Hanya Beberapa Menit Panas Dalam Langsung Hilang Dengan Minum ini

Komentar

Sakit panas dalam via malangvoice.com

Bagaimana cara menghilangkan panas dalam secara cepat dan apa sih yang menyebabkan panas dalam?

Panas dalam (bahasa Inggris: heatiness) adalah suatu keadaan dimana tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan terutama di sistem pencernaan. Panas dalam lebih tepat diartikan sebagai serangkaian gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Ini dia berbagai penyebab panas dalam serta cara mengatasinya dengan ramuan alami yang ampuh seperti kencur, kacang hijau, dan cincau.

Panas dalam bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Kondisi kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan merupakan salah satu penyebab panas dalam parah.

Mengalami sensasi tidak mengenakan pada tenggorokan yang menyebabkan Anda sulit menelan? Bisa jadi Anda terkena panas dalam.

Apa saja gejala panas dalam? Apa saja penyebab panas dalam? Apa saja obat panas dalam? Dibawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai panas dalam.

Gejala Panas Dalam

Gejala panas dalam pada setiap orang dapat berbeda-beda, tetapi gejala-gejala yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:
  • Gangguan pada mulut seperti seriawan, bibir pecah-pecah, bau mulut.
  • Gangguan pencernaan seperti sembelit dan ambeien.
  • Gangguan tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan tenggorokan kering.
  • Tubuh terasa tidak fit seperti bersin-bersin dan badan meriang.

Penyebab Panas Dalam

Panas dalam dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas. Gejala panas dalam dapat juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor emosional seperti stres. Stres menyebabkan jam makan jadi kacau, hormon tidak stabil & daya tahan tubuh menurun.

Menurut pengertian tradisional, panas dalam dapat disebabkan pula oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat "panas" dan "dingin". Contoh makanan yang bersifat "panas" antara lain makanan gorengan, lemak, daging, cabai, jahe, dan lainnya; Sedangkan sayur-mayur dan buah-buahan bersifat dingin.


Mengatasi panas dalam via maxnyoos.com

Obat Panas Dalam

Obat panas dalam bisa dilakukan secara alami, berikut merupakan obat panas dalam alami yang ampuh.

1. Air kelapa hijau muda
Kandungan elektrolit air kelapa hijau muda selain dapat meningkatkan ion tubuh juga dapat mengobati panas dalam. Selain dapat diminum secara langsung, air kelapa hijau muda juga dapat ditambahi madu alami.

2. Cuka sari apel
Kandungan antibakteri dan vitamin yang cukup tinggi pada cuka sari apel cocok untuk mengobati panas dalam. Dengan penggunaan rutin, berbagai sakit tenggorokan bisa hilang secara efektif.

3. Madu dan perasan lemon
Madu kaya akan nutrisi dan mineral alami, serta vitamin. Selain mampu menjaga kondisi tubuh, madu dapat menjadi obat bagi beberapa penyakit.

Campuran madu dan lemon dapat mengobati panas dalam secara alami.

4. Kacang hijau
Kacang hijau mengadung serat cukup tinggi. Kandungan serat tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam, tetapi juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh.

5. Kencur
Bumbu dapur kencur, ternyata juga efektif untuk mengobati panas dalam. Rempah asli Asia ini mengandung mineral alami yang cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak dan kering.

Nah, itulah beberapa gejala, penyebab serta obat panas dalam. Setelah kita mengetahui gejala, penyebab dan obat panas dalam kita juga harus mengetahui mengenai makanan yang menyebabkan panas dalam.

Makanan apa saja yang menyebabkan panas dalam? panas dalam harus minum apa? Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, minuman yang baik saat panas dalam adalah air putih dan air kelapa hijau muda. Untuk makanan yang menyebabkan panas dalam simak penjelasannya dibawah ini.

Makanan Penyebab Panas Dalam

Ternyata ada makanan-makanan yang bisa membuat panas dalam, yaitu:
  • Makanan goreng
  • Makanan pedas
  • Makanan yang mengandung susu

Untuk menghilangkan panas dalam, sebaiknya kita kenali dulu penyebab munculnya gejala-gejala yang kita alami. Kita sudah membahas tentang gejala serta penyebab panas dalam, sekarang kita perlu mengetahui cara menghilangkan panas dalam. Bagaimana cara menghilangkan panas dalam?


Sakit tenggorokan via jamuin.com

Cara Alami Menghilangkan Panas Dalam

Dengan mengetahui cara ini, kita jadi tahu pengobatan seperti apa yang paling tepat untuk kondisi kita.

1. Kumur Air Garam
Siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam. Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sedangkan untuk mengusir sariawan, kita bisa berkumur di area yang sakit.

Kita bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang lebih baik.

2. Makan Sayur dan Buah
Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Plih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam. Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.

3. Ampas Teh Celup
Atasi sariawan dengan cara mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah diseduh. Daun teh bermanfaat untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kompres selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.

4. Banyak Minum Air Putih
Karena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan kita cukup minum air putih.

5. Madu
Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Kita bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja. Madu juga bisa jadi mengatasi bibir kering sampai pecah-pecah. Nah, oleskan madu pada bibirmu untuk menjaga kelembapan alaminya.

6. Kompres Dingin
Sariawan yang muncul di area mulut bisa terasa nyeri. Karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut yang steril. Kita juga bisa mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres.

Demikian informasi ini kami jelaskan, kita sudah mengetahui mengenai gejala, penyebab, obat, larangan, serta cara menghilangkan panas dalam. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Top