Efek Samping Sunat Laser, yang Katanya Lebih Sakit dan Lama Penyembuhannya

Komentar

Efek sunat laser via nunungnuraida.wordpress.com

Apa sunat laser itu haram? Berapa lama sembuhnya sunat laser? Apakah ada resiko yang lebih berbahaya daripada sunat biasa? Berapa tarifnya? Apakah mahal? Apa beda sunat laser dengan sunat biasa? Apa efek samping sunat laser? Ap sunat laser lebih sakit?

Semua jawabannya akan Anda dapatkan disini!

Anda mungkin bertanya-tanya apa keuntungan maupun kelemahan sunat laser dibandingkan sunat biasa. Kali ini kami membahasnya untuk Anda. Ada yang mengatakan efek kalau sunat menggunakan laser, apabila cara sunat yang tidak dilakukan dengan benar akan menimbulkan tanda hitam dibagian penisnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja efek sunat laser, efek samping sunat ini akan kami bahas dalam artikel ini simak penjelasannya.

Selain teknik sunat dengan pisau bedah, saat ini sunat juga dapat menggunakan laser. Apa perbedaan khitan laser vs biasa, ingin tahu perbedaannya? Sebenarnya sunat laser memiliki resiko yang lebih tinggi dari sunat biasa. Sebagian ahli mengatakan bahwa laser adalah sebuah alat yang menggunakan efek mekanika kuantum, pancaran ter-stimulasi. Oleh sebab itu, kelemahan dari sunat laser inilah yang berdapak buruk.

Sunat Laser Vs Sunat Biasa

Anda mungkin bertanya-tanya apa keuntungan maupun kelemahan sunat laser dibandingkan sunat biasa. Kali ini kami membahasnya untuk Anda.

1. Sunat Laser
Metode sunat merupakan istilah yang lazim digunakan untuk menyebutkan jenis sunat yang menggunakan gelombang elektromagnatik yang diamplikasi sebagai alat potong. Karena harga alat laser asli sangat mahal, maka sunat laser dilakukan dengan cara berikut :
  • Bius lokal
  • kulit akan dijepit dan ditarik pada jam 12 dan jam 6 menggunakan klem kecil,
  • kelebihan kulit dijepit melintang menggunakan klem besar
  • dipotong dengan kawat panas.

Keuntungan:
  • Proses lebih cepat
  • Pendarahan tidak banyak
  • Kadang tidak perlu dijahit

Kelemahan:
  1. Risiko penis terjepit dan glands terpotong tinggi
  2. Hasil lebih sulit diprediksi
  3. Menimbulkan luka bakar yang menyebabkan pembengkakkan
  4. Terasa panas di area yang terpotong.

2. Sunat biasa
Hingga saat ini sunat biasa masih menjadi pilihan kebanyakan orangtua untuk mengkhitan anaknya. Sunat ini melalui proses sebagai berikut :
  • Pembiusan lokal
  • Pemotongan menggunakan pisau/gunting bedah oleh tenaga medis yang professional
  • Menggunakan benang jahit yang bisa menyatu dengan jaringan untuk menghentikan pendarahan yang timbul.

Keuntungan sunat biasa :
  1. Kemungkinan terpotongnya glands penis sangat rendah.
  2. Tindakan medis yang dilakukan sangat akurat sehingga hasilnya relatif paling baik
  3. Semua dokter dapat melakukan tindakan ini.

Kelemahan sunat biasa :
  1. Menimbulkan pendarahan yang lebih banyak
  2. Proses sunat yang berlangsung relatif lama
  3. Proses penyembuhan pasca sunat lebih lama


Hukum sunat laser via hidupsehatdengansunah.com

Apa efek dari sunat laser? Apakah sunat laser itu haram? Berapa lama sunat laser sembuh? Temukan jawabannya dibawah ini.

Kelemahan dari sunat laser inilah yang berdapak buruk yang menjadi cikal bakal tumbuhnya berbagai macam penyakit, seperti halnya  :
  • Terjadinya infeksi karena terjadinya pendarahan yang sangat hebat.
  • Risiko penis terjepit dan glands terpotong tinggi
  • Hasil lebih sulit diprediksi
  • Menimbulkan luka bakar yang menyebabkan pembengkakkan
  • Terasa panas di area yang terpotong

Oleh karena itu, sunat biasa lebih aman dibandingkan sunat leser, pendarahan di sunat biasa juga normal tidak seperti pada sunat laser. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam melarang seseorang berobat dengan menggunakan al Kay (besi panas).

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallaahu 'anhu, dari Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda:

الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ فِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى أُمَّتِي عَنْ الْكَيِّ

“Terapi pengobatan itu ada tiga cara, yaitu; berbekam, minum madu dan kay (menempelkan besi panas pada daerah yang terluka), sedangkan aku melarang ummatku berobat dengan kay." (HR Bukhari, no. 5680).

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah rahimahullaah, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنْ كَانَ فِي شَيْءٍ مِنْ أَدْوِيَتِكُمْ أَوْ يَكُونُ فِي شَيْءٍ مِنْ أَدْوِيَتِكُمْ خَيْرٌ فَفِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ لَذْعَةٍ بِنَار وَمَا أُحِبُّ أَنْ أَكْتَوِيَ

“Apabila ada kebaikan dalam pengobatan yang kalian lakukan, maka kebaikan itu ada pada berbekam, minum madu, dan sengatan api panas (terapi dengan menempelkan besi panas di daerah yang luka) dan saya tidak menyukai kay.“ (HR. Bukhari, no. 5704 dan Muslim, no. 2205).

Para ulama menyebutkan bahwa sebenarnya hadist-hadits diatas tidak menunjukkan keharaman berobat dengan al kay (besi panas) tetapi hanya menunjukan kemakruhan, jika ada obat lain, atau karena di dalam al kay mengandung penyiksaan terhadap dirinya. (Salim bin ‘Ied al-Hilali, Ensiklopedi Larangan menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, Pustaka Imam Syafi’i, 2006, 3/202-204).


Efek sunat laser via humasresbeltim

Dari hadits di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa khitan dengan menggunakan Elektro Cauter hukumnya makruh. Hal itu berdasarkan dua hal:

Pertama: Menurut keterangan para ulama berdasarkan hadits-hadits di atas bahwa operasi dengan menggunakan besi panas tidaklah dianjurkan, jika ada pengobatan dengan alternatif lain. Padahal kita ketahui,  khitan masih bisa dilakukan dengan menggunakan pisau atau gunting dengan cara manual.

Kedua: Selain itu, menurut pandangan medis bahwa khitan dengan Elektro Cauter banyak membawa efek negatif pada kesehatan kulit,  sebagaimana yang telah diterangkan di atas. Wallahu A’lam.

Biasanya sunat laser akan sembuh selama satu sampai dua minggu, penyembuhan sunat laser memang terbilang cukup cepat. Apakah sunat laser berbahaya? dari pembahasan diatas sebenarnya sunat laser ini cukup bahaya daripada sunat biasa, walaupun prosesnya lebih cepat dari sunat biasa.

Tarif sunat laser 2018 Pada tahun 2018 ini, dari beberapa situs penyedia sunat, didapatkan harga yang bervariasi, antara Rp. 900.000,- hingga Rp 1.650.000,- untuk sunat pada anak, baik dengan metode konvensional (electric cauterization) maupun modern seperti klem.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda, terimakasih sudah membacanya.
Top