Keutamaan Sujud Tilawah yang Sering Dilewatkan Saat Membaca Al Qur'an

Komentar

sujud tilawah via konsultasisyariah.com

Sering terlupakan keutamaan sujud tilawah ini. Padahal harusnya saat membaca surat surat berikut ini disunahkan melakukan sujud tilawah.

Sujud tilawah ialah sujud yang dikerjakan pada saat membaca atau mendengar ayat-ayat "sajadah" dalam AI-Our'an. Menurut bahasa tilawah itu berarti bacaan.
Dari pengertian di atas, dapatlah dipahami bahwa sebab-sebqb sujud tilawah itu karena membaca atau mendengarkan ayat-ayat sajadah.

Di dalam AI-Our'an terdapat 15 ayat sajadah, yaitu :
1. QS. Al-A’raf (7) : 206
2. QS. Ar-Ra’du (13) : 15
3. QS. An-Nahl (16) : 49
4. QS. Isra (17) : 109
5. QS. Maryam (19) : 58
6. QS. Al-Hajj (22) : 18
7. QS. Al-Hajj (22) :77
8. QS. Al-Furqan (25) : 60
9. QS. An-Nami (27) : 26
10. QS. As-Sajdah (32) : 15
11. QS. Shaad (38) : 24
12. QS. Fushilat (41) /: 38
13. QS. An-Najm (53) : 62
14. QS. Al-Insyiqaq (84) : 21
15. QS. Al-Alaq (96) : 19

Baca Juga : Imam Salat Jumat Kalimantan Tengah Meninggal dalam Posisi Sujud! Berikut Fakta-Faktanya

Hadits sujud tilawah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُولُ يَا وَيْلَهُ – وَفِى رِوَايَةِ أَبِى كُرَيْبٍ يَا وَيْلِى – أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِىَ النَّارُ

“Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka.” (HR. Muslim no. 81)

Itulah hadits sujud tilawah yang shahih. Selanjutnya kita akan membahas apakah sujud tilawah itu wajib kita lakukan ? Berikut jawabannya.

Apa hukum sujud tilawah ?

hukum sujud tilawah via mim.or.id

Apa hujun sujud tilawah ? Apakah sujud tilawah itu wajib kita lakukan ? Inilah jawabannya.

Sujud tilawah adalah sunnat mu’akkad, tak pantas ditinggalkan. Jika seseorang membaca ayat sajdah, baik dalam mushaf atau dalam hati, di dalam shalat atau di luar shalat, hendaklah ia sujud.

Sujud tilawah tidaklah wajib dan tidak pula berdosa bila tertinggal, sebab terdapat keterangan bahwa ketika Umar bin Khattab berada di atas mimbar, ia membaca ayat sajdah dalam surat al-Nahl, lalu ia turun dan sujud. Tetapi pada Jum’at yang lainnya ia tidak sujud walau membaca ayat sajdah. Lantas ia berkata : “Sesungguhnya Allah tidak mewajibkan kita agar bersujud kecuali jika mau”. Hal ini disampaikan di hadapan para sahabat.

Nahh sudah tahu kan apa hukum sujud tilawah itu.  Walaupun disunnahkan tapi dengan menjalankan ssujjud tilawah kita akan mendapatkan pahala ynag berlimpah.

Mengapa kita harus sujud tilawah ?

Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka. (HR. Muslim no. 81)

Sujud Tilawah itu Sunnah
Para ulama sepakat (beijma) bahwa sujud tilawah adalah amalan yang disyariatkan. Di antara dalilnya adalah hadits Ibnu Umar, Nabi shallalahu alaihi wa sallam pernah membaca Al Quran yang di dalamnya terdapat ayat sajadah. Kemudian ketika itu beliau bersujud, kami pun ikut bersujud bersamanya sampai-sampai di antara kami tidak mendapati tempat karena posisi dahinya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah mengapa kita harus sujud tilawah agar kita selalu diberi perlindungan oleh Allah swt. Sudah tahu kan salah satu dari apa saja keutamaan dari sujud tilawah itu. Yuk kita bahas selengkapnya.

Baca Juga : Sedang Hamil Besar, Apakah Tetap Wajib Sholat? Bagaimana Caranya?

Apa saja keutamaan dari sujud tilawah ?

keutamaan sujud tilawah via ngopibareng.id

Sujud Tilawah Menghinakan Syaithan (Musuh Utama Kita) dan Menyebabkan mereka Menangis. Kita Diperintah untuk Membuat Syaithan Sengsara dan Tidak Gembira.

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي يَقُولُ يَا وَيْلَهُ (وَفِي رِوَايَةِ أَبِي كُرَيْبٍ) يَا وَيْلِي أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِي النَّارُ

Jika Anak Adam Membaca Ayat Sajdah kemudian Sujud Syaithan akan Menyingkir dan Menangis. Ia berkata : Duhai Celaka (dalam Riwayat Abu Kuraib : Duhai Celaka Aku), Anak Adam Diperintah Sujud ia Mau Sujud sehingga Baginya Surga dan aku Diperintah Sujud Menolak, maka Bagiku Neraka. (H.R Muslim dari Abu Hurairah).

Sedangkan Keutamaan lain adalah Keutamaan Umum Sujud yaitu Perintah Nabi untuk Memperbanyak Sujud bagi Orang yang ingin Dekat dengan Beliau nanti di Surga. (H.R Muslim dari Robiah bin Ka’ab Al-Aslamy). Demikian juga dengan Keutamaan Satu Kali Sujud Menghapus Satu Dosa dan Meningkatkan Satu Derajat (H.R Muslim dari Tsauban).

Itulah apa saja keutamaan dari sujud tilawah yang begitu mulia. Selanjutnya kita akan belajar cara sujud tilawah diluar shalat lalu apa doa sujud tilawah serta sujud tilawah dilakukan sebanyak berapa kali. Simak yuk!

Cara sujud tilawah diluar shalat

Berikut ini cara sujud tilawah diluar shalat maupun di saat shalat.

1. Cara sujud tilawah diluar shalat

a. Menghadap kiblat
b. Niat dan takbir
c. Sujud (Hanya sekali)
d. Duduk setelah sujud
e. Salam

2. Cara sujud tilawah di saat shalat
Sujud tilawah dilakukan sebanyak satu kali jika mendengar atau membaca ayat sajdah dalam shalat, kemudian kembali berdiri meneruskan bacaan ayat tersebut dan meneruskan shalat. Namun apabila dalam shalat jama'ah makmum wajib mengikuti imam. Artinya jika imam membaca ayat sajdah lalu bersujud, maka makmum wajib ikut sujud. Tetapi jika imam tidak sujud, maka makmumpun tidak boleh sujud sendirian.

Itulah cara sujud tilawah diiluar shalat maupun disaat shalat. Selanjutnya kita akan membahas apa doa sujud tilawah berikut ini.

Apa doa sujud tilawah ?

Berikut adalah niat sujud Tilawah

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَوَةِ سُنَّةً ِلله تَعَالَ

Artinya:
"Aku niat sujud tilawah sunah karena Allah Ta'ala"
3. Takbiratul Ikhram dengan membaca "اَللهُ اَكْبَرُ ".(Allohu Akbar)
4. Sujud satu kali, dengan membaca bacaan sujud tilawah

Berikut ini adalah bacaan sujud tilawah dengan terjemahnya.

سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

Artinya:
"Aku bersujud kepada tuhan yang menjadikan diriku, tuhan yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan kuasa-Nya"

Demikianlah mengenai bacaan sujud tilawah dan cara mengerjakan sujud tilawah. semoga bisa bermanfaat
Top