Bikin Ngiler, Begini Cara Membuat Sambal Terasi yang Nyamleng Rasanya

Komentar


sambal terasi via id.tastemade.com

Masakan indonesia terkenal dengan sambalnya yang beraneka ragam. Salah satunya sambal terasi. Inilah resep sambal terasi yang nikmat dan menggugah selera.

Siapa yang gak suka sambal? Salah satu sambal khas Indonesia yang terkenal adalah sambal terasi. Sambal terasi ini menjadi sambal favorit masyarakat Indonesia. Cara membuatnya yang mudah dan rasanya yang enak menambah cota rasa makanan. Beberapa jenis sambal lain pun menggunakan resep dasar sambal terasi ini. Bahkan resep sambal terasi ini sendiri juga masih terbagi menjadi beberapa macam jenis. Ini nih cara membuat sambal terasi yang enak banget dan bikin nagih.

Makan nasi hangat dan ikan goreng serta cah kangkung akan semakin mantap jika dibarengi dengan sambal terasi yang pedas, gurih juga manis. Tak hanya sensasinya yang akan semakin berbeda, makan dengan sambal yang pedas juga bisa bikin selera makan makin bertambah.

Bicara mengenai sambal terasi, kali ini kami punya resep sambal terasi pedas gurih enak banget bagaimana cara membuat sambal terasi yang enak dan sedap? Berikut kami berikan resepnya!

Sebelumnya, yuk kita membahas jumlah kalori yang ada pada sambal terasi. Berapa kalori sambal terasi tiap 100gram? Kira-kira cocok atau tidak ya sambal terasi dipakai untuk diet? Yuk kita bahas! Kalori sambal terasi adalah 21kcal tiap 100gram nya.

Memiliki jumlah karbohidrat 5gram. Itupun jika anda makan sambal terasi tanpa nasi. Berarti sambal terasi tidak terlalu banyak kandungan kalorinya. Jadi untuk kalian para dieters, kalian aman aman saja kok makan sambal terasi.

Setelah kita membahas jumlah kalori dalam sambal terasi. Yuk kita langsung saja membahas resep membuat sambal terasi yang sedap dan nikmat. Untuk membuat sambal terasi resep yang dibutuhkan tidaklah banyak dan ribet! Yuk langsung saja ikuti langkah ini.

Sambal terasi goreng

sambal terasi goreng via took-me.blogspot.com

Bagaimana cara membuat sambal terasi goreng yang enak dan mudah? Buat kamu yang ingin membuat sambal terasi goreng tapi takut nggak enak, nggak usah resah! Berikut ini kamu sajikan resep sambal terasi goreng yang mudah tapi dijamin enak.

Bahan sambal terasi goreng :
  • 30 cabe rawit
  • 3 cabe keriting
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi yang sudah disangrai / kukus/bakar
  • 1 buah jeruk sambal
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Langkah membuat sambal terasi goreng :
1. Goreng bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabe keriting sampai setengah layu. Lalu masukkan cabe rawit, goreng sampai layu. Lalu angkat.
2. Tuang pada cobek lalu masukkan gula, garam, terasi lalu ulek. Tambahkan irisan jeruk.
3. Sambal siap dinikmati dengan lauk pendamping lainnya, tahu tempe goreng, ikan goreng, dan sayur lalapan

Bagaiman? Mudah kan membuat sambal terasi goreng ? Sajikan sambal terasi goreng dengan nasi hangat. Hmmm... bikin air liur leleh.

Sambal Terasi Enak

sambal terasi enak banget via youtube.com

Siapa yang ga suka sambal? kamu harus coba makan nasi dengan sambal terasi, pasti enak dan lezat. Dan kamu pasti ketagihan. Pedasnya sambal terasi itu tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bagaiman ya bikin sambal terasi enak dan sedap. Sekarang saya akan berikan resep sambal terasi enak dan mudah untuk kalian. Bau sambal terasi ini dijamin menggugah selera makanmu!

Bahan yang diperlukan dalam membuat resep sambal terasi enak :
  • 1 buah tomat merah
  • 2 sendok teh terasi yang sudah digoreng/matang
  • 9 buah cabe merah besar
  • 15 buah cabe merah rawit kecil
  • 5 siung bawang merah kupas kulitnya
  • 2 siung bawang putih kupas kulitnya
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1/2 sendok teh garam dapur (bisa ditambah jika kurang)
  • 500 ml minyak goreng (untuk menggoreng bahan-bahan sambal)
  • 1 Jeruk limo

Cara membuat sambal terasi enak :
1. Gorenglah setengah matang bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan tomat. Setelah setengah matang angkat dan tiriskan. Resep Bolu Kukus Coklat Lembut dan Sederhana
2. Setelah itu siapkan coet untuk mengulek bahan yang sudah di goreng tadi. Tuang semua kecoet, dengan di tambahkan garam dan terasi. Ulek boleh tidak terlalu halus. (sesuai selera)
3. Selesai di ulek berikan perasan jeruk limo diatasnya, dan kulitnya potong-potong campurkan dengan sambal, sambil di aduk-aduk. Jangan lupa bijinya dibuang.
4. Jadi deh, tinggal di tuang ke mangkok.

Itulah resep sambal terasi enak banget yang bikin ngiler. Hemmm. pasti kebayang dong enaknya sambal terasi ini. Sajikan sambal terasi enak banget ini dengan ayam goreng dan nasi hangat. Wow bikin ngiler deh. Ups! tahan dulu, simak resep sambal terasi jawa yang gak kalah bikin ngiler.

Sambal Terasi Jawa

Daerah jawa memiliki makanannya yang khas, salah satunya sambal terasi jawa. Bagaimana cara membuat sambal terasi jawa? Apa bedanya sambal terasi jawa dengan sambal terasi pada umumnya? Temui jawabannya di resep sambal terasi jawa berikut ini! Dijamin enak banget deh!

Bahan Sambal Terasi Jawa :
  • Cabai merah rawit 9 buah
  • 9 buah cabai merah besar 
  • Bawang merah 5 siung (dikupas bersih)
  • 2 siung bawang putih (dikupas bersih)
  • Rebus terasi 2 sdt
  • 1 sendok makan gula merah
  • ½ sdt garam
  • minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Resep cara membuat sambal terasi jawa :
  • Benar-benar mencuci semua bahan seperti cabai rawit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah.
  • Siapkan wajan, panaskan bahan minyak dan goreng seperti cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang, dan terasi.
  • Goreng sampai layu, sampai hangus dan lift.
  • Berikutnya mempersiapkan mortir dan menempatkan semua bahan yang dimasak sebelumnya, juga tambahkan gula merah dan garam.
  • Menggiling semua bahan menjadi bumbu. Jika Anda dapat menggunakan sejumlah besar blender.
  • Rasa final dan menambahkan bahan-bahan saus jika ada sesuatu yang hilang.
  • Siap disajikan.

Mudah kan membuat sambal terasi, bagi yang kurang pedas bisa menggunakan cabai rawit sebanyak kalian inginkan, sambal terasi juga cocok tuk resep cara membuat ayam bakar kalasan enak yang di hidangkan bersamaan nasi putih hangat dan beberapa acar serta mentimun pasti akan tambah lezat ketika di santap bersama keluarga.
Top