Tata Cara Sholat Jenazah Sesuai yang Dilakukan Rasulullah

Komentar

Shalat jenazah via laziswahdah.com

Apa saja rukun dan syarat sah shalat jenazah? Bagaimaan bacaan shalat jenazah? Apa bedanya shalat jenazah dengan shalat biasa lainnya?

Shalat jenazah berbeda dengan sholat-sholat pada umumnya. Biasanya kan kalau sholat pada umumnya terdapat gerakan rukuk dan sujud, tetapi pada shalat jenazah ini tidak terdapat ruku' dan sujud itu. Lalu apa saja perbedaan shalat jenazah dengan shalat biasa? Simak penjelasannya berikut ini.

Hukum shalat jenazah atau sembahyang untuk mayyit Muslim adalah fardlu kifayah. Artinya, wajib dilaksanakan secara berjamaah. Shalat Jenazah merupakan Shalat sunnah yang dikerjakan dengan 4 kali takbir, Shalat Jenazah ini dilaksanakan ketika sedang ada orang yang meninggal dunia.

Salah satu di antara kewajiban seorang muslim dengan saudara muslim lainnya adalah shalat jenazah, apabila di suatu daerah atau perkampungan ada orang meninggal maka wajib bagi sebagian orang untuk ikut meelaksanakan shalat jenazah, jika tidak ada yang menshalatinya maka berdosalah bagi mereka.

Adapun rukun dan syarat sah shalat jenazah yang harus kita ketahui agar shalat kita diterima. Apa saya rukun dan syarat sah shalat jenazah itu? Dibawah ini adalah penjelasannya.

Apa Saja Rukun Shalat Jenazah?

Shalat jenazah mempunyai beberapa rukun. Apabila salah satu rukun itu ditinggalkan, shalat itu dipandang tidak sah, yaitu;
  • Niat
  • Berdiri bila mampu
  • Empat kali takbir yang diselingi oleh beberapa bacaan
  • Membaca al-Fatihah secara sirr setelah takbir pertama berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’i, bahwa: “Menurut sunnah, bahwa dalam shalat jenazah hendaknya membaca Ummil Quran (al-Fatihah) dengan pelan-pelan dalam takbir pertama”
  • Membaca shalawat kepada Nabi saw setelah takbir kedua
  • Mendoakan mayat setelah takbir ketiga
  • Dan kemudian salam
Tidak hanya rukun saja yang harus diperhatikan, tetapi ada juga syarat shalat jenazah yang harus diperhatikan agar shalat kita diterima. Apa saja syarat shalat jenazah?

Syarat Shalat Jenazah

Adapun syarat shalat jenazah sama seperti ibadah shalat lainnya seperti thaharah, wudhu atau tayamum, menghadap kiblat dan niat. Adapun perbedaan dengan shalat shalat lainnya adalah, bahwa shalat jenazah ini boleh dikerjakan setiap waktu.

Diantara syarat sah shalat jenazah, adalah suci dan tertutup aurat, hukum ini disepakati. Sedangkan menurut an-Nakha’iy dan Muhammad Ibn Jarir ath-Thabari boleh mengerjakannya dengan tidak bersuci, karena shalat jenazah hanya sebagai doa untuk mayat agar Allah melimpahkan Rahmat-Nya kepadanya, sedangkan untuk doa tidak disyaratkan suci dari hadas dan khubts. Selain itu shalat tersebut tidak ada rukuk dan sujud.

Baca Juga : Cara Mengkafani Jenazah Laki Laki dan Perempuan Serta Hal-hal yang Dilarang

Setelah kita mengetahui rukun dan syarat shalat jenazah, kita harus tau apa saja bacaan sholat jenazah? Untuk itu, lihat bacaan sholat jenazah dibawah ini.


Bacaan sholat jenazah via satujam.com

Bacaan Sholat Jenazah

Berikut bacaan sholat jenazah lengkap mulai dari niat hingga salam:
1. Niat Sholat Mayit

اُصَلِّى عَلٰى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالٰى

Ushalli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardhol kifayati ma’muman lillahi ta’ala

Artinya : Saya niat shalat atas ini mayit empat takbir fardhu kifayah sebagai makmum hanya karena Allah Ta’ala.

2. Takbir Pertama Dilanjutkan Membaca Surat Al-Fatihah.
3. Doa Takbir Kedua Sholat Mayit


اَللَٰهُمُّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi Muhammad.”

4. Takbir Ketiga Sholat Mayit

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ  وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahumagfir lahu warhamhu wa ‘afuhi wa ‘fu’anhu

Artinya: “Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia.”

Untuk bacaan ketiga sholat mayit bagi wanita sama, tetapi ganti bacaan "hu" menjadi bacaan "ha".

5. Takbir Keempat Diikuti dengan Doa

اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allahumma la tahrimna ajrohu wala taftina ba’dahu wagfir lana wa lahu

Artinya: “Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia.”

Diatas adalah penjelasan mengenai rukun, syarat dan bacaan sholat jenazah. Lalu apakah shalat jenazah harus berjamaah?

Shalat jenazah disunnahkan dilakukan secara berjamaah. Imam an-Nawawi رحمه الله berkata: “shalat jenazah sendirian diperbolehkan, tapi disunnahkan untuk melaksanakannya secara berjamaah berdasarkan hadits:

ما من مسلم يموت ، فيصلي عليه ثلاثة صفوف من المسلمين إلا وجب

“Tidak ada seorang pun muslim yang meninggal, kemudian tiga shaf kaum muslimin menshalatinya melainkan ia diampuni.”

Serta hadits-hadits masyhur dalam kitab shahih tentang hal tersebut, ijma’ kaum muslimin, dan semakin banyak jamaah makin afdhal. Selesai dari Syarh al Muhadzdzab (5/173).

Sholat jenazah adalah sholat yang hukumnya adalah fardhu kifayah dan merupakan sholat yang dilakukan dengan 4 kali takbir. Fardhu kifayah sendiri artinya wajib dan ditujukan oleh orang banyak namun jika sebagian orang muslim sudah melakukannya maka kewajiban tersebut telah gugur bagi muslim yang lainnya.

Jadi jika dilihat dari pengertian diatas sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah, artinya harus dilakukan berjamaah atau tidak boleh dilakukan sendiri. Terus apakah perbedaan shalat jenazah dan shalat biasa? Ada perbedaan mencolok anatara shalat jenazah dengan shalat biasa, dimana pada shalat jenazah ini tidak ada gerakan ruku',  sujud seperti shalat yang sehari-hari kita lakukan, melainkan hanya berdiri saja dengan takbir sebanyak 4 kali.

Baca Juga : Doa Memandikan Jenazah Laki-laki dan Perempuan, Serta Tata Caranya yang Benar

Demikian penjelasan lengkap mengenai shalat jenazah, mulai dari rukun, syarat, bacaan sholat jenazah dan pengertian sholat jenazah yang lain. Semoga informasi ini bisa bermanfaat serta bisa membantu Anda.
Top