Begini Wajah Seram Malaikat Maut Saat Akan Mencabut Nyawa Manusia

Komentar

malaikat maut via lensapos.com

Benarkah malaikat maut mengintai manusia 70 kali dalam sehari? Se NGERI apa wajah malaikat maut itu?

Tak cuma manusia, semua yang hidup akan mati, hewan tumbuhan dan lainnya. Namun tidak ada yang tahu kapan kematian dirinya akan datang.

Kematian itu menakutkan, apalagi bagi orang-orang yang kurang beriman. Melihat sosok malaikat maut ini saja sudah pasti ketakutan luar biasa.

Apa itu malaikat maut? Izrail merupakan julukan malaikat maut yang pasti akan mendatangi setiap manusia. Menjelang ajal, malaikat maut ini akan melepaskan ruh dari jasad. Ia memang ditugaskan Allah SWT sebagai pencabut nyawa.

Bukan tanpa alasan, malaikat yang dalam Alquran di sebut Malak al Mawt ini diberi amanah tersebut. Ada serangkaian kisah, yang akhirnya membuat Izrail terpilih menjadi malaikat pencabut nyawa.

Seperti apa malaikat maut? Malaikat Izrail atau malaikat maut diciptakan oleh Allah SWT dalam keadaan yang serupa dengan malaikat Mikail baik wajahnya, ukurannya, kekuatannya, lisannya dan sayapnya. Semuanya tidak kurang dan tidak lebih.

Disana di gambarkan Malaikat Izrail memiliki wajah empat, satu wajah di muka, satu wajah di kepala, satu dipunggung dan satu lagi di telapak kakinya.

Dari kepala hingga kedua telapak kakinya berbulu Za'faran dan di setiap bulu ada satu juta muka di setiap satu juta muka mempunyai satu juta mata dan satu juta mulut dan tangan.

Ia memiliki 4.000 sayap dan 70.000 kaki, salah satu kakinya di langit ketujuh dan satu lagi di jembatan yang memisahkan Surga dan Neraka.

Kematian adalah sesuatu yang pasti menimpa siapapun manusia di dunia, yang mukminnya ataupun yang munafik atau yang kafirnya. Bagaimanakah malaikat maut dalam hadits?

Hal inipun didukung oleh beberapa dalil berikut ini,

تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ اْلمـُلْكُ وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ الَّذِى خَلَقَ اْلـمَوْتَ وَ اْلحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَ هُوَ اْلعَزِيزُ اْلغَفُورُ

Maha berkah Allah, yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha kuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha perkasa lagi Maha pengampun. [QS. Al-Mulk/ 67: 1-2].

Ayat di atas dengan jelas menerangkan bahwasanya Allah Subhanahu wa ta’ala telah menciptakan mati dan hidup. Jika Allah Azza wa Jalla telah menciptakan kehidupan bagi seorang manusia, maka Ia juga akan menciptakan kematian baginya. Maka kematian adalah sesuatu yang dipastikan akan dimiliki oleh setiap makhluk hidup sebagaimana Allah Jalla wa Ala pernah memberikan kehidupan kepadanya. Sebab setiap yang memiliki jiwa niscaya akan merasakan kematian, meskipun ia berusaha dengan maksimal dan optimal untuk selalu menjauhi dan menghindarinya. Kendatipun ia berada di dalam benteng kuat yang tak mudah dihancurkan senjata canggih apapun yang dijumpai di muka bumi, bungker kokoh yang keberadaannya sangat tersembunyi, istana megah yang diawasi oleh ribuan penjaga perkasa tak tertandingi namun tetap kematian itu akan datang menemui dan menghampirinya tiada peduli.

Benarkah malaikat maut memandang wajah manusia 70 kali? Seperti dilansir muslimahzone, Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak-ketawa.

Maka berkata Izrail: ‘Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak ketawa’.”

Dari hadis tersebut, betapa sering malaikat maut melihat dan menatap wajah seseorang dalam sehari. Andai manusia sadar hakikat tersebut, niscaya dia tidak akan lupa untuk mengingat mati. Tetapi oleh karena malaikat maut adalah makhluk ghaib, manusia tidak melihat kehadirannya. Sebab itu manusia tidak menyadari apa yang dilakukan oleh Malaikatulmaut.

Coba kita perhatikan, 1 hari=24 jam=1440 menit. 1440 menit/70 kali malaikat melihat kita= 20.571 menit.

Fakta malaikat maut salah satunya adalah melihat dan menatap wajah seseorang, yaitu dalam waktu 24 jam sebanyak 70 kali. Seandainya manusia sadar hakikat tersebut, niscaya dia tidak akan lupa untuk mengingat mati.

Bagaimana malaikat maut mencabut nyawa? Malaikat maut mengambil nyawa para nabi dari wajah kepalanya, nyawa orang mukmin dengan wajah mukanya, nyawa orang kafir dengan wajah punggung dan nyawa seluruh jin dengan wajah tapak kakinya.

Tanda Malaikat Maut akan Menjemput

ilustrasi tanda malaikat maut akan menjemput via ada-kita.com

Semua manusia tidak tahu kapan maut akan menjemput. Meski datang dengan cara tiba-tiba, ternyata ada tanda dari malaikat bahwa ajal sudah hampir tiba kepada manusia. Saat seseorang sebelum meninggal akan diberi tanda bakal didatangi malaikat maut.

1. Malaikat mencabut kekuatan
Malaikat pertama akan mengambil semua kekuatannya sehingga orang tersebut akan menjadi tidak berdaya dan lemah.

2. Malaikat mengambil lezatnya makanan
Malaikat kedua akan mengambil rasa lezatnya makanan dari mulutnya sehingga dia tidak ingin memakan apapun meskipun makanan tersebut rasanya lezat.

3. Malaikat mengambil cahaya terang
Malaikat ketiga datang untuk mengambil cahaya terang pada wajahnya. Sehingga, wajahnya akan terlihat pucat dan bahkan dia tidak mengenal orang-orang yang berada di sekitarnya.

4. Malaikat mengambil dosa
Malaikat keempat dikirim oleh Allah SWT untuk mengambil semua dosanya ketika sakit. Sehingga, dia menjadi bersih dan suci dari dosa.

5. Tanda 100 hari jelang kematian
Ketika waktu Ashar telah lewat, orang yang sakit akan merasakan menggigil dari ujung rambut hingga ke kaki bahkan disertai getaran yang sangat kuat.

6. Tanda 40 hari jelang kematian
Ketika waktu Ashar telah usai, jantungnya akan berdenyut-denyut. Setelah itu, daun yang bertuliskan nama kita di Lauh Mahfudz akan gugur dan malaikat maut pun akan mengambil daun itu kemudian mengikuti perjalanan kita sepanjang hari.

7. Tanda 7 hari jelang kematian
Sebelum meninggal, seseorang akan diuji dengan sakit. Saat sakit, dia dibuat tidak selera makan. Namun, dia akan meminta berbagai makanan yang diinginkannya.

8. Tanda 3 hari jelang kematian
Seseorang akan merasakan denyutan di tengah dahi. Jika sudah merasakan tanda seperti ini, ada baiknya berpuasa agar perutnya tidak banyak najis sehingga orang yang memandikan nanti akan mudah.

9. Tanda 1 hari jelang kematian
Saat Ashar, seseorang akan merasakan 1 denyutan di ubun-ubunnya. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut tidak bisa lagi menemui Ashar berikutnya.

Bagi yang khusnul khotimah, dia akan merasa sejuk di bagian pusar, pinggang, dan kemudian di tenggorokan. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya mengucapkan 2 kalimat syahadat.

10. Tanda detik-detik terakhir jelang kematian
Tanda terakhir, seseorang akan menjelang ajal. Tandanya merasakan sejuk di beberapa bagian seperti, pusar, pinggang, dan tenggrokan.

Jika sudah merasakan tanda seperti ini, seseorang disarankan untuk tetap mengingat dan menyebut Asma Allah.

Apa hikmah diciptakannya malaikat maut bagi manusia? Allah menciptakan seluruh makhluk dalam keadaan berbagai rupa. Malaikat-malaikat yang Allah ciptakan ini tentu memiliki tugas, dan satu diantaranya adalah mencatat amal perbuatan manusia. Tidak sedikit yang tidak berhasil kita ketahui hikmahnya. Firman Allah:

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah, ‘Ruh itu termasuk urusan Rabbku, dan tidaklah kamu diberi pengetahun melainkan sedikit.” (QS. Al-Israa’: 85)

Sesunguhnya makhluk-makhluk ini, jika seseorang bertanya kepada kita, “Apakah hikmah dari penciptaan unta oleh Allah dengan bentuk seperti ini, menjadikan kuda bentuknya seperti ini, menjadikan keledai bentuknya seperti ini, menjadikan manusia bentuknya seperti ini dan yang semisalnya.

Hikmah diciptakannya malaikat maut bagi manusia diantaranya agar dapat selalu berada ke jalan yang benar karena setiap perbuatan dilihat oleh 2 malaikat yaitu rakib dan atid, dapat memberikan dorongan untuk setiap muslim agak taat dan patuh kepada perintah Allah dan tidak terhasut oleh godaan setan, dapat menjadikan motivasi diri apakan manusia lebih baik dari malaikat atau sebaliknya, malaikat yang selalu memyampaikan rezeki kepada setiap manusia melalui malaikat jibril, dan selalu membantu dan berdoa kepada setiap manusia yang berbuat kebaikan di dunia.

Baca Juga : Menegangkan, Beginilah Tanda-tanda Orang Mendekati Sakaratul Maut yang Menyakitkan


Demikian penjelasan tentang malaikat maut yang dapat kami bagikan. Mohon maaf jika ada kekurangan ataupun kesalahan. Semoga bermanfaat dan menjadikan diri kita lebih dekat dengan Allah SWT.
Top