Cara Membuat Adonan Tahu Bulat yang Gurih dan Tidak Keras

Komentar

Resep tahu bulat via rancahpost.com

Tahu Bulat, jajanan kekinian yang disukai anak-anak. Sebenarnya daripada beli buat adonan sendiri saja, mudah kok. 

Ada caranya biar mengembang gurih, tidak keras, dan tahan lama. Jadi nggak perlu beli jadi, cukup murah kalau beli tahu mentahnya. Atau mungkin buat bisni sampingan?

Tahu bulat pernah hits beberapa bulan yang lalu. Bahkan games tahu bulat sempat merajai play store. Namun, ada berita bahwa tahu bulat mengandung boraks, apakah tahu bulat berbahaya? Ada oknum yang tidak bertanggung jawab ketika menjual tahu bulat ini, namun tidak semua penjual tahu bulat berbuat curang.

Jadi, sebenarnya tahu bulat tidak berbahaya jika bahan yang dipakai tidak mengandung bahan kimia. Jika Anda khawatir mengenai tahu bulat itu bahaya atau tidak, Anda bisa mencoba resep tahu bulat berikut ini, cara ini juga cocok untuk Anda yang hobby membeli tahu bulat dipinggir jalan. apa saja resep tahu bulat? Berikut penjelasannya.

Tahu bulat adalah salah satu jenis tahu yang sesuai namanya, berbentuk bulat. Saat digoreng, tahu ini akan mengembang 2 kali lipat dari tahu biasa. Kenapa tahu bulat tidak mengembang? Ternyata ada tips dan rahasianya tersendiri untuk membuat tahu bulat bisa menggembang, bagaimana caranya? Dibawah ini merupakan cara membuat tahu bulat yang mengembang cantik dan enak.


Membuat tahu bulat via youtube.com

Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat

Cara membuat tahu bulat yang kopong ini sebenarnya mudah saja. Tidak membutuhkan peralatan yang rumit atau mesin. Anda bisa membuat sendiri tahu bulat di rumah. Dengan begitu Anda bisa mengkreasikan sendiri tahu bulat seperti yang Anda inginkan.

Bahan-bahan
  • 15 buah Tahu Putih Halus
  • 3 butir Kuning Telur
  • 1 sdt Baking Powder Double Acting
  • 3 sdt Kaldu Bubuk secukupnya 
  • Minyak Goreng

Langkah
  1. Cuci tahu putih, kemudian hancurkan dan saring airnya dengan menggunakan kain / serbet bersih. Usahakan sampai seminimal mgkin kandungan airnya dan tinggal ampas seperti gambar.
  2. Masukkan kuning telur, kaldu bubuk, dan Baking Powder Double Acting. Campur sambil diremas-remas untuk melembutkan adonan tahu. Jika tidak ada BPDA, bisa juga menggunakan baking powder biasa, tpi tambahkan stgh sdt lagi. kemudian tes rasa sesuai selera.
  3. Setelah rasa nya pas, buat bulatan dengan menggunakan telapak tangan sampai permukaannya licin. Masukkan ke dalam wadah yang ada tutupnya, simpan dalam kulkas minimal 3-4jam. Tidak boleh masuk freezer ya.
  4. Setelah 3 jam, keluarkan, biarkan 10 menit disuhu ruang. Sembari menunggu, panaskan minyak goreng smpai minyak panas, kemudian kecilkan api. Goreng tahu dalam minyak banyak menggunakan api sedang cenderung kecil, sambil diaduk2 agar bisa mengembang.
  5. Lama menggorengnya kira2 10-15 menit. Setelah matang, sajikan bersama cabe ceplus atau sambal kecap.

Tahan berapa lama tahu bulat dan kenapa tahu bulat di goreng dadakan? Tahu bulat akan tahan 1-2 hari diluar lemari pendingin, dan tahan 4-5 hari di lemari pendingin. Jangan menyimpan tahu di dalam freezer, karena tahu tidak akan mengembang sempurna. Tahu bulat digoreng dadakan karena saat dimakan nanti akan lebih enak jika tahu bulat masih hangat, selain itu rasanya juga akan renyah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda. Selamat membuat tahu bulat.
Top