Susah Tidur Bukan Karena Kopi, Tapi ini

Komentar

susah tidur via industantimes.com

Susah tidur bukan karena kopi..., jangan salah...

Banyak fakta bahkan orang yang minum kopi pada malam hari tidurnya pun nyenyak. Jadi bukan kopi penyebab susah tidur, tapi ini....

Apakah Anda selalu merasa sulit untuk terlelap, tidak peduli seberapa lelahnya Anda seharian bekerja? Atau, apakah Anda sering terbangun di tengah malam dan terbaring terjaga selama berjam-jam, menatapi gelapnya langit-langit rumah? Susah tidur adalah masalah umum yang menguras energi, mood, kebugaran tubuh, dan kemampuan beraktivitas Anda selama sehari ke depan. Susah Tidur kronis bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Yuk simak selengkapnya tentnag susah tidur pada artikel ini. Mulai dari penyebab insomnia, cara mengatasi insomnia, obat susah tidur, sampai doa susah tidur akan kami bahas.

Apa Nama Penyakit Susah Tidur ?

Susah tidur atau insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Setelah mengetahui apa nama penyakit susah tidur yuk mengetahui apa saja penyebab susah tidur selain penjelasan diatas. Berikut ini apa saja penyebab susah tidur yang tidak kita sadari.

Baca Juga : Tidur Terlentang Bahaya Untuk Ibu Hamil, Dengan Alat Ini Solusi Paling Baik yang Harus Dilakukan

Apa Saja Penyebab Susah Tidur ?

penyebab susah tidur via nydailynews.com

Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya:

1. Anda punya jadwal tidur yang berbeda di hari kerja dan akhir minggu
Jika Anda menjaga jadwal tidur yang sama selama hari kerja, namun terbiasa pergi tidur lebih larut selama akhir pekan, jangan harap untuk dapat terlelap tepat waktu mengikuti jadwal tidur di hari biasa saat Minggu malam. Kebiasaan ini dijuluki sebagai “social jet lag” oleh para ahli, karena Anda secara efektif memaksa tubuh Anda untuk beralih antara dua zona waktu yang berbeda setiap minggu.

2. Anda tidur terlalu cepat
Dilansir dari Reader’s Digest, sembilan puluh persen dari penderita insomnia tidur terlalu cepat dari jadwal biasanya. Walaupun kedengarannya tidak efektif, tapi terjaga sedikit lebih lama akan mengirimkan sinyal kepada sistem homeostatik tubuh bahwa Anda memerlukan lebih banyak tidur.

3. Anda tidak punya rutinitas menjelang tidur
Seringnya, begitu Anda merasa lelah setelah beraktivitas seharian, Anda cenderung untuk langsung tertidur begitu saja tanpa persiapan apapun untuk menabung lebih banyak waktu tidur. Yang tidak kita sadari, rutinitas kecil menjelang tidur ternyata bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh beristirahat.

4. Terlalu banyak minum kopi seharian
Sebenarnya, kafein memiliki paruh usia hingga 8-10 jam (artinya setengah ‘porsi’ kafein dari gelas kopi terakhir Anda masih tertinggal dalam sistem tubuh Anda dalam 8-10 jam setelahnya), sehingga minum terlalu banyak kopi di penghujung hari mungkin secara tidak sengaja menghambat nyenyak tidur Anda.

5. Beranjak dari tempat tidur saat terbangun di tengah malam
Saat Anda terbangun di malam hari, sebaiknya tetap berada di tempat tidur dan jangan beranjak pergi.

6. Terlalu gelisah di tengah malam
Jika Anda terbangun di tengah tidur merasa cemas dan dipenuhi oleh ratusan pikiran yang berjalan bolak-balik dalam bayangan Anda, lebih baik bangkit dari tempat tidur.

7. Sibuk bermain gadget sebelum tidur
untuk tidur nyenyak yang Anda impi-impikan selama ini, jangan masukkan bermain hape atau laptop ke dalam rutinitas tidur Anda.

8. Terlalu khawatir tak punya banyak waktu untuk tidur
Jika sebelum tidur Anda terus memperhatikan jarum jam yang berjalan, Anda akan segera menghitung berapa lama lagi waktu yang Anda miliki sampai Anda harus bangun pagi. Hal ini akan membuat Anda tambah cemas dan gelisah yang membuat anda susah tidur.

9. Merasa harus tidur 8 jam penuh
Jika Anda bisa terbangun di pagi hari tanpa alarm dan tidak merasa lesu kemudian, Anda mungkin sudah menjalani jumlah tidur yang tepat untuk Anda.

10. Menderita nyeri kronis
Arthritis, nyeri pinggang atau punggung, gangguan asam lambung, fibromyalgia, dan banyak nyeri kronis lainnya dapat membuat Anda terjaga di malam hari.

Itulah apa saja penyebab susah tidur ynag wajib anda waspadai agar tidur mu nyenyak. Selanjutnya kita kan membahas kopi ynag katanya bikin insomnia. Benarkah kopi bikin susah tidur malam atau insomnia? Simak berikut ini!

Benarkah Kopi Bikin Susah Tidur ?

kopi bikin susah tidur via meetdoctor.com

Benarkah kopi bikin susah tidur atau insomnia ? Berikut ini rahasianya.

Sebuah studi baru yang dilakukan di Inggris menemukan kafein yang terkandung dalam kopi tak hanya berfungsi sebagai stimulan tetapi juga benar-benar memperlambat kinerja jam internal tubuh.

Perlambatan ini disebabkan oleh tertundanya produksi hormon tidur atau biasa disebut dengan melatonin gara-gara ulah kafein. Penundaannya sendiri berlangsung hingga 40 menit.

Hebatnya, efek ini masih terasa meski orang yang bersangkutan meminum kopi tiga jam sebelum tidur. Bisa dibayangkan bilamana seseorang minum kopi beberapa menit menjelang istirahat malam.

"Jika Anda kecapekan lalu menyeduh kopi agar bisa tetap melek, ini sebenarnya adalah ide yang buruk. Dari luar memang tidak terlihat, tapi tanpa disadari Anda makin sulit tertidur, dan menjadi kurang tidur," terang peneliti Dr John O'Neill dari Laboratory of Molecular Biology, Cambridge.

Hal ini dibuktikan Dr O'Neill dengan mengamati reaksi sel-sel hidup yang dipapari kafein di laboratorium. Dari sini sudah terlihat bahwa kafein benar-benar mampu mengubah laju jam internal tubuh sehingga menjadi lebih lambat.

Belum puas, Dr O'Neill memastikannya dengan 'mengurung' lima orang partisipan di dalam sebuah laboratorium di University of Colorado Boulder, AS selama 50 hari.

Di akhir studi didapati fakta bahwa satu dosis kafein di malam hari sudah cukup memperlambat jam internal tubuh hingga 40 menit lamanya. Itu sama dengan dampak menyalakan lampu di dalam kamar selama tiga jam, mengingat orang-orang yang ada di dalam lab ini tidak terpapar sinar matahari maupun cahaya lampu yang terang selama 50 hari.

Nah itulah jawaban untuk pertanyaan benarkah kopi bikin susah tidur atau insomnia. Ternyata kopi sangat berpengaruh ya untuk tidur kita.

Setelah mengetahui apa saja penyebab susah tidur sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasi susah tidur dimalam hari atau ynag biasa dinamakan insomnia. Yuk simak!

Bagaimana Cara Mengatasi Susah Tidur Dimalam Hari ?

Untuk memperbaiki kebiasaan tidur yang terganggu, dan cara mengatasi susah tidur di malam hari, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Hindari atau kurangi waktu tidur siang
Jika sulit tidur di malam hari, biasanya Anda akan tergoda untuk tidur siang walaupun sebentar, namun hal itu justru dapat mengakibatkan Anda semakin sulit tidur pada malam harinya.

2. Menangani stress yang berdampak pada insomnia
Kesulitan tidur bisa juga disebabkan oleh stress yang dialami. Karena itulah sangat penting untuk menangani stres Anda dengan baik agar dapat kembali kepada jadwal tidur Anda yang biasanya.

3. Menjaga Pola Makan
Sedikit asupan karbohidrat dan protein pada siang hari yang dilakukan setiap beberapa waktu sekali akan membantu Anda untuk tetap terjaga dan segar di siang harinya.

4. Batasi asupan kafein
Sebaiknya hindari mengonsumsi kafein pada sore hari, dan batasi konsumsinya hingga dua gelas per hari.

5. Hindari alkohol
Beberapa orang menghubungkan alkohol dengan kesenangan dan sebagai sarana pelepas stress, akan tetapi pada kenyataannya alkohol adalah sumber depresan yang malahan akan membuat seseorang makin merasa depresi dan gelisah, sulit tidur dan mudah terbangun saat malam hari.

6. Relaksasi
Melakukan aktivitas lain yang juga dapat membantu tubuh untuk lebih santai dan otot menjadi rileks dapat membantu Anda untuk lebih mudah tertidur pada malam hari.

7. Jaga Pikiran Positif
Sangat penting untuk tetap menjaga pikiran pada arah yang positif sebagai cara mengatasi susah tidur pada malam hari dan karenanya tidak membuat Anda mengalami sulit tidur atau sulit beristirahat karena terganggu dengan berbagai pikiran buruk.

8. Tetapkan waktu tidur setiap harinya
Jika kita terbiasa tidur pada waktu yang sama dan dengan durasi sama setiap harinya, tubuh pun akan terbiasa dan mudah menyesuaikan diri ketika sudah memasuki waktu tidur.

9. Mulailah berolahraga
Kesempatan untuk tidur pada malam hari akan meningkat apabila Anda menyempatkan diri untuk berolah raga setidaknya tiga puluh menit dalam sehari dan maksimal lima jam sebelum waktu tidur malam.

10. Menata kamar agar menjadi tempat tidur yang nyaman
Lingkungan tempat Anda tidur juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk tidur dengan nyenyak. Jadikan kamar tidur Anda sebagai tempat yang nyaman untuk tidur dan beristirahat.

Jika berbagai upaya sudah Anda lakukan dan tidak dapat membantu cara mengatasi susah tidur di malam hari, mungkin ada baiknya jika Anda mengambil langkah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mencari bantuan yang profesional. Atau dapat juga menggunakan obat susah tidur alami berikut ini. Obat tidur alami ? apa ada? Ada lho ternyata. Apa obat susah tidur alami itu ? Berikut ini macam-macam obatnya.

Apa Obat Susah Tidur ?

Lantas, adakah pilihan obat tidur alami yang aman digunakan dan tidak bikin ketergantungan? Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Akar valerian

akar valerian via hellosehat.com

Sudah bertahun-tahun lamanya, akar valerian sering digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi gejala kecemasan, depresi, menopause, hingga sulit tidur. Ya, bagi Anda penderita insomnia, obat herbal alami yang satu ini mungkin bisa membantu.

2. Chamomile

chamomile via archanaskitchen.com

Sama seperti valerian, chamomile juga merupakan obat tidur alami yang telah dipercaya keampuhannya sejak lama guna melawan insomnia.

3. Melatonin

melantonin via drmomsinstahoe.com

Jika Anda pernah mendengar mengenai hormon yang memberi sinyal pada otak untuk tidur, ini merupakan kerja dari hormon melatonin. Hormon ini diproduksi secara alami oleh tubuh, tepatnya di kelenjar pineal yang berada di pusat otak. Itu sebabnya, semakin banyak hormon melatonin yang ada dalam tubuh, semakin meningkat pula perasaan kantuk Anda.

Namun, jika ingin cara yang lebih  mudah, Anda bisa mendapatkannya dari sumber makanan seperti kacang almond, kacang walnut, buah ceri, serta oatmeal.

4. Magnesium

magnesium via healthline.com

Ternyata, mineral yang terlibat dalam ratusan proses di tubuh manusia ini bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga membuat Anda lebih cepat terlelap.

Tidak jauh berbeda dengan melatonin, Anda bisa menambah kadar magnesium dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen maupun makanan. Kacang-kacangan, alpukat, pisang, susu, bayam, brokoli, sawi hijau, biji gandum utuh, serta ikan, merupakan beberapa makanan yang bisa membantu mencukupi kadar magnesium dalam tubuh.

5. Passion flower

passion flower via lgbotanicals.com

Sudah cukup lama, tanaman satu ini terkenal dengan popularitasnya sebagai obat tidur alami, khususnya untuk mengatasi insomnia. Sejauh ini, tampaknya olahan passion flower lebih bermanfaat ketika diolah dikonsumsi sebagai teh daripada suplemen.

6.  Glycine

glycine via livestrong.com

Glycine merupakan asam amino yang memainkan peran penting dalam kerja sistem saraf tubuh. Glycine tersedia dalam bentuk pil ataupun bubuk, yang bisa dilarutkan dengan air. Namun, Anda juga bisa mendapatkan kandungan glycine dari sumber makanan seperti daging, telur, unggas, ikan, kacang, bayam, kubis, pisang, serta kiwi.

7. Lavender

lavender via crocus.co.uk

Aroma khasnya sering dimanfaatkan sebagai aroma terapi yang diyakini dapat menenangkan tubuh sekaligus mempercepat tidur.

Sudah tahu kan apa obat susah tidur yang alami. Obat susah tidur diatas tidak memiliki zat kimia berbahaya dan adiktif bagi tubuh, jadi aman banget! Selain cara mengatasi insomnia dan obat susah tidur diatas, berikut ini ada doa susah tidur yang dapat anda baca ketika anda mengalami insomnia. Bagaimana doa susah tidur itu ? Berikut ini doa susah tidur ynag bisa anda baca.

Doa Susah Tidur

Lafadz doa susah tidur yang akan kami share ini merupakan salah satu doa yang diamalkan oleh Sahabat Nabi yakni Zaid bin Tsabit ketika mengalami susah tidur (insomnia).

Berikut adalah lafadz bacaan doa susah tidur lengkap arab, latin dan artinya.

اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

ALLAHUMMA GHARATIN NUJUM WA HADAATIL ‘UYUN, WA ANTA HAYYUN QAYYUM, LA TAKKHUZUKA SINATUN WALA NAUMUN. YA HAYYU YA QAYYUM, AHDI’ LAILI WA ANIM ‘AINI

Artinya :

Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku

Baca Juga : Melindungi Dari Api Neraka, Beginilah Doa yang Dibaca Rasulullah Saat Meminum Susu

Itulah Lafadz Doa Ketika Susah Tidur (Doa Insomnia) Lengkap bahasa arab, tulisan latin dan artinya.

Nah demikian lah artikel tentang penyabab susah tidur, cara mengatasi susah tidur, obat susah tidur alami, serta doa susah tidur dalam islam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!
Top