Waspada Saat Membeli, Berikut Kosmetik Berbahaya yang Dampaknya Sampai ke Dalam Tubuh

Komentar

kosmetik berbahaya via wanita.me

Banyak kosmetik yang mempunyai khasiat luar biasa cepat, cepat memutihkan, cepat membersihkan, dll. Namun hal ini biasa setara dengan efek sampingnya.

Tapi tidak semua kosmestik begitu berbahaya. Tapi kalau bisa hindari memakai kosmetik-kosmetik di bawah ini. 

Hampir setiap hari kita bersentuhan dengan kosmetik. Bisa dibilang, kosmetik, terutama bagi wanita, sudah menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Karena permintaan yang tinggi, hampir semua usaha kecantikan terutama para produsen make up, tidak pernah sepi peminat. Di balik manfaatnya yang bisa mempercantik wajah Anda, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda waspadai dari penggunaan kosmetik.

Tahukan kamu nahwa ada beberapa kosmetik yang mengandung zat kimia kosmetik berbahaya bagi tubuh. Berikut ini zat kimia kosmetik berbahaya yang terkandung dalam kosmetik.

Apa saja kandungan kosmetik yang berbahaya ?


kandungan kosmetik via caaantik.com

Kepala Badan POM, Roy Sparringa mengatakan, setidaknya ada 7 bahan zat kimia kosmetik berbahaya, seperti:

1. Merkuri (Hg)
Merkuri sering disalahgunakan pada krim/lotion pemutih kulit. Merkuri merupakan logam berat yang berbahaya, yang dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun.

2. Hidrokinon
Zat ini tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut, hanya boleh untuk pengeras kuku. Namun hidrokinon sering disalahgunakan pada krim atau lotion pemutih kulit.

Hidrokinon adalah zat reduktor yang mudah larut dalam air. Kemampuan hidrokinon untuk menghambat pembentukan melanin (zat pigmen kulit) membuat bahan tersebut digunakan sebagai pencerah kulit (skin lightening) yang populer.

3. Asam Retinoat/Tretinoin/Retionic Acid
Asam Retinoat/Tretinoin/Retionic Acid banyak disalahgunakan pada obat peeling (pengelupasan kulit), obat jerawat dan pemutih dengan mekanisme kerja pengelupasan kulit. Zat ini dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar dan teratogenik.

4. Resorsinol
Resorsinol dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu sistem imun. Bahaya pemakaian resorsinol pada kulit luka atau teriritasi berupa gejala dermatitis, iritasi mata, kulit, tenggorokan, saluran pernafasan atas, methemoglobinemia, cyanosis, konvulsi, peningkatan detak jantung, dispepsia, hipotermia, hematuria.

5. Bahan Pewarna
Bahan Pewarna Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075) sering disalahgunakan pada produk lipstik atau sediaan dkoratif lain (pemulas kelopak mata dan perona pipi) karena warnanya yang cerah. Bahan pewarna sintetis ini umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta.

6. Diethylene Glycol (DEG)
Diethylene Glycol (DEG) merupakan sesepora (trace element) yang terdapat pada bahan baku gliserin dan atau polietilen oksida yang digunakan pada pembuatan kosmetika misalnya pasta gigi.

7. Timbal (Pb)
Pb atau timbal merupakan bahan yang dilarang digunakan pada sediaan kosmetika. Pada anak-anak, timbal dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan sistem saraf dan memicu problem dalam tingkah laku dan belajar, menurunkan IQ dan pendengaran, menghambat pertumbuhan dan menyebabkan anemia.

Hii itulah apa saja kandungan kosmetik yang berbahaya bagi tubuh. Apa sih efek kosmetik berbahaya bagi tubuh ? Berikut ulasannya.

Efek kosmetik berbahaya

Beberapa bahan yang dipakai di dalam pembuatan kosmetik berpotensi membahayakan kesehatan, dan efek-efek yang mungkin terjadi tersebut antara lain:

1.Adanya ketergantungan secara psikis terhadap kosmetik yang digunakan
Beberapa wanita, bahkan juga pria, merasa tidak mampu keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain tanpa adanya polesan dan sentuhan makeup.

2.Jika dipakai terlalu lama dapat menimbulkan berbagai keluhan 
Beberapa keluhan yang mungkin muncul adalah rasa pusing, lelah dan mual setelah lama terpapar makeup.

3.Penggunaan kosmetik rambut dapat merusak rambut 
Penggunaan pewarna dan gel rambut, bahkan serum,  shampo serta kondisioner,  dapat merusak rambut dan menurunkan tidak hanya kualitas, namun juga kuantitas rambut.

4.Kosmetik yang diaplikasikan di tubuh dapat membahayakan kesehatan organ reproduksi. 
Produk-produk kecantikan seperti busa mandi maupun minyak yang dicampurkan ke dalam air dapat merusak organ reproduksi saat terjadi kontak langsung. Tidak hanya organnya, efek samping dari kontak dengan bahan-bahan ini juga bisa berakibat ketidaksuburan.

5.Menyebabkan penuaan dini
Tidak hanya karena penggunaan kosmetik yang membuat tampilan wajah lebih dewasa, tapi juga karena bahan makeup itu sendiri. Penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan timbulnya keriput sebelum waktunya.

6.Bahaya penyakit kronis semacam kanker dan lainnya
Beberapa di antaranya adalah lipstik yang mengandung alumunium yang dapat menyebabkan anemia dan intoleransi glukosa.

7.Dapat terjadi kerusakan kuku 
Jika digunakan dalam frekuensi sering, penggunaan cat kaku, pemulas kuku dan peralatan pedikur dapat merusak kuku.

8.Bahaya kosmetik pada mata
Kosmetik yang berfokus di area mata, seperti eye shadow, maskara, dan bentuk makeup mata lainnya bisa membahayakan mata Anda. Maskara yang terlalu banyak digunakan dapat menyebabkan kebutaan karena adanya kandungan pseudomonas aeruginosa yang merupakan bakteri terapi yang berbahaya.

9.Terjadinya alergi karena kulit yang sensitif dan penggunaan kosmetik secara berlebihan. 
Alergi dapat hadir dalam bentuk alergi pernapasan, alergi dalam makanan maupun alergi pada rambut serta kulit.

10.Terjadinya penyakit dan reaksi pada kulit, akibat penggunaan krim pemutih, krim anti matahari maupun sunblock. 
Jika tidak hati-hati, produk-produk ini bahkan dapat menyebabkan memudarnya warna kulit secara permanen dan kerusakan serius pada kulit.

Hii itulah efek kosmetik berbahaya yang akan menyerang tubuh kita. Setelah mengetahui hal tersebut, yuk mengetahui fakta kosmetik berbahaya yang sering kita pakai.

Fakta kosmetik berbahaya

Berikut ini adalah fakta kosmetik berbahaya yang wajib kita waspadai.

Merkuri dalam krim muka

krim muka via herbeautycream.com

Krim pagi, sunblock, dan krim malam, merupakan rangkaian produk yang biasa diberikan saat menjalani perawatan dokter.
Sekilas krim ini bertektstur lengket, berwarna putih, atau kuning mencolok. Hasilnya memang cepat. Namun jika dihentikan, kulit akan kusam, menghitam, dan berjerawat parah.

Timbal dalam lipstik

lipstick via kleancolor.com

Timbal merupakan logam yang bisa meracuni sistem saraf. Paparan timbal jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan sakit perut.

Badan pengawas pangan dan obat-obatan di Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) pernah merilis 400 merek lipstik yang mengandung timbal. Yang mengejutkan, lipstik-lipstik yang mengandung timbal tersebut merupakan keluaran merek terkenal.

Mangan dan alumunium dalam lipgloss

lipgloss via tyrabeauty.com

Dengan menggunakan perhitungan berbasis batas jumlah logam yang tertelan, penggunaan lipgloss mengandung mangan dan alumunium secara terus-menerus setiap hari akan mengakibatkan penumpukan krom dalam jumlah berlebih dan berpotensi mengakibatkan tumor perut.

Formaldehyde dalam bedak tubuh

bedak berbahaya via m.halhalal.com

Beberapa tahun lalu, hakim dari negara bagian Missouri, Amerika Serikat memerintahkan Johnson & Johnson (J&J) untuk membayar US$72 juta atau Rp965 miliar kepada keluarga korban Jackie Fox dari Birmingham, Alabama. Perusahaan dinyatakan bersalah karena terbukti menyebabkan dia meninggal akibat kanker rahim. Jackie diketahui menggunakan bedak bayi tersebut selama puluhan tahun.

Diduga ada dua bahan dalam bedak yang berpotensi memicu kanker, yakni 1,4-diaoxande dan formaldehyde. Mulai tahun 2-015, J&J sepakat tidak menggunakan bahan ini dari produk mereka.

Methanil yellow dalam eye shadow


eyeshadow via morphebrushes.com

Methanil Yellow (pewarna kuning) biasanya terdapat pada bedak dan eye shadow. Bahaya kronis dari penggunaan Methanil Yellow dalam jangka panjang menyebabkan gangguan kesehatan pada fungsi hati, gangguan lambung, usus, dan ginjal. Zat pewarna ini murah, sehingga banyak digunakan dalam kosmetik palsu.

Hii ngeri ya. Untuk itu, kalian harua mengetahui apa saja merk kosmetik berbahaya bagi tubuh. Berikut daftarnya.

Apa saja merk kosmetik berbahaya

Selama 2018, BPOM RI telah menyita kosmetik ilegal senilai 106.9 miliar rupiah.

BPOM meminta masyarakat mengindari beberapa produk kosmetik berikut ini.

Hal ini dikarenakan produk tersebut diduga mengandung bahan terlarang.

Produk-produk kosmetik tersebut sebagai berikut;

Temulawak Two Way Cake, New Papaya Whitening Soap, NYX Pensil Alis, MAC Pensil Alis, Revlon Pensil Alis, Collagen Plus Vit E Day and Night Cream, Cream Natural 99, SP Whitening and Anti Acne, Quine Pearl Cream, Citra Day Cream, Citra Night Cream, serta La Widya Temulawak.

Itu semua adalah beberapa produk yang disita BPOM RI dalam tiga bulan terakhir di daerah Jakarta dan Serang.

Beberapa produk tersebut disita karena merek yang dipalsukan.

Pada 11 Desember 2017, BPOM juga merilis daftar kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

Berikut 26 daftar merk kosmetik yang harus kamu hindari karena mengandung bahan berbahaya.

1. BEAUTY G Day Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

2. LIXIAO Night Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

3. ROSE Night Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

4. D'SWISS Night Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

5. L'COME Day Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

6. LA WIDYA COLLAGEN Day Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

7. LABITHA Night Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

8. KOREAN WIDYA Night Cream (Bahan Berbahaya: Merkuri)

9. OZERA Nail Polish Color No. 8 (Bahan Berbahaya: Merah K10)

10. OZERA Lipstick-29# (Bahan Berbahaya: Merah K10)

11. OZERA Lipstick-53# (Bahan Berbahaya: Merah K10)

12. OZERA Lipstick-54# (Bahan Berbahaya: Merah K10)

13. OZERA Lipstick-57# (Bahan Berbahaya: Merah K10)

14. OZERA Lipstick-80# (Bahan Berbahaya: Merah K10)

15. OZERA Lipstick-22# (Bahan Berbahaya: Merah K3)

16. OZERA Lipstick-66# (Bahan Berbahaya: Merah K3)

17. OZERA Lipstick-131# (Bahan Berbahaya: Merah K3)

18. OZERA Lipstick-77# (Bahan Berbahaya: Merah K10 dan K3)

19. OZERA Lipstick-82# (Bahan Berbahaya: Merah K10 dan K3)

20. SALSA MEIXIIE Lip Liner Ungu (Bahan Berbahaya: Merah K10)

21. SALSA MEIXIIE Lip Liner Pink Ungu (Bahan Berbahaya: Merah K10)

22. SALSA Nail Polish 36 (Bahan Berbahaya: Merah K10)

23. SALSA Nail Polish 38 (Bahan Berbahaya: Merah K10)

24. IMPLORA Nail Polish 8 mL (color 064) (Bahan Berbahaya: Merah K10)

25. IMPLORA Nail Polish 8 mL (color 092) (Bahan Berbahaya: Merah K10)

26. Poliekstrak Acne Cream (Bahan Berbahaya: Klindamisin)

Dilansir TribunSolo.com dari Kompas.com, pada tahun 2009 sederet merek kosmetik juga sudah dilarang oleh BPOM.

18 merek kosmetik rias wajah dan rias mata mengandung bahan berbahaya dan bahan terlarang:

1. Cassandra Superior Quality Lipstick No. 1-10.

2. Cassandra Superior Lip Gloss No. 1-12.

3. GLD Garland Lipstick No. 9.

4. Marie Anne Beauty Shadow No. 4, 5, 6, 8.

5. Marie Anne Blush On No. 3.

6. Sutsyu Eye Shadow Blusher 01.

7. Sutsyu 18 Colors Eye Shadow 01.

8. Sutsyu Lipstick Colors Fix No. 1, 3, 4, 6.

9. Sutsyu Lipstick Colors Fix No. 5.

10. Asnew Blush On.

11. Cameo Makes You Beauty Detox 4 in 1 Complete Make Up.

12. Marimar Eye Shadow Powder Cake.

13. Natural Belle Colors Fix Lipstick No. 313.

14. Olay 4 in 1 Complete Make Up.

15. Pond's Detox Complete Beauty Care Make Up Kit.

16. Pond's Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss, Creme Powder No. 1-2.

17. Pond's Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake.

18. Pond's Detox Complete Beauty Care.

Terkait maraknya peredaran kosmetik ilegal dan berbahaya ini, Penny meminta agar seluruh pelaku usaha mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan kosmetik apa saja yang tidak berbahaya adalah kosmetik yang tidak tercantum pada daftra diatas.

Hati-hati dengan berbagai penggunaan kosmetik yang tidak berasal dari produsen terjamin. Selalu baca terlebih dahulu pada kemasan produk kecantikan yang Anda gunakan, untuk memastikan tidak ada bahan berbahaya untuk tubuh Anda.
Top