Efek Samping Konsumsi Obat Tidur, Bisa Terlelap Lama Hingga Tak Sadarkan Diri

Komentar

obat tidur via hellosehat.com

Jangan terlalu sering konsumsi obat tidur. Konsumsipun harus dengan anjuran dokter. Jangan minum obat tidur dengan sembarang dosis. Ini efeknya bahayanya.

Apakah obat tidur berbahaya

Obat tidur adalah jenis obat yang diresepkan oleh dokter sebagai pengobatan jangka pendek untuk masalah gangguan tidur. Penggunaan obat tidur wajib di bawah pengawasan dokter. Jika tidak dikonsumsi dengan bijak, obat tidur dapat membawa efek samping yang berbahaya, mulai dari gangguan ingatan, alergi, hingga ketergantungan.

Jadi sudah tahukan jawaban dari apakah obat tidur berbahaya atau tidak. Selanjutnya, apakah obat tidur termasuk narkoba ?

Apakah obat tidur termasuk narkoba ?

Ada bebrapa obat tidur yang memiliki dampak seperti narkoba, berikut ulasannya.

Xanax (alprazolam) merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan benzodiazepine (minor tranquilezer) yang bekerja dengan cepat setelah dikonsumsi. Indikasi Xanax adalah untuk mengatasi anxiety (kecemasan), panick attack, serta depresi ringan. Xanax bekerja pada Gamma-Amino Butyric Acid (GABA) receptor, neurotransmitter yang penting di otak manusia.

Cara kerja Xanax yang cepat diserap sistem pencernaan, merupakan keunggulan obat ini dalam mengatasi panic attack. Puncak konsentrasi alprazolam dalam plasma manusia diperoleh hanya dalam waktu 1 sampai 2 jam setelah dikonsumsi. Obat ini hanya boleh diresepkan oleh dokter spesialis kesehatan jiwa (psikiater).
Xanax tersedia dalam dosis 0.25 mg (berwarna putih), 0.5 mg (berwarna merah muda), dan 1 mg (berwarna biru muda).

Fenomena belakangan ini di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, menunjukkan penggunaan Xanax meningkat tajam, hal ini kelihatannya disebabkan oleh kondisi sosial ekonomi negara kita yang masih belum stabil, sehingga semakin banyak orang yang mengalami kecemasan (anxiety -GAD), stress, sampai depresi.

Masalah bertambah runyam, karena pemakaian Xanax dapat mengakibatkan adiksi (ketergantungan) psikis dan fisik yang hebat. Pada sebagian orang dosis yang dibutuhkan makin lama makin meningkat, karena kebutuhan otak pasien akan zat alprazolam ini makin meningkat seiring dengan waktu, jika penggunaannya tidak diawasi dengan ketat.

Sekarang bagaimana cara untuk mengurangi dosis Xanax pada pasien? Dihentikan secara mendadak tidak mungkin, karena otak pemakai akan “berontak”, yang mengakibatkan withdrawal symptom, tubuh terasa sangat tidak nyaman, badan menggigil, muncul keringat dingin, pegal, tremor, tidak dapat berpikir tenang, hilang nafsu makan, dll.

Untuk mengurangi pemakaian Xanax dengan aman, dibutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan mungkin bertahun-tahun.

Xanax juga berpotensi untuk disalahgunakan sebagai “recreational drug” oleh sebagian orang. Biasanya Xanax diminum dengan minuman beralkohol agar berfungsi sebagai “obat rekreasi”. Xanax juga sering dipakai untuk menenangkan orang yang telah menggunakan Ecstacy (3,4-Methylenedioxy-n –methylamphetamine), LSD, amphetamine,methamphetamine, dan Lysergic acid diethylamide (LSD).

Jadi hati-hati ya dalam mengonsumsi obat tidur!

Obat tidur paling ampuh

bahaya obat tidur via sains.kompas.com

Obat tidur paling ampuh ini merupakan obat tidur gak sadar diri yang sering dibuat kejahatan.

Obat flunitrazepam digunakan untuk pengobatan seperti gangguan kecemasan dan insomnia. Tapi efek kuat dari obat ini yang membuat orang tertidur panjang hingga 2-8 jam kadang digunakan untuk kejahatan agar si korban tertidur.

Flunitrazepam memiliki efek fisiologis yang mirip dengan valium (diazepam), tapi 10 kali lipat lebih kuat. Ketika seseorang mengalami intoksifikasi umumnya dikaitkan dengan gangguan penilaian dan keterampilan motorik.

Obat ini tidak memiliki rasa dan bau serta larut dalam air yang membuatnya sulit dideteksi sehingga banyak orang tidak menyadarinya ketika ia dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

Sekitar 10 menit setelah obat tersebut dikonsumsi, seseorang mungkin akan merasa pusing dan bingung, merasa udara di sekitarnya terlalu panas atau terlalu dingin serta mual, seperti dikutip dari About.com.

Secara perlahan ia juga akan mengalami kesulitan berbicara dan bergerak hingga akhirnya pingsan. Puncak dari efek ini terjadi dalam waktu 2 jam dan bisa bertahan hingga 8 jam. Umumnya orang yang konsumsi obat ini tidak bisa mengingat apa yang terjadi selama ia berada dalam pengaruh obat.

Selain obat tidur gak sadar diri diatas adakah obat tidur yg mematikan korban ? Ternyata ada lho obat tidur yg mematikan dan bikin sakau.

Menurut dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT dari RS Medistra Jakarta, obat tidur yang sering diminum tanpa resep biasanya obat flu dan obat alergi. Hal ini dikarenakan efek obat-obat tersebut yang bisa membuat mengantuk.

"Tapi jeleknya bisa bikin kecanduan. Kalau terus-terusan ya nggak baik. Kalau nggak minum jadi nggak bisa tidur. Efeknya bisa macam-macam, ada yang ke lambung, ginjal, liver. Satu-satunya cara ya stop obat," tuturnya.

dr Rimawati mewanti-wanti agar obat tidur tidak dikonsumsi dalam jangka panjang. Karena obat tidur memiliki efek toleransi, di mana tubuh bisa menoleransi hingga dosis tertentu, maka jika obat tidak mempan dosisnya akan terus ditambah.

"Jika dikonsumsi jangka panjang maka semakin lama efektivitasnya membutuhkan dosis yang lebih tinggi, kebutuhan obat makin meningkat. Akibatnya antara dosis yang membuat dia bisa tertidur dengan dosis mematikan menjadi semakin dekat, karena obat tidur ini bisa menyebabkan kematian," tutur dr Rimawati.

Selain itu, semua obat tidur adalah obat depresi pernapasan di mana otak memberi perintah untuk berhenti napas. Inilah yang semakin membuat obat tidur berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

"Juga ada studi yang menyebutkan penggunaan obat tidur jangka panjang bisa menyebabkan gangguan daya ingat sehingga kemungkinan untuk terkena demensia atau pikun menjadi lebih besar," kata dr Rimawati.

Hii ngeri ya. Yuk seh selengkapnya kita bahas obat tidur efek samping berikut ini.

Obat tidur efek samping

insomnia via borneonetv.com

Semua resep obat tidur memiliki efek samping yang bervariasi, tergantung pada obat dan dosis tertentu, serta berapa lama obat berlangsung dalam sistem Anda. Efek samping yang paling umum adalah seperti kantuk yang berkepanjangan di keesokan harinya, sakit kepala, nyeri otot, sembelit, mulut kering, sulit berkonsentrasi, pusing, linglung, dan insomnia.

Risiko lainnya meliputi:
  • Toleransi obat. Pada periode waktu tertentu, tubuh Anda akan membangun toleransi obat tidur, sehingga Anda akan mengonsumsi lebih dari biasanya agar obat tersebut dapat bekerja di tubuh Anda. Dengan semakin banyaknya obat tidur yang Anda minum, Anda akan merasakan efek samping yang lebih besar.
  • Ketergantungan obat. Anda mungkin akan bergantung pada obat tidur untuk tidur, dan tidak akan bisa tidur atau bahkan memiliki tidur yang buruk jika tidak meminum mereka. Obat resep biasanya dapat sangat adiktif, sehingga akan sangat sulit untuk berhenti dari mereka.
  • Gejala sakau. Jika Anda menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba, Anda mungkin akan mengalami gejala sakau seperti mual, berkeringat, dan gemetar.
  • Interaksi obat. Obat tidur dapat berinteraksi dengan obat lain. Hal ini dapat memperburuk efek samping dan kadang-kadang membahayakan, terutama dengan obat resep penghilang rasa sakit dan obat penenang lainnya.
  • Insomnia. Jika Anda berhenti dari penggunaan obat tidur, terkadang insomnia akan menjadi lebih buruk dari sebelumnya.
  • Menutupi masalah utama. Mungkin ada gangguan medis atau mental yang mendasari insomnia atau bahkan gangguan tidur yang tidak dapat diobati oleh obat tidur. 

Setelah mengetahui obat tidur efek samping yang mengerikan tersebut. Apa obat tidur alami yang bisa dipakai ? Berikut ini macam-macamnya.

Apa obat tidur alami?

obat tidur alami via obatantibbiotik.com

Sehatkah mengonsumsi obat tidur yang demikian? Jelas tidak sehat dan untuk itulah, obat tidur alami di bawah ini bisa Anda pertimbangkan.

1. Minum Susu sebelum Tidur
Tampaknya sudah bukan rahasia lagi bahwa khasiat susu sapi murni bagi kesehatan sangat besar. Bahkan untuk masalah insomnia atau sulit tidur juga dapat diatasi dengan minum susu sapi hangat di malam hari. Meski belum ada penelitian yang menyatakan bukti tentang susu membuat mengantuk, segelas susu hangat akan sangat merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

2. Menggunakan Daun Lemon
Daun jeruk lemon mungkin agak kurang begitu familiar bagi Anda, dan mungkin Anda kemudian berpikir bagaimana bisa bahan ini menjadi obat tidur alami. Dengan menyiapkan daun jeruk lemon kering 2 sendok makan yang sudah kering, begitu juga madu secukupnya plus air mendidih sebanyak 8 ons.

3. Memenuhi Asupan Karbohidrat
Sering dengar bukan bahwa tubuh yang mendapatkan karbohidrat lebih akan lebih cepat mengantuk? Karbohidrat yang berlebihan memang bukanlah hal baik, namun untuk penderita insomnia, karbohidrat dapat menjadi obat tidur alami yang jauh lebih baik ketimbang pil obat tidur. Mengonsumsi karbohidrat akan membuat triptofan lebih mudah untuk menuju otak.

4. Menghindari Makanan/Minuman Berkafein Tinggi
Makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi konon katanya adalah yang akan membuat Anda betah melek sepanjang malam. Itulah mengapa kopi selalu menjadi teman di kala Anda butuh untuk begadang. Kafein akan memberikan tenaga bagi Anda dan ini akan memacu adrenalin lebih sehingga pada jam istirahat, Anda malah semakin bersemangat, bukannya merasa rileks.

5. Minum Daun Kopi Muda
Bila kopi yang berkandungan kafein tinggi tidak boleh, apakah daun kopi muda dianggap aman sebagai obat tidur Anda? Anda dapat membuktikan sendiri bahwa dengan mengambil daun kopi muda sebanyak 1 genggaman tangan, lalu merebusnya dengan air 2 gelas hingga mendidih akan membantu insomnia Anda. Air didihan atau rebusan inilah yang Anda perlu nikmati sehari 2 kali untuk efek cepat tidur.

6. Menggunakan Akar Melati
Bahan herbal lainnya yang oke punya sebagai obat tidur yang baik dan efektif adalah akar melati. Cukup dengan menyediakan akar melati sebanyak ½ jengkal saja, cucilah dulu sebelum kemudian bisa ditumbuk. Tumbukan tersebut bisa Anda seduh bersama air hangat. Aduk dan saring lebih dulu sebelum airnya diminum secara rutin.

7. Menggunakan Daun Putri Malu
Karena ada kandungan melatonin di dalamnya sehingga efek sedatifnya bisa menguasai Anda di mana ini adalah efek tenang dan rileks yang diperlukan supaya bisa tidur nyenyak. Siapkan daun putri malu sebanyak 33 gram, bersama dengan daun sawi langit 20 gram dan daun calincing 35 gram yang semuanya perlu direbus dengan air 2 gelas saja. Airnya harus tersisa 1 gelas sebelum akhirnya disaring lalu airnya diminum tepat sebelum tidur sampai habis.

8. Minum Teh Kamomil
Seperti yang kita sudah tahu bahwa teh kamomil terkenal sebagai obat tidur alami karena efek penenangnya yang sama sekali aman bagi tubuh. Berbeda dari teh biasa di mana ada bahaya minum teh bagi kesehatan jika diminum sering-sering, teh kamomil ini baik untuk mendukung Anda cepat tidur. Tambahkan susu, madu atau perasan lemon sesuai selera Anda.

Demikianlah serangkaian obat tidur bagi Anda yang akhir-akhir ini bergumul dengan masalah sulit tidur. Tak usah ragu melepaskan kebiasaan mengonsumsi pil obat tidur, Anda dapat mencoba beberapa obat atau cara di atas supaya mengurangi efek samping obat tidur kimia Anda. Selamat mencoba dan kiranya bisa menjadi referensi yang sangat efektif.
Top