nasuha salah satunya meminta ampun kepada Allah sedang menyangkut kesalahan pada sesama manusia harus meminta maaf langsung kepada orang yang bersangkutan disamping kepada Allah. Dibawah ini adalah cara melakukan taubat nasuha:
1. Meninggalkan kemaksiataan yang dilakukannya.
2. Menyesali perbuatannya.
3. Bertekad kuat untuk tidak mengulangi lagi selama-lamanya.
4. Jika terkait dengan hak-hak orang lain maka hendaklah ia mengembalikannya kepada yang memilikinya.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan "apa yang dimaksuda taubat nasuha dan cara melakukannya?" Bagaimana sekarang setelah mengetahui tentang taubat nasuha ini, kita sebagai manusia memang tak pernah jauh dari kata dosa. Setiap waktu kita selalu melakukan dosa tanpa kita sadari.


Memohon ampunan via satujam.com

Oleh karena itu, kita bisa melakukan taubat nasuha ini setiap hari selama kita masih hidup. Salah satu cara melakukan taubat nasuha adalah dengan melakukan sholat taubat, berapa rakaat sholat taubat nasuha? Sholat taubat ini dilakukan sebanyak 2 rakaat dan maksimal 6 rakaat. Kita dianjurkan untuk melakukan sholat taubat ini pada malam hari.

Demikian penjelasan mengenai taubat nasuha, semoga bermanfaat. Sekian dari kami, bila ada salah kata kami memohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Top