Mengenal Nabi Khidir, Gurunya Para Nabi yang Sulit Ditebak Otak Dalam Pengajarannya

Komentar

nabi khidir via nu.or.id

Punya mukzizat yang luar biasa, kenapa Nabi Khidir tidak masuk dalam 25 nama nabi? Berikut ini fakta-fakta tentang nabi Khidir

Sebagai umat Islam, meyakini akan keberadaan Nabi adalah sebuah kewajiban. Bahkan mempercayai adanya nabi merupakan salah satu dari rukun iman. Seperti kita ketahui bahwa Jumlah nabi yang wajib diyakini berjumlah 25.

25 nabi mulai dari Adam AS sampai Muhammad SAW disebutkan dengan jelas di dalam Al Quran. Namun nama Khidir tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al Quran. Bahkan di ayat itu sama sekali tidak ada keterangan yang jelas tentang statusnya sebagai nabi atau bukan.

Kisah nabi Musa AS di Al Quran juga diceritakan kalau dia pernah ketemu dengan Khidir. Namun Khidir disebut hanyalah sebagai hamba biasa, bukan sebagai nabi. Seperti dalam QS Al-Kahfi dibawah ini.

“Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.” (QS Al-Kahfi: 65)

Seperti kita ketahui bahwa jumlah nabi tidak hanya 25 saja, melainkan ada banyak. 25 nabi yang selama ini kita tahu adalah mereka yang wajib kita imani.

Yuk kita mengenal nabi khidir lebih dekat dengan memahami artikel ini.

Siapa Nabi Khidir Sebenarnya ?

Nabi Kihidir adalah puteraseorang raja yang sangat tekun melakukan ibadah kepadaAllahSWT.

Ia melarikan diri darikeluarganya di istana karena tidak mau dikawinkan olehayahnya dengan seorang gadisyang disukai oleh semua sanakkerabatnya.

Ia menolak perjodohan itu hingga selama kurang lebih satu tahun lamanya ia tidak pernah menjumpai calon istrinya.Setelah raja mengetahui bahwa Khidir meninggalkan istana dan pergi ke suatu tempat, maka diperintahkanlah seluruh punggawa kerajaan untuk mencarinya.

Seluruh pelosok negeri yangmenjadi kekuasaannya telah didatangi, namun pencarian itusia-sia saja.

Khidir tidak pernah ditemukan lagi.

Nah itulah kisah siapa nabi khidir sebenarnya itu. Selanjutnya kenapa nabi khidir tidak termasuk 25 nabi yang wajib kita imani ? Temukan jawabannya berikut ini

Kenapa Nabi Khidir Tidak Termasuk 25 Nabi ?

Daftar 25 orang nabi dan rasul itu sebenarnya hanyalah mereka yang secara jelas namanya tercantum di dalam Al-Qur’an dan jelas-jelas disebutkan sebagai nabi. Sedangkan nama Khidir tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al-Quran. Bahkan di ayat itu sama sekali tidak ada keterangan yang jelas tentang statusnya sebagai nabi atau bukan.

Selain itu juga banyak tokoh baik yang namanya disebut dalam secara eksplist dalam Al-Quran, namun bukan termasuk nabi. Misalnya Zul-Qarnain (Al-Kahfi: 83,86,94), Thalut (Al-Baqarah: 247,249), Luqman Al-Hakim (Luqman: 12,13), Imran (Ali Imran: 33,35, 66), Maryam binti Imran yang disebutkan tidak kurang dari 31 kali dan lainnya.

Ayat Al-Quran yang berkisah tentang Nabi Musa a.s. bertemu dengan Khidhir hanya menyebutkan Khidhir sebagai seorang ‘hamba dari hamba-hamba kami’. Sama sekali ayat itu tidak menyebut nama dan juga jabatan kenabian baginya. Silahkan simak baik-baik ayat berikut ini:

“Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.” (QS Al-Kahfi: 65)

Kalau yang dimaksud dengan hamba itu adalah Khidhir dan bahwa dia adalah seorang nabi, maka itu adalah hasil kesimpulan sebagian ulama ahli tafsir. Kesimpulan itu memang ada benarnya meski bukan satu-satunya versi. Sebab banyak juga yang menyimpulkan bahwa Khidhir itu hanyalah orang shalih di zamannya.

Dimana Nabi Khidir Sekarang Berada ? 

Di dalam kitab "Al-Asror Rabbaniyyah wal Fuyudhatur Rahmaniyyah" karya Syeikh Ahmad Shawi Al-Maliki halaman 5 diterangkan yang artinya sebagai berikut:
Telah berkata guru dari guru-guru kami, Sayyid Mushtofa Al-Bakri: Telah berkata Al-'Ala'i di dalam kitab tafsirnya bahwa sesungguhnya Nabi Khidir dan Nabi Ilyas as hidup kekal sampai hari kiamat.

Nabi Khidir as berkeliling di sekitar lautan sambil memberi petunjuk kepada orang-orang yang tersesat di lautan.

Nah itulah dimana nabi khidir sekarang berada. Apa saja mukjizat nabi khidir yang dahsyat ? berikut ini penjelasannya.

Apa Saja Mukjizat Nabi Khidir ?

Nabi Khidir selain menjadi Hamba Allah yang Alim dan Taat, beliau juga memiliki Mukjizat, diantaranya yaitu :
  • Meminum Aiunl Hayat (Mata Air kehidupan)
  • Nabi Khidir Masih Hidup sampai sekarang
  • Memiliki Ilmu Hakikat yang tinggi
  • Nabi khidir diberi kekuasaan oleh Alloh SWT menguasai Lautan
  • Di Akhir Zaman Nabi khidir di Bunuh Dajjal dan dihidupkan kembali

Wallohua'lam Bisshowab. Itulah beberapa Mukjizat Nabi Khidir. Selanjutnya nabi khidir memiliki kisah melubangi perahu dan membunuh seorang anak kecil. mengapa nabi khidir melubangi perahu ? mengapa nabi khidir membunuh anak kecil ? Simak jawabannya berikut ini.

Mengapa Nabi Khidir Melubangi Perahu ?

kisah nabi khidir via wartaislamblog.wordpress.com

Perbuatan nabi khidir melubangi perahu nelayan miskin adalah perbuatan secara akal sehat yang merupakan amal buruk yang sangat jahat sehingga memicu protes nabi Musa. Nabi khidir melubangi perahu nelayan miskin ahar nelayan tersebut tidak bisa berlayar. Hal tersebut dilakukan demi untuk menyelamatkan perahu tersebut dari rampasan raja dzalimm ynag sudah berada dihadapannya.

Itulah alasan mengapa nabi khidir melubangi perahu nelayan miskin. Selanjutnya mengapa nabi khidir membunuh anak kecil ? Beriktu ini penjelasannya.

Mengapa Nabi Khidir Membunuh Anak Kecil ?

Perbuatan nabi khidir membunuh anak kecil termasuk perbuatan yang merupakan amal buruk. Namun, ia pasti memiliki alasan yang baik mengapa nabi khidir membunuh anak kecil ?

Nabi khidir membunuh anak kecil karena agar menghalangi terjadinya madhorot di kemudian hari jika pemuda inin diiarkan hidup. Yakni anak muda tersebut nantinya akan memakda kedua orang tuanya yang mukmin untuk beralih pada kesesatan dan kekafiran. Dengan dibunuhnya anak tersebut, Allah akan memberikan anak yang lebih sholih yang bisa menyayanginya.

NAh itulah alasan mengapa nabi khidir membunuh anak kecil. Selanjutnya, sebagaimana kita ketahui bahwa nabi khidir masih hidup hingga sekarang. Lantas, bagaimana cara bertemu nabi khidir ? Berikut ini amalannya.

Bagaimana Cara Bertemu Nabi Khidir ? 

Amalan atau wirid yang bisa mengantar atau membantu kita agar bertemu Nabi Khidhir dan Nabi Muhammad itu memang betul ada. Beberapa wirid yang insya Allah bisa membantu maksud dan tujuan Anda, antara lain dengan membaca al-Ismu al-A'zham yang tertera dalam kitab Sa'adatu Ad-Darrayn.

Shalawat tersebut adalah milik Syekh Muhammad Taqiyyudin al-Hambali. Bunyi shalawat itu cukup panjang dan dimulai dengan kata-kata "Allahumma Inni as'aluka bismika al-a'zham" yang artinya, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan berkat nama-Mu Yang Maha Agung." Atau bacaan lain berupa kalimat shalawat. Beberapa wirid itu dapat membantu mempermudah untuk bertemu dengan Baginda Nabi Muhammad (saw) atau Nabi Khidir (as).

Nah itulah amalan bagaimana cara bertemu nabi khidir ynag dapat anda lakukan.

Demikianlah artikel tentang nabi khidir. Semoga dapat meningkatkan keimanan kita dan bermanfaat bagi kita.
Top