Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Komentar

manfaat susu kedelai via halhalal.com

Susu kedelai asli cukup terkenal di Indonesia sebagai salah satu minuman yang sangat menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang dibuat dari kacang kedelai. Susu kedelai kerap dikonsumsi oleh mereka yang memiliki alergi pada susu sapi.

Namun mengingat manfaat susu kedelai asli yang berlimpah, sebenarnya susu kedelai dapat dikonsumsi siapa saja, tentunya dengan takaran yang ideal. Saat ini, sudah banyak sekali penjual susu kedelai keliling. Namun, banyak orang yang belum tahu akan manfaat dari susu kedelai tersebut.

Apa saja manfaat dari susu kedelai ? Apa manfaat susu kedelai bagi tubuh ? Apa manfaat susu kedelai untuk kecantikan ? Apakah manfaat susu kedelai bagi ibu hamil? Apa khasiat susu kedelai dan efek sampingnya ? Semuanya akan kita bahas secara lengkap. Simak terus yuk!

Apa Saja Manfaat Dari Susu Kedelai ?

Apa manfaat susu kedelai bagi tubuh ? Apakah susu kedelai berfungsi meningkatkan kesehatan tubuh ? Yuk kita simak penjelasan apa manfaat susu kedelai bagi tubuh berikut ini.

1. Kesehatan jantung
Susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mengurangi gejala post-menopause
Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause.

3. Mencegah osteoporosis
Manfaat susu kedelai asli lainnya adalah mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita post menopause. Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita pada usia menopause.

4. Anti karsinogenik
Konsumsi susu kedelai memiliki keuntungan menurunkan risiko kanker prostat pada pria.

5. Anti oksidan
Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai memiliki keuntungan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis.

6. Mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol
Obesitas dapat terjadi pada pria maupun wanita setelah menopause. Isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak.

7. Melancarkan pencernaan
Susu kedelai diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorpsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Nah itulah daftar apa manfaat susu kedelai bagi tubuh yang ternyata sanagt dahsyat. Setelah mengetahui apa saja manfaat susu kedelai bagi tubuh, yuk kita bahas apa manfaat susu kedelai untuk kecantikan. Yuk langsung saja.

Baca Juga : Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Apa Manfaat Susu Kedelai Untuk Kecantikan ?

manfaat susu kedelai untuk kecantikan via lifestyle.okezone.com

Mengkonsumsi (susu) kedelai secara teratur dapat memberikan sejumlah efek positif pada kulit. Itulah sebabnya mengapa susu kedelai juga sangat efektif apabila digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai berbagai manfaat susu kedelai asli untuk kulit, silakan baca ulasan di bawah ini.

1. Susu kedelai bisa membantu melembabkan kulit
Banyak ahli yang menyebut susu kedelai sebagai smart moisturizer karena memiliki kemampuan bawaan yang sangat ampuh dalam melembabkan area-area kulit yang kering, menunda penuaan, dan mempercantik warna kulit.

2. Membantu mencegah keriput atau tanda-tanda penuaan
Kandungan aglikon dalam kedelai bisa membantu mencegah penuaan pada kulit dengan cara mengurangi kerutan-kerutan dan garis-garis halus.

3. Mengencangkan Kulit
Susu kedelai dapat meningkatkan kekencangan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat perbaikan serat elastin.

4. Memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari
Menurut Mayo Clinic, pelembab alami yang mengandung sari kedelai bisa membantu mempercepat proses pemulihan kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Nah itulah apa manfaat susu kedelai untuk kecantikan yang ternyata baik banget untuk wanita. Buat kamu ynag ingin awet muda, konsumsilah susu kedelai.

Yuk lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu apakah manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan calon bayi ? Simak terus ya !

Apakah Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil ?

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil via beritagar.id

Apakah manfaat susu kedelah bagi ibu hamil dan calon bayi ? Apa susu kedelai bagus dikonsumsi ketika hamil ? jawabannya adalah ya! Inilah beberapa manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan calon bayi.

1. Sangat baik untuk jantung ibu hamil
Susu kedelai mengandung nutrisi utama berupa lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Sehingga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah.

2. Membantu penyerapan kalsium
Susu kedelai yang terbuat dari bahan kedelai mengandung bahan fitoestrogen yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik.

3. Mencegah tekanan darah tinggi
Penyakit tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa menjadi kondisi yang sangat berbahaya. Manfaat susu kedelai asli untuk ibu hamil bisa mencegah semua masalah hipertensi dalam kehamilan, karena susu kedelai kaya dengan asam omega 3 dan asam omega 6.

4. Membantu kenaikan berat badan janin
Nutrisi lemak sehat pada susu kedelai akan diterima janin sehinggabisa membantu meningkatkan berat badan janin.

5. Mencegah cacat tabung syaraf
Penyakit cacat tabung syaraf biasanya terjadi pada bayi yang dilahirkan dengan kondisi kekurangan asam folat selama kehamilan. Susu kedelai adalah susu yang bisa membantu mencegah penyakit ini.

6. Membantu perkembangan organ vital janin
Susu kedelai adalah sumber protein sehat untuk ibu hamil. Ini akan membantu tubuh ibu hamil tidak hanya sehat tapi juga mendorong perkembangan organ vital janin dalam kandungan.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Ibu hamil sangat rentan dengan infeksi dan tertular beberapa penyakit. susu kedelai yang mengandung vitamin A bisa mencegah masalah ini.

8. Menurunkan resiko cacat lahir dan kematian bayi
Susu kedelah termasuk dalam makanan untuk mencegah cacat janin yang sangat menyehatkan. Susu kedelai telah menjadi gizi tambahan yang bisa membantu mencegah penyakit infeksi dan cacat lahir pada bayi.

9. Mendukung fungsi kognitif untuk bayi
Membuat anak cerdas sejak dalam kandungan memang lebih baik dilakukan oleh ibu hamil. Kandungan asam lemak omega 3 dari susu kedelai bisa membantu jaringan sel dan syaraf otak janin lebih baik.

10. Menjaga fungsi otot, syaraf dan jantung ibu hamil
Susu kedelai yang dibuat dari kedelai juga menyumbangkan nutrisi penting selama kehamilan yaitu vitamin B1. Vitamin yang disebut dengan nama thiamin ini berperan sangat penting untuk meningkatkan pembangunan sistem syaraf dan otot pada janin, membantu jantung ibu bekerja dengan sehat, dan membantu tubuh ibu merubah sumber karbohidrat menjadi energi tubuh.

Baca Juga : Waspada, Konsumsi Makanan ini Jadi Pemicu Terbesar Terjadinya Darah Rendah

Wow itulah manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan calon bayi. Ternyata banyak juga ya manfaatnya. Namun, jangan konsumsi susu kedelai dengan berlebihan. Ternyata konsumsi susu kedelai dengan berlebihan memiliki efek samping juga lho! Inilah khasiat susu kedelai dan efek sampingnya jika diminum berlebihan. Yuk simak yuk!

Herbal ini harus dikonsumsi secara hati hati karena memiliki efek samping karena mengandung antinutrients (racun alami), ia memiliki sejumlah senyawa yang mengkhawatirkan yang dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan.
  • Kedelai mengandung goitrogens yang menyebabkan fungsi tiroid dapat tertekan.
  • Kedelai juga mengandung fitat yang mencegah penyerapan mineral.
  • Kedelai juga memiliki kandungan phytoestrogen yang kadang-kadang dapat memblokir hormon estrogen dan memiliki efek buruk pada jaringan tubuh manusia.

Efek samping kedelai juga memiliki bahaya jika anda mengalami salah satu penyakit ini :
  • Kanker payudara
  • Kerusakan Otak
  • Kelainan pada bayi

Jadi hati-hati dalam memanfaatkan susu kedelai sebagai minuman anda, gunakan dengan bijak dan teliti

Hmm jadi konsumsi susu kedelai dengan takaran wajar yaa! Karena sesuati yang berlebihan pasti tidak akan baik.

Itulah artikel tentang manfaat susu kedelai yang berhasil kami rangkum. Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa susu kedelai memiliki banyak kegunaan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat.
Top