Benarkah Surat Al Waqiah Adalah OBAT ANTI MISKIN Jika Istiqomah Dibaca?

Komentar

surat al waqiah via kabarmakkah.com

Surat al waqiah memiliki keistimewaan yang melimpah untuk dunia dan akhirat. Yuk ketahui selengkapnya!

Surah al Waqiah adalah surat ke 56 dalam mushaf al quran yang memiliki 96 ayat. Surat ini tergolong surat makiyyah yang turun setelah surah Thoha. Khasiat membaca surat Al Waqiah untuk rezeki & kekayaan, Fadhilah dan keistimewaan membaca surah Al Waqiah sangat dashyat sekali.

Sebagai seorang muslim kita tentu sudah sangat familiar dengan Surat al Waqiah. Surat al Waqiah ini merupakan salah satu surat yang ada di dalam al-Quran, kitab suci agama Islam. Membaca dan mengamalkan surat al waqiah beserta artinya membuat kita mendapatkan fadhilah yang begitu banyak. Membaca lalu menyempurnakannya dengan doa, maka Allah akan lapangkan pintu rezeki bagi kita, In Syaa Allah.

Surat al waqiah baik dibaca kapan pun dan dimanapun. Ada riwayat tentang keutamaan membaca surat al-Wâqi’ah setiap malam dalam beberapa hadits, akan tetapi semua hadits tersebut tidak dapat dijadikan hujjah karena sebagiannya lemah, bahkan ada yang palsu. Di antaranya:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا، وَمَنْ قَرَأَ كُلَّ لَيْلَةٍ {لاَ أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ} لَقِيَ اللهَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَوَجْهُهُ فِي صُوْرَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ

Artinya : "Barangsiapa membaca surat al-Waqi’ah setiap malam maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya. Dan barangsiapa setiap malam membaca Surat al-Qiyâmah maka dia akan berjumpa dengan Allâh pada hari kiamat sedangkan wajahnya bersinar layaknya rembulan di malam purnama."

Hadits ini diriwayatkan oleh ad-Dailami dari jalan Ahmad bin Umar al-Yamami dengan sanadnya sampai Ibnu ‘Abbâs Radhiyallahu anhuma. Hadits ini disebutkan juga oleh Imam as-Suyuthi dalam Dzailul Âhâdîts al-Maudhû’ah, no. 177. Imam Ahmad berkata,” Ahmad al-Yamami adalah rawi yang kadzdzab (yang suka berdusta). Para ulama menghukuminya sebagai hadits palsu. [LihatSilsilah Âhâdîts adh-Dha’îfah, no. 290].

Berdasarkan ini, maka tidak disyariatkan mengamalkan hadits-hadits di atas.

Baca Juga : 4 Hal Tentang Surat Al Ala, Kenapa Disukai dan Sering Dibaca Rasulullah

Namun mengenai keutamaan membacanya setiap malam atau sebelum tidur, riwayatnya lemah. Oleh karena itu, para Ulama menjelaskan bahwa keutamaan surat ini bisa diperoleh jika seseorang rajin membacanya setiap malamnya, mengamalkan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya, mengimani berbagai berita yang disampaikan di dalamnya.

Banyak keutamaan jika kita sering mengamalkan dan membaca surat al waqiah. Sementara pada Surat Al Waqiah memiliki beberapa keutamaan yang terkandung. Yuk langsung saja mengetahui
keutamaan surat al waqiah.com untuk dunia maupun akhirat.

  1. Surat al-waqiah adalah amalan terbaik bagi wanita dan gadis sebagai pelindung diri dari segala kemudaratan di dunia ini dan juga terhindar dari kemiskinan. 
  2. Bagi siapa saja yang membaca surat al-waqiah sebagai doa wirid maka akan diberikan kesenangan dan kemudahan selama-lamanya oleh Allah swt.
  3. Barang siapa yang membaca surah ini sebagai kebiasaan dan membacanya pada satu malam maka dirinya akan dihindarkan dari kemiskinan.
  4. Dengan membaca surat al-waqiah di samping mayat atau orang yang sedang mengalami sakaratul maut maka akan membantu ruh keluar dari jasad lebih cepat. Jika dibacakan di samping orang yang sedang sakit maka niscaya akan segera diberikan kesembuhan dan bila dibacakan di samping orang yang sedang bersalin atau melahirkan maka akan segera diberi kemudahan oleh Allah swt.
  5. Barang siapa yang membaca surah al-waqiah selama 40 hari dan 40 malam maka selama itu pula rejeki akan megalir deras dari berbagai penjuru.
  6. Untuk mendapatkan rezeki berlimpah dari Allah, amalkan puasa selama seminggu. Baca 25x surat Al Waqiah setelah sholat fardhu serta pagi dan malam. Jangan lupa perbanyak sedekah. 
  7. Dengan mewiridkan Surat Al Waqiah ini sebagai bacaan yang rutin setiap hari dan juga malam, maka Allah akan menjauhkan segala kefakiran untuk selama-lamanya. Sa’d Al Mufti berkata jika hadits ini adalah shahih. Bagi orang yang rajin membaca Surat Al Waqiah ini, maka akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.
  8. Bagi mereka yang membacakan Surat Al Waqiah meski tidak mengetahui artinya, maka akan mendapatkan ketenangan baik dari segi jiwa maupun raganya.
  9. Barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, miscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. 
Jika kita membaca surat al waqiah hari jumat maka kita akan mendapat fadhilah yang lebih baik, yaitu mendapatkan cinta dari Allah dan manusia. Karena, sebagaimana kita tahu bahwa hari jumat adalah hari yang suci.

Dalam sebuah riwayat, Imam Ja’far Ash Shodiq berkata “Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam jumat, ia akan dicintai oleh Allah dan manusia. Ia tidak akan melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan dan penyakit dunia. Surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukminin yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.”

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan cinta dan kasih Allah, rajin-rajinlah membaca surat Al Waqiah. Namun akan lebih baik lagi jika kita mengkaji semua surat yang ada dalam Al Quran karena semuanya memiliki faedah.

Jika membaca surat al waqiah untuk ibu hamil juga berguna untuk kelahiran ibu hamil tersebut.
Ada banyak sekali amalan ibu hamil yang dilakukan para ibu hamil yang tentunya memiliki jutaan manfaatnya juga.
 
 Ibu hamil via aliwaba.com

Dalam ajaran agama Islam ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan ibu hamil sambil mengisi waktu luang sehari-harinya. Salah satunya adalah amalan membaca kitab suci Al-qur’an serta membaca surat. Salah satunya adalah surat al waqiah. Membaca surat al waqiah untuk ibu hamil berguna untuk memperlancar ibu hamil untuk melewati proses persalinan dengan baik.

Itulah ulasan mengenai manfaat membaca surat al-waqiah secara khususnya supaya lebih mudah diberikan rezeki. Pada intinya kita semua harus ingat kepada pencipta dan hanya meminta kepada Allah sajalah apa yang perlu dimintakan. Manusia hanya perantara dan jangan lupa jalin silaturahmi dengan orang lain supaya rezekinya lebih lancar lagi.

Demikian artikel kali ini dan sampai jumpa pada artikel bermanfaat lainnya bagi anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Top