Penyakit Maag, Ini Penyebab Penyakit Kronis ini Mudah Bersarang di Tubuh Manusia

Komentar

Penyakit maag via obatin.net

Benarkah penyakit maag bisa menyebabkan kematian? Bagaimana cara mengobati penyakit maag kronis? Apa saja pantangan bagi penderita penyakit maag?

Gejala dan penyebab penyakit maag penting untuk diketahui. Ini adalah untuk meminimalkan terjadinya komplikasi atau hal-hal yang mungkin membahayakan kesehatan. Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Masih ada beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit maag yang perlu diketahui agar penyakit maag dapat dikenali dan segera diatasi.

Penyakit maag banyak terjadi karena kesalahan dari pola makan. Maag adalah penyakit yang sering disepelekan. Kita sering sekali menyepelakan penyakit maag dan menganggap penyakit ini hanyalah sebagai salah satu penyakit yang bisa diobati, namun ternyata penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian. Ketahui penyebabnya dibawah ini.

Apa Saja Pantangan Penyakit Maag?

Bagi Anda yang menderita penyakit maag ini, maka wajib menghindari makanan pantangan maag karena dapat meningkatkan asam lambung. Anda harus lebih banyak mengonsumsi makanan bersifat basa yang dapat menetralisir asam lambung, seperti Rebusan Kunyit dan Pisang Kepok. Lalu apa saja pantangan penyakit maag?

1. Makanan Pedas
Makanan dengan rasa pedas merupakan makanan pantangan bagi penderita maag, hal ini dikarenakan rasa pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung serta menimbulkan sensasi panas pada lambung. Selain itu, makanan pedas dapat menyebabkan kenaikan asam lambung.

2. Makanan Asam
Makanan yang mengandung rasa asam dapat menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Rasa Asam dari buah belimbing wuluh, jeruk nipis dan cuka dapat menyebabkan iritasi lambung.

3. Makanan Berminyak dan Berlemak
Makanan yang mengandung minyak dapat meningkatkan zat asam lambung karena makanan berminyak umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Pun demikian dengan makanan berlemak, makanan dengan lemak tinggi dapat menyebabkan kolesterol bagi penderita maag, meningkatkan risiko obesitas dan potensi penyakit serius lainnya, seperti Jantung,

4. Makanan Kemasan
Makanan kemasan seperti Mie Instan, Roti Putih dan Pasta merupakan makanan yang dilarang bagi penderita maag, makanan kemasan mengandung beragam jenis zat seperti zat pewarna, zat perasa buatan dan pemanis buatan yang dapat mengiritasi selaput lambung.

Nah, itulah pantangan bagi penderita sakit maag. Selain kita harus tahu apa saja pantangan penyakit maag, kita juga harus tahu apa saja penyebab penyakit maag? Untuk jawaban dari pertanyaan tersebut dibawah ini adalah penjelasannya.

Penyebab Penyakit Maag

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit maag, di antaranya:
  1. Tukak lambung (luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung)
  2. Infeksi bakteri Helicobacter pylori
  3. Efek samping penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (misalnya ibuprofen dan aspirin) dan obat golongan nitrat
  4. Masalah psikologi (misalnya cemas dan stres)
  5. Penyakit refluks gastroesofagus (pergerakan balik asam lambung menuju kerongkongan)
  6. Terlalu banyak makan
  7. Obesitas
  8. Makan terlalu cepat
  9. Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan pedas
  10. Merokok
  11. Terlalu banyak mengonsumsi kafein, soda, atau minuman beralkohol
  12. Terlalu banyak mengonsumsi cokelat
  13. Konstipasi
Selain penyebab sakit maag, ada juga gejala maag kronis yang harus kita waspadai. Apa saja gejala penyakit maag kronis tersebut? Dibawah ini adalah jawabannya.

Gejala Penyakit Maag Kronis:

Pada umumnya berikut gejala maag kronis yang bisa kita amati:
  1. Mual atau rasa tak nyaman di lambung yang berulang atau kambuh-kambuhan. 
  2. Perut kembung. 
  3. Nyeri perut, terutama daerah uluhati atau perut kiri atas. 
  4. Mual hingga muntah. 
  5. Sulit makan. 
  6. Rasa terbakar di lambung di antara periode makan atau saat malam hari. 
  7. Cegukan/ sendawa. 
  8. Berkurangnya nafsu makan. 
  9. Muntah darah berwarna kehitaman seperti kopi. 
  10. Tinja berwarna kehitaman.

Maag kronis via inilahpedia.com

Cara Mengobati Sakit Maag

Setelah kita mengetahui penyebab dan gejala sakit maag, kita bisa mengetahui tentang penyakit maag cara mengobati penyakit ini secara alami atau tradisional dan cepat. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti caranya seperti berikut ini.

1. Sari Kedelai
Cara mengobati sakit maag menggunakan kedelai itu adalah sebagai berikut ini :
  • Sangrai biji kedelai.
  • Haluskan dan blender biji kedelai tersebut sampai benar-benar halus.
  • Setelah itu seduh biji kedelai itu menggunakan air panas dan diminum selagi hangat.
  • Lakukanlah cara itu secara teratur agar sakit maag anda berangsur-angsur membaik.

2. Menggunakan Kunir atau Kunyit
Ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit maag. Cara menghilangkan sakit maag dengan kunyit adalah sebagai berikut ini:
  • Parut kunyit menggunakan parutan.
  • Peras kunyit tersebut menggunakan saringan.
  • Minum air perasan air kunyit tersebut menggunakan madu dan juga air hangat.
  • Minumlah secara teratur ramuan tersebut saat pagi hari dan juga saat sore hari.
  • Dengan cara menggunakan ramuan tersebut secara teratur bisa mengobati sakit maag yang sedang anda derita.

3. Daun Jambu Biji
Semua kandungan tersebut bisa digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Berikut ini adalah cara untuk mengobati sakit maag menggunakan daun jambu biji yang bisa anda coba :
  • Ambillah beberapa biji daun jambu biji yang telah di cuci bersih.
  • Rebuslah daun biji tersebut menggunakan tiga gelas air.
  • Sisakan air rebusan itu menjadi dua gelas.
  • Minum air rebusan daun jambu biji itu saat pagi dan juga malam hari.
  • Usahakan ketika meminum air rebusan itu kondisi perut anda sudah terisi dengan makanan agar kondisi perut anda tidak perih.
  • Lakukanlah cara tersebut secara teratur agar sakit maag anda segera berkurang dan menghilang.

4. Mengatur Pola Makan
Maag yang anda derita tidak akan hilang jika anda tidak memiliki pola makan yang baik. Usahakanlah ketika jam makan, anda harus makan. Ada juga bisa memberlakukan pola makan sedikit tapi sering. Hal itu akan membantu anda dalam menjaga lambung anda yang terkena maag. 

5. Daun Salam
Saat asam lambung tinggi perut akan terasa perih dan pedih, saat itulah anda bisa meminum ramuan dari bahan herbal daun salam untuk menormalkan kembali asam lambung yang ada di dalam lambung anda. Cara pengobatan sakit maag menggunakan daun salam adalah sebagai berikut ini :
  • Siapkan sebanyak 20 lembar daun kemudian cuci bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Rebuslah menggunakan 3 gelas air lalu dan tambahkan gula batu seperlunya.
  • Biarkanlah air rebusan itu mendidih dan dan sisakan air rebusan itu menjadi satu gelas air.
  • Minumlah satu hari sebanyak satu gelas air rebusan. Anda bisa meminumnya sampai sakit maag yang anda derita benar-benar hilang.

Maag akut via obat.promo

Diatas adalah penjelasan mengenai, pantangan, penyebab, gejala dan cara mengobati sakit maag. Lalu berapa lama pengobatan sakit maag hingga benar-benar sembuh? Beberapa kasus sakit maag bisa saja berada dalam durasi panjang terapi pengobatan ( lebih dari 8 minggu) tetapi hal itu diserahkan oleh dokter atau orang yang merawatmu.

Memang pengobatan sakit maag ini cukup lama, karena jika kita tiba-tiba menghentikan pengobatannya bisa saja maag kita menjadi kronis.

Mengenai kesembuhan, apa penyakit maag bisa sembuh total? Tidak, penyakit maag tidak bisa sembuh total. Namun, penyakit maag masih bisa di kontrol. Salah satu cara mengontrol penyakit maag dengan mengatur pola makan kita sehari-hari.

Apa penyakit maag bisa menyebabkan kematian? Anda juga harus mewaspadai jika maag Anda disertai dengan komplikasi penyakit lambung lainnya seperti pendarahan lambung, sobeknya dinding lambung, kanker lambung, anemia, gizi buruk akibat tidak pernah di diagnosa dan ditangani lebih lanjut. Karena hal ini bisa menyebabkan kematian, jadi penyakit maag bisa menyebabkan kematian jika disertai dengan komplikasi penyakit tadi.

Itulah pembahasan mengenai penyakit maag, semoga informasi ini bisa sangat berharga bagi Anda serta bisa menambah wawasan Anda. Selalu jaga kesehatan dan pola makan Anda agar tidak sampai terkena penyakit maag, bagi Anda yang sudah mengalami sakit maag hindari pantangan di atas dan mulailah hidup sehat. Sekian terimakasih.
Top