Kenapa Masyarakat Negri Ini Susah Kaya, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Komentar

Gambar ilustrasi (jabarekspres.com)

Pernah nggak sih Anda bertanya, kenapa ya Negri ini orangnya susah menjadi kaya?

Atau bahkan tanya pada diri Anda sendiri, kenapa cari rezeki  kok susah?

Bisa jadi hal yang dianggap sepele ini adalah penyebabnya!

Secara akal, Negri ini sungguh begitu luas adanya.

Dari segi kekayaan alam, Indonesia punya segala-galanya, sepanjang mata memandang ijo royoroyo, menghampar pohon yang rindang, kayu yang kuat, dan sayur mayurnya.

Dibawah Negri ini juga tersimpan begitu banyak minyak bumi, gas, batubara, nikel, perak, tembaga, alumunium, timah, besi, emas dan intan.

Diatas bumi yang kita pijak, juga ada minyak kelapa, minyak sawit, minyak jagung, dan minyak kedelai dan lain sebagainya.

Indonesia juga memiliki beraneka ragam hewan-hewan yang bisa dimakan. Bahkan selain hewan darat, negri kita juga dikelilingi lautan penuh ikan, kerang, kepiting, rumput laut dan lain sebagainya.

Tapi kenapa negri ini susah untuk menjadi kaya? Susah untuk hidup makmur?

Mungkin salah satu jawabannya adalah ketika adzan berkumandang.

Lihatlah...

Dimana petani ketika adzan berkumandang?

Dimana pedagang ketika adzan berkumandang?

Dimana pejabat Negri ini ketika adzan berkumandang?

Seharusnya negri ini sudah makmur jika melihat apa yang diberikan Allah dengan semua sumber daya alamnya.

Tapi karena negri ini tidak ada keberkahan, walaupun gemah ripah, alamnya kaya raya, ijo royoroyo penduduknya tetap miskin dan berhutang.

Jangan sampai Negri kita tercinta semakin terpuruk dan terkutuk karena meninggalkan perintah Allah swt, tuhan semesta alam yang menciptakan lagi dan bumi beserta segala kenikmatan didalamnya.

Allah SWT berfirman;

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

"Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa", QS. Thaahaa : 132)

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya." ( QS .Al  A,raf ayat 96)

Baca Juga:
Mari kita lihat lagi...

Apakah masjid-masjid di negri ini sudah makmur?Apakah rakyat-rakyatnya makmur?

Ingatlah saudaraku, janji Allah itu pasti.

Oleh karena itu, mulai saat ini, mulai diri kita sendiri. Jangan cuma bisa mengeluh hidup ini susah, cari rezeki susah, tapi sholat saja ditinggalkan bahkan tidak pernah.

Niatkan bersama-sama ajak seluruh keluarga, jaga Sholat 5 waktu tepat pada waktunya dan berjamaah di masjid.

Mungkin Anda juga berfikir, semua adalah salah yang mengatur negara. Namun perubahan tak akan pernah bisa terjadi jika tidak dimulai dari diri kita sendiri.

Ambil hikmahnya, dan tinggalkan keburukannya. Demikian, Wallahu A'lam!
Top