Kewajiban Istri yang Harus Dilakukan Dalam Berumah Tangga

Komentar

kewajiban istri via youtube.com

Pasangan suami istri memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Berikut ini kewajiban seorang istri pada suami yang tidak boleh dilalaikan.

Dalam bingkai rumah tangga, pasangan suami dan istri masing-masing memiliki hak dan kewajiban.  Tak hanya suami yang memiliki kewajiban kepada istrinya, tetapi sang istri juga memiliki kewajiban kepada sang suami yang tidak boleh dilupakan. Agama Islam sudah mengatur semuanya tentang kewajiban seorang istri terhadap suaminya. Berikut ini kewajiban istri yang tidak boleh dilupakan.

Kewajiban Istri Kepada Suami

Nah, buat kalian para calon pasangan yang sudah siap untuk menikah, maka ketahuilah hal-hal yang menjadi kewajiban istri kepada suami yang perlu diketahui oleh wanita. Istri harus selalu menjadi penyejuk, penyedap, pesona dan pemberi semangat hidup bagi suaminya, laksana perhiasan yang selalu menempel pada diri seorang wanita.

Istri harus mengelola, menjaga dan bertanggung jawab terhadap kehormatan, harta dan segala  urusan rumah tangga, ketika suami  tidak sedang di rumah. Istri harus menempatkan diri sebagai wakil suami selaku pemimpin rumah tangga.

Kewajiban Istri Menurut Al quran dan Hadist

Kewajiban istri kepada suami juga tertuang pada al qur an dan hadist. Kewajiban Istri menurut al quran dan hadist tidaklah sedikit lho! Namun, dengan keikhlasan hati seorang istri maka istri akan senantiasa bersenang hati menjalani kewajiban berikut ini.Berikut ini kewajiban istri menurut al quran dan hadist yang shoheh.

1. Meringankan mahar suami
RASULULLAH bersabda, “Sebaik-baiknya mahar, yaitu seringan-ringannya,” (HR. Abu Daud).

Bahkan di lain kesempatan, Rasulullah juga bersabda, “Berikanlah maharnya, sekali pun berbentuk cincin dari besi,” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Mengikuti tempat tinggal suami
“Tempatkanlah mereka (para istri) di mana kamu (suami) bertempat tinggal menurut kemampuan kamu,” (QS. Ath Thalaaq: 6).

3. Menaati suami
Rasulullah bersabda, “Jika aku diperbolehkan memerintahkan seseorang bersujud kepada orang, pasti aku perintahkan seorang istri untuk taat pada suaminya, karena besarnya hak yang dimiliki suami atasnya,” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

“Jika seorang istri melakukan shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, memelihara kemaluannya dan menaati suaminya, niscaya dia akan memasuki surga Allah SWT,” (HR. Ahmad).

4. Berdandan untuk menyenangkan suaminya
“Sebaik-baik istri ialah yang menyenangkan jika engkau (suami) melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi,” (HR. ath-Thabrani).

5. Menjaga diri saat suami tak ada
“…wanita yang saleh ialah wanita yang taat kepada Allah, lagi memelihara diri ketika suami tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka…” (QS. An Nisaa’: 34).

6. Jangan Pernah Keluar Rumah Tanpa Ijin Suami
Seorang istri yang solehah dan taat kepada suami, wajib untuk meminta ijin saat hendak bepergian kemanapun, dan jangan pernah keluar rumah tanpa mengantogi ijin dari suamimu.

7. Taatlah Kepada Suami Ketika Di Ranjang
Dari Abu Hurairah Nabi saw bersabda: “Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas si istri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu subuh.” [HR. Bukhari dan Muslim]

8. Tidak Mengizinkan Orang Lain Yang Tidak Dikenal Masuk Ke Rumah Tanpa Ijin Suami
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Hak kalian (para suami) atas mereka (para istri) adalah mereka tidak memasukkan seorangpun yang tidak kalian sukai ke rumah kalian. Jika mereka melakukannya, pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menimbulkan bekas.” [HR. Muslim no. 1218]

9. Tidak Berpuasa Sunnah Tanpa Izin Suami
“Tidak halal bagi istri berpuasa (sunnah, –pen.) dalam keadaan suaminya ada di rumah, kecuali dengan izin sang suami.” [Hadits shahih, riwayat al-Bukhari 7/39, Muslim dengan syarah an-Nawawi 7/115]

Itulah kewajiban istri agar masuk surga yang diambil dari al quran dan haidts. Dengan menaati kewajiban tersebut insyallah memperlancar wanita masuk surga.

Kewajiban Istri Agar Masuk Surga

Agar seorang istro dapat masuk surga, ia juga perlu melakukan hal-hal berikut ini. Inilah kewajiban istri agar masuk surga yang harus dilakukan seorang istri.

1. Melakukan shalat lima waktu
Shalat merupakan pemisahan antara keimanan dan kekufuran yang haq dan yang bathil . Allah berfirman : " Maka dirikankanlah shalat itu ( sebagaimana biasa ) sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang - orang yang beriman " (Surah An - Nissa ' ayat 103)

2. Puasa di bulan Ramadhan .
Dari Abu Hurairah r.a. bersabda Rasulullah s.a.w. maksudnya :: " Setiap amanalan anak Adam ( manusia ) itu digandakan satu kebaikan dengan sepuluh yang jenisnya hingga 700 kali lipat . Firman Allah s.w.t. ( maksudnya ) : " Kecuali puasa yang dikerjakan untuk Ku , maka Aku - lah yang membalasnya . Dia menahan syahwatnya dan meninggalkan makan karena Aku " Bagi orang yang puasa itu ada dua kegembiraan , yaitu gembira ketika berbuka ( atau berhari raya ) dan senang ketika menemui Tuhannya kelak . Dan , demi bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum dari bau kasturi . " ( HR. Muslim )

3. Menjaga menghormatinya
Wanita solehah yang menjaga harga dirinya adalah wanita yang selalu menghiasi diri dengan akhlak Islam dan sifat - sifat terpuji yang dapat melindungi dirinya dari murka Allah swt

4. Mentaati perintah suami
Rasulullah s.a.w. bersabda yang artinya : " Sebaik - baik istri adalah yang dapat memberikan hati suaminya ketika engkau ( suami ) melihatnya dan ketika disuruh dia menurut perintahmu , dan dia bisa menjaga kehormatan dirinya dan hartamu ketika engkau tidak di rumah . " ( Riwayat Thabrani )

Kewajiban Istri Bangun Pagi 

Jika Istri dengan senang hati mempersiapkan segala yang dibutuhkan suaminya, itu jadi motivasi untuk suami bekerja dan bisa menjadi mempererat hubungan pernikahannya. Kewajiban istri bangun pagi salah satunya dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan suami. Apa saja yang menjadi kewajiban istri ketika dipagi hari ?

1. Mengajak suami melakukan sholat subuh
2. Menyiapkan Sarapan untuk suami di pagi hari
3. Memberikan kehangatan untuk suami anda
4. Mempersiapkan kebutuhan untuk suami bekerja
5. Berilah perhatian dan semangat untuk dirinya

Kewajiban Istri Jika Suami Pulang Kerja

Setelah menjalin keluarga bersama, salah satu kewajiban istri yang paling utama adalah melayani suaminya. Apalagi saat suami capek pulang kerja, maka disinilah peran istri untuk segera menyambut dan mengiburnya. Kewajiban istri jika suami pulang kerja salah satunya adalah dengan menymbutnya. Apalagi kewajiban istri jika suami pulang kerja lainnya? Berikut ini uraiannya.

1. Sambut dengan wajah cerah dan penuh senyuman
2. Mencium tangan dan berikan pelukan terhangat
3. Menanyakan kabar atau keadaan
4. Membuatkan minuman dan menyiapkan makanan
5. Dengarkan cerita dan keluh kesah suami
6. Berikan waktu agar suami istirahat


Baca Juga : 8 Kewajiban Suami Kepada Istri Menurut Syariat Islam Agar Tercipta Keluarga Harmonis

Sekian kewajiban istri kepada suami semoga kita semua bisa melaksanakannya dengan baik. Meskipun mungkin terdengar sepele, namun akan berdampak besar dalam kehidupan berumah tangga. Dan saling menghargai hak dan kewajiban kedua belah pihak adalah salah satu kunci menuju kehidupan pernikahan yang di Ridhoi oleh Allah SWT.
Top