Fakta Istimewa Dibalik Kecerdasan Lumba Lumba, Mamalia Terpandai Setelah Manusia

Komentar

lumba lumba via youtube.com


Bukanlah suatu hal yang asing bagi kita jika berbicara mengenai lumba-lumba yang begitu lucu dan cerdas. Kenapa lumba lumba bisa pintar? Apakah lumba lumba halal dimakan?

Lumba-lumba sudah dikenal sebagai hewan laut yang paling cerdas, ramah dan suka menolong. Sampai saat ini belum ada jenis hewan laut lainnya yang bisa menyamai kecerdasan lumba-lumba termasuk sifatnya yang ramah dan suka menolong

Apa makanan lumba lumba? Makanan lumba-lumba sangat bervariasi. Bahkan boleh dibilang lumba-lumba sebenarnya adalah predator. Mereka makan hampir setiap hewan yang ada di laut, mulai dari cumi-cumi, berbagai jenis ikan, seperti ikan Mackerel, Cod dan Herring, juga ikan-ikan kecil hingga plankton. Lumba-lumba juga makan udang serta krustasea lainnya. Lumba-lumba yang lebih besar bahkan mengonsumsi paus pembunuh, dan beberapa mamalia laut yang lain, seperti anjing laut dan singa laut, terkadang juga penyu.

Gelombang ultrasonik merupakan gelombang bunyi yang frekuensinya sangat tinggi yaitu 20.000 Hz. Lumba lumba memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik untuk berkomunikasi.

Bagaimana lumba lumba berkembang biak? Apakah lumba lumba melahirkan? Lumba-lumba adalah hewan mamalia dimana cara berkembang biaknya dengan cara beranak (vivipar) sama seperti kebanyakan mamalia lainnya.

Lumba-lumba diketahui dapat melakukan kegiatan kawin untuk tujuan selain reproduksi. Mereka dapat melakukannya dari ikatan emosional seperti manusia. Ketika kekurangan makanan atau stres, mereka tidak akan kawin sama sekali. Ini adalah bagian dari cara naluriah mereka bertahan hidup. Mereka memusatkan perhatian mereka pada mengurus kebutuhan dasar mereka. Ketika makanan berlimpah dan ada beberapa tekanan lingkungan mereka lebih cenderung untuk kawin.

Baca Juga : Termasuk Hewan Ganas Pemakan Daging, Bolehkah Makan Daging Ikan Hiu?

Lumba Lumba dalam Al Quran

ilustrasi lumba-lumba via viralgempak.com

Sebagaimana kita lihat, ada penataan pada lumba-lumba yang terlindung lebih baik daripada jaringan komunikasi yang membangun Internet dan berfungsi lebih ampuh pada saat simpul-simpul utama tercerabut. Keberadaan para insinyur yang menghitung dan menata aliran informasi pada Internet menunjukkan adanya kecerdasan unggul yang mengatur jaringan informasi pada lumba-lumba dan banyak mahluk hidup lain sejenisnya di alam. Tidak dapat diragukan bahwa kecerdasan unggul ini adalah Allah yang Mahatahu, Mahakuasa.

Penciptaan jaringan informasi pada lumba-lumba ini adalah perwujudan dari namaNya yang Maha Pengasih. Kasih Allah diwujudkan dalam jaringan informasi ini sebagaimana berikut:

Cara makhluk-makhluk hidup seperti lumba-lumba, yang tinggal dalam perairan terbuka dan dekat dengan permukaan, berperilaku sebagai satu kelompok amatlah penting. Gaya hidup ini memberikan keuntungan dalam hal bersiaga terhadap pemangsa, maupun ketika berburu.

Berkat arus informasi yang sinambung di kalangan betina-betina dewasa di dalam kelompok, anggota-anggota lain dipasok dengan informasi tentang kedudukan mangsa dan pemangsa, yang akibatnya kelompok ini dibantu dalam berperilaku secara padu. Jika aliran informasi pada lumba-lumba ini menjadi timpang karena kehilangan satu lumba-lumba yang diakibatkan oleh pemangsa, maka larinya lumba-lumba lain akan tidak berarti, dan anggota-anggota yang tak berpeluang berkomunikasi akan terpaksa menyebar dan akhirnya menjadi santapan pemangsa-pemangsa lainnya. Akan tetapi, jaringan informasi yang diciptakan pada lumba-lumba oleh Allah tidak terputus pada saat-saat seperti itu, dan membuat para anggota kawanan bertahan hidup dengan menjaga kepaduan kelompok.

Allah mewahyukan hal berikut ini dalam salah satu ayat Al Qur'an:

وَإِنَّ رَبَّكَ لَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ

"Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang." (QS Asy Syu'araa 26:9)

Baca Juga : Fakta Nyata Burung Merpati Bisa Mengirim Surat, Aksinya Membuat Heran Banyak Orang

Apakah lumba lumba halal? Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba. Sama seperti hewan laut yang lain lumba-lumba juga hukumnya halal sesuai firman Allah SWT:

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

"Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan." (QS Al-Maidah [5]: 96).

Kenapa lumba lumba bisa pintar? Jawabannya terletak pada evolusi gen yang berperan dalam fungsi otak dan metabolisme. Evolusi gen ini diyakini telah menggiring lumba-lumba hidung botol menjadi hewan paling cerdas sejagat.

McGowen meneliti gen dalam genom lumba-lumba untuk mengetahui adanya kesamaan yang telah berubah pada silsilah keturunan lumba-lumba. Mereka juga meneliti kemungkinan serupa pada garis keturunan primata.

Gen lumba-lumba dinyatakan lebih aktif berkembang dalam kurun tertentu jika mengalami perubahan DNA (mutasi) lebih banyak ketimbang, misalnya, gen sapi.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa lebih dari 200 gen lumba-lumba berubah drastis. Sebanyak 27 gen di antaranya terlibat dalam sistem saraf, seperti otak dan organ indra. Perubahan besar juga dijumpai pada gen yang berhubungan dengan metabolisme, mirip dengan perubahan yang terlihat pada primata.

Baca Juga : Kenapa Allah Menciptakan Cicak? Padahal Cicak Termasuk Hewan Fasik dan Harus Dibunuh

Demikian penjelasan tentang lumba-lumba yang dapat kami sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Top