Fakta Power Bank Ternyata Malah Bisa Merusak Baterai HP, Ini Datanya

Komentar

Power bank via nextren.grid.id

Sangat banyak digunakan sekarang ini, karena memang sangat membantu, apalagi saat perjalanan lama dan untuk handphone yang mempunyai durasi ketahanan baterai lemah, power bank sangat bermanfaat.

Semua kegiatan sekarang hampir dikerjakan dengan handphone. Apalagi bagi anda yang memiliki hobi online dan juga bermain game, baterai handphone juga sangatlah penting. Oleh sebab itu, banyak yang menggunakan power bank ketika keluar rumah untuk berjaga-jaga bila baterai handphone habis.

Banyak kabar yang menyebutkan terlalu sering menggunakan powerbank bisa memperpendek umur baterai smartphone. Benarkah powerbank merusak baterai? Mengingat kebutuhan handphone bisa dibilang sebuah keharusan di dunia digital. Semua kegiatan sekarang hampir dikerjakan dengan handphone.

Bisa saja kabar tersebut menjadi sebuah fakta, kalau ternyata powerbank yang digunakan palsu atau abal-abal. Melihat peluang keberadaan powerbank masih sangat diperlukan, saat ini banyak sekali powerbank palsu yang beredar di pasaran.

Bahkan ada beberapa produk powerbank palsu menggunakan merek-merek popular untuk meyakinkan konsumen dan menawarkan daya listrik yang tinggi, seperti 20.000 mAh, 50.000 mAh, sampai 80.000 mAh. Sebagai konsumen yang cerdas, Anda harus lebih teliti dalam memilih power bank, pilih power bank yang bagus agar tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Penyebab kerusakan via abraham-maslow.com

Dibalik manfaat power bank ternyata juga beredar mitos bahwa power bank bisa merusak handphone, apakah power bank merusak hp? Memang tidak bisa di pungkiri lagi kalau keberadaan power bank sangat membantu pengguna handphone. Ternyata men-charger Handphone menggunakan power bank yang terlalu sering bisa merusak handphone. Power Bank bisa merusak handphone, baik jangka pendek maupun jangka panjang, tapi semua itu tergantung ketahana dari handphone anda juga.

Apakah power bank bisa diperbaiki? Apakah power bank bisa dibawa di pesawat? Apakah power bank berbahaya?

Karena penggunaan power bank yang nyaris sehari-hari, maka power bank juga rawan sekali rusak. Beberapa kerusakan yang sering terjadi adalah power bank mati, tidak bisa di charge, baterai drop. baterai melembung, tidak bisa mengisi hp, dan kerusakan lainnya. Beberapa kerusakan power bank sebenarnya masih bisa diperbaiki jika anda mau dan teliti.

Power bank sendiri juga bisa dibawa kedalam pesawat, namun ada kapasitasnya. Powerbank yang dilarang adalah yang kapasitasnya lebih dari 32.000 mAh. Penumpang masih diperbolehkan membawa hingga 20.000 mAh dengan jumlah maksimal 20 unit. Sementara powerbank yang memiliki kapasitas antara 20.000 mAh hingga 32.000 mAh masih diperbolehkan untuk dibawa namun atas seizin pihak maskapai penerbangan. Itu pun jumlahnya dibatasi hanya 2 unit.

Menggunakan power bank terlalu lama juga bisa berbahaya bagi HP, power bank bisa menyebabkan kerusakan pada HP dan baterai. Apa lagi jika kita menggunakan HP sambil mengecasnya di power bank ini akan menjadi bahaya yang serius juga. Umumnya, smartphone meledak saat sedang terhubung ke pengisian daya. Powerbank memiliki sumber yang terbatas (limited source), sehingga meminimalisasi kemungkinan tersetrum.

Selain itu, untuk produk powerbank Delcell seperti Tornado memiliki kapasitas menghentikan pengisian daya apabila smartphone sudah terisi penuh untuk menghindari overload. Smartphone yang kepanasan memang berpotensi korslet dan akibatnya meledak.

Ada yang mengatakan bahwa power bank bisa menyebabkan beterai rusak, diatas tadi sudah kita bahas mengenai fakta bahwa power bank bisa merusak baterai HP. Oleh karena itu, ketahui penyebab yang sebenarnya kenapa power bank bisa merusak HP. Berikut ini beberapa alasan yang bisa saja penyebab kerusakan handphone karena terlalu sering menggunakan power bank.

Penyebab Power Bank Bisa Merusak HP

Power bank bisa merusak handphone pada bagian ini:

1. Power Bank bisa merusak handphone bagian port USB
Menggunakan power bank untuk melakukan pengisian daya bisa saja merusak slot USB handphone. Jika digunakan terlalu sering. Disaat perjalanan atau dalam kegiatan, posisi handphone dan power bank bisa saja bergeser-geser. Nah, disinilah guncangan–guncangan yang bisa membuat slot USB menjadi longgar.

2. Baterai Handphone cepat rusak
Baterai bisa cepat menurun kemampuannya jika terlalu sering menggunakan power bank. Ketika melakukan pengisisan handphone, kebanyakan handphone sambil digunakan untuk aktifitas mobile.

Misalnya untuk online, sambil digunakan ngegame atau apapun yang membuat handphone dalam kondisi on. Hal ini bisa memicu panas yang berlebih di bagian baterai, karena sambil digunakan juga sambil di isi dayanya. Sehingga baetrai akan bekerja dua kali.

3. Daya dari Power Bank tidak stabil
Walaupun di dalam power bank memiliki ic yang bertugas untuk mengatura daya yang di hasilkan namun power bank hanyalah baterai. Yang bisa saja daya yang dihasilkan semakin lama akan menurun.Daya yang di hasilkan tidak setabil inilah yang bisa merusak komponen dalam handphone anda.

Berbeda dengan mengisi daya dari adaptor charger bawaan yang memang sudah disesuaikan nilai ampere yang dikeluarkan untuk mengisi daya baterai handphone. Karena itulah setiap vendor handphone memiliki kemampuan ampere tersendiri di dalam baterai.


Bahaya via wardun.com

Itulah alasan mengenai penyebab power bank bisa meusak baterai, menggunakan power bank yang berlebih bisa merusak baterai atau handphone anda. Gunakan power bank secara bijak, karena adanya power bank hanyalah baterai pengisi handphone tambahan saja.

Selain itu, pemilihan power bank yang berkualitas bagus juga ikut andil presentasi kerusakan terhadap handphone. Semoga informasi ini bermanfaat.
Top