Senam Aerobik, Cocok Untuk Diet Tapi Tubuh Tetap Segar Bertenaga

Komentar


senam aerobik via youtube fitness center muslim

Aerobik, olahraga yang satu ini menjadi salah satu olahraga favorit kebanyakan wanita.

Nah, berikut ini serangkaian pertanyaan tentang aerobik yang banyak menguras keringat.

Olah raga senam menjadi favorit kebanyakan wanita. Namun, ada pula pria yang menyukai olah raga ini. Senam merupakan olah raga yang menyenangkan untuk dilakukan.

Olah raga yang satu ini hampir sama dengan menari karena kita bergerak diiringi dengan alunan musik. Musiknya pun bermacam-macam, ada yang slow maupun yang menghentak seperti saat kita melakukan senam aerobik. Apa? senam aerobik ? Apa senam aerobik itu ? Simak jawabannya berikut ini.

Apa Senam Aerobik Itu ?

Senam aerobik populer pada akhir 1970-an. Namun, saat ini senam aerobik digemari berbagai kalangan usia. Hal tersebut dapat Anda lihat setiap Minggu pagi, lapang-lapang atau di pelataran parkir dijadikan sebagai tempat untuk melakukan senam aerobik. Lalu, apa senam aerobik itu ?

Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobik mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh.

Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.

Senam aerobik adalah salah satu yang disukai di Indonesia. Namun, mengapa senam aerobik sangat digemari masyarakat Indonesia ? Simak terus untuk ketahui jawabannya!

Baca Juga:



Mengapa Senam Aerobik Sangat Digemari Masyarakat ? 

Temukan jawaban mengapa senam aerobik sangat digemari masyarakat dengan menyimak rangkuman dibawah ini.

Banyak orang melakukan senam aerobik karena praktis. Olah raga ini tak membutuhkan alat khusus.

Kamu hanya perlu beberapa perlengkapan olahraga seperti baju senam dan sepatu olahraga. Senam aerobik dapat kamu lakukan di rumah saja.

Caranya adalah dengan mendownload video senam yang sudah banyak tersedia di situs penyedia video seperti You Tube. Namun, jangan lupa untuk tetap mengenakan baju senam dan sepatu olahraga.

Selain praktis, senam aerobik juga memiliki manfaat yang banyak.  Senam ini dapat juga menurunkan berat badan lho!

Itulah alasan mengapa senam aerobik sangat digemari masyarakat yaitu karena senam aerobik memiliki banyak keunggulan. Setelah mengetahui alasan mengapa senam aerobik sangat digemari masyarakah, yuk ketahui manfaat senam aerobik. Kira-kira apa pengaruh senam aerobik bagi kebugaran tubuh manusia ?

Apa Pengaruh Senam Aerobik Bagi Kebugaran Tubuh ?

pengaruh senam aerobik via kawaiibeautyjapan.com

Sebuah program senam aerobik yang baik bisa membantu Anda berumur panjang, hidup sehat dan membuat kehidupan anda menjadi lebih baik. Rasanya sangat menyenangkan saat melakuka senam aerobik dan melacak kemajuan yang Anda dapatkan untuk melihat seberapa jauh Anda telah mencapai kebugaran Anda.

Intinya adalah memulai senam aerobik yang Anda sukai dan berharap bisa melakukannya secara konsisten. Aktivitas aerobik sangat menyenangkan dan tidak memerlukan konsentrasi yang banyak. Jadi senam aerobik biasanya dilakukan dengan mendengarkan musik, menonton TV atau mendengarkan kaset pendidikan saat Anda melakukan program senam aerobik Anda.

Berikut beberapa manfaat senam aerobik lainnya yang bisa anda dapatkan jika melakukan senam aerobik secara teratur:
  • Jantung bekerja lebih efisien dan menjadi lebih kuat
  • Membantu mengontrol berat badan Anda.
  • Mengurangi risiko diabetes, obesitas dan penyakit jantung.
  • Meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Meningkatkan endorfin.
  • Meningkatkan kemampuan tubuh mengambil oksigen dan membuat Anda bernapas lebih cepat.
  • Membantu mengurangi dan mengontrol lemak tubuh.
  • Meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh.
  • Meningkatkan kualitas tidur yang membuat anda bangun lebih segar pada pagi harinya.
  • Membantu menghindari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan hipertensi.
  • Aerobik meningkatkan ketahanan tubuh terhadap rasa lelah dan memberi lebih banyak energi.
  • Meningkatkan mood dan mengurangi depresi, stres dan rasa cemas.
  • Aerobik memompa darah lebih cepat dan lebih kuat.
  • Membantu mencegah penyakit kardiovaskular.
  • Membangun kekuatan otot dan membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel.
  • Membantu mengurangi tekanan darah.
  • Mencegah beberapa jenis kanker.

Jika Anda melakukan program latihan aerobik secara teratur saat usia bertambah, otot Anda akan tetap kuat dan membantu Anda menghindari beberapa masalah kesehatan atau kecelakaan seperti patah tulang dan terjatuh. Senam ini akan membantu Anda tetap independen pada sendiri. Orang-orang yang sering melakukan olahraga dan kebugaran kardiovaskular tampaknya bisa hidup lebih lama daripada mereka yang tidak melakukannya.

Selain bermanfaat bagi kebugaran tubuh, senam aerobik juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, berapa lama menurunkan berat badan dengan senam aerobik secara rutin ? Simak penjelasan berikut ini.

Berapa Lama Menurunkan Berat Badan Dengan Senam Aerobik ?

Harapan Anda untuk menurunkan berat badan tak akan tercapai jika kegiatan olahraga tak masuk dalam daftar cara mencapainya. Namun, berapa lama menurunkan berat badan dengan senam aerobik secara rutin?

Untuk menjaga kesehatan kita dianjurkan melakukan olahraga aerobik (senam, berlari, bersepeda, dan sebagainya) setidaknya 5 kali dalam seminggu dengan masing-masing sesi minimal 30 menit. Targetnya adalah 150 menit dalam 7 hari.

Jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, dalam studi terbaru diungkapkan Anda butuh waktu dua kali lipat dari rekomendasi tersebut. Dengan kata lain, Anda perlu berolahraga 300 menit seminggu.

Sudah siap dengan tantangan 300 menit seminggu? Untuk menambah motivasi, berolahragalah dengan teman atau melakukan variasi olahraga yang ada di pusat kebugaran.

Nah, itulah penjelasan berapa lama menurunkan berat badan dengan senam aerobik secara rutin. Berikut ini kami sajikan video senam aerobik terbaru 2018 yang dapat anda ikuti.



Itulah video senam aerobik terbaru 2018 yang kami kutip dari youtube.

Nah itulah artikel lengkap tentang senam aerobik. Lakukan senam aerobuk secara rutin dan teratur untuk menjaga tetap sehat danbudat. Anda bisa mengikuti kelas aerobik atau bisa juga melakukannya sendiri di rumah dengan membeli kaset senam aerobik sebagai panduan. Terima kasih semoga bermanfaat.
Top