Cara Membersihkan Kaca Mata yang Benar, Agar Tak Merusak Lensa

Komentar

Cara merawat via futureloka.com

Asal mengusap saja meski dengan kain halus bisa merusak lensa kata mata. Biasanya memang optik sudah menginstruksikan, tapi tak semua optik baik.

Mungkin biar beli lensa lagi hehehe.

Bagaimana membersihkan kacamata? Cara Membersihkan Kacamata. Membersihkan kacamata adalah hal yang mudah. Berikut ini beberapa cara membersihkan kaca mata yang bisa digunakan untuk membuat kacamata Anda menjadi lebih bersih.

Penampilan menarik berkacamata harus disertai dengan pengertian perawatan kacamata. Kacamata bisa dibersihkan sendiri di rumah, lho. Mari ikuti langkah-langkah cara membersihkan lensa kacamata yang paling benar dan aman.

Siapa pencipta kacamata? Pada tahun 1784, Benjamin Franklin, seorang ilmuwan Amerika, berhasil menemukan kacamata bifokal yaitu kacamata yang dapat dipergunakan untuk melihat baik untuk jarak jauh maupun jarak dekat.

Apa saja kegunaan kacamata? Bagaimana kacamata bekerja? Berapa lama kacamata harus diganti? Dibawah ini merupakan penjelasan lengkap mengenai kaca mata.


Membersihkan kaca mata via optitunggal.com

Cara Membersihkan Kaca Mata

Di pasaran beredar banyak produk pembersih lensa kacamata, berupa semprotan dan tisu basah khusus yang mengklaim kemampuan menghilangkan sebum secara sempurna. Namun, para ahli optometri merekomendasikan cara yang paling sederhana, yaitu air dan sabun cuci piring cair ber-pH (mendekati) netral.

Produk semacam ini biasanya ditandai dengan label “lembut di tangan”, seperti Sunlight Clean & Soft. Kain mikrofiber khusus kacamata merupakan pilihan terbaik untuk membersihkan kacamata. Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Basuh kacamata di bawah aliran air suam-suam kuku untuk menghilangkan partikel-partikel debu pada permukaannya. Langkah ini perlu Anda lakukan agar partikel debu tidak menggores lensa ketika dilap kemudian.
  2. Teteskan sedikit larutan sabun cuci piring cair pada lensa untuk melenyapkan sebum dan kelembapan.
  3. Ratakan sabun hingga berbuih di seluruh permukaan kacamata memaki jari-jari Anda, lalu bilas.
  4. Gunakan kain mikrofiber bersih untuk mengeringkan kacamata. Posisikan ibu jari dan telunjuk mengapit lensa berlapis kain mikrofiber untuk membersihkan kedua sisinya. Hindari menggosoknya secara kasar.
  5. Anda bisa melanjutkannya dengan cairan pembersih kacamata, namun langkah ini bersifat opsional.

Langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan secara rutin setiap hari tanpa melewatkan bagian selain lensa kacamata, yaitu gagang dan bingkainya.

Lensa berbahan plastik yang mulai menggeser dominasi lensa berbahan kaca pun bisa dicuci dengan cara di atas. Karena lebih lunak, lensa jenis ini pun lebih mudah tergores, jadi berhati-hatilah ketika membersihkannya. Apa pun jenis lensa Anda, kotak kacamata merupakan tempat penyimpanan terbaik. Jika Anda meletakkannya di tempat terbuka, pastikan lensanya selalu menghadap ke atas.

Kegunaan Kaca Mata

Kacamata sangat berarti sekali manfaat dan kegunaannya bagi mereka yang membutuhkannya, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat mata min atau buat orangtua yang matanya sudah plus. Kacamata sangat membantu sekali untuk penglihatan.  Selain itu kacamata juga bisa di jadikan tren masa kini.

Kacamata adalah alat yang dapat membantu seseorang untuk dapat membaca dan  melihat, selain itu kacamata juga memiliki fungsi yaitu menghindari kontak mata langsung dari paparan sinar matahari, dan debu saat berkendara.


Manfaat kaca mata via emm-a-man.com

Cara Kerja Kaca Mata

Kacamata minus berfungsi untuk membantu penghilatan bagi penderita yang mengalami rabun jauh atau minus. Pengertian dari minus atau rabun jauh adalah jatuhnya cahaya atau bayangan objek jauh di depan retina, jadi penderita melihat objek menjadi kabur dan tidak jelas. Oleh karena itu membutuhkan kacamata minus.

Cara kerja kacamata minus yaitu mengatur cahaya sehingga cahaya masuk ke mata dan cahaya tersebut jatuh di ditempat yang tepat diretina.

Ada beberapa tips untuk membantu memperbaiki pengelihatan Anda selain menggunakan kacamata minus :
- dengan prosedur lasik. Dilakukan oleh dokter spesialis mata
- Makan yang mengandung vitamin A
- Istirahatkan mata secara rutin, jangan terlalu sering terpapar dengan gadjet ataupun laptop
-Hindari rokok

Tahu tidak bahwa kaca mata juga punya kadaluarsanya, Artinya, Anda memang harus mengganti kacamatamu secara berkala, atau ketika ada beberapa tanda muncul. Dilansir dari All About Vision, salah satu tanda Anda sudah harus ganti kacamata adalah ketika Anda tak lagi bisa melihat atau membaca tulisan dalam jarak tertentu.

Misalnya, pada saat Anda baru membeli kacamata tersebut, Anda masih bisa membaca tulisan berjarak 2 meter. Namun sekarang, dengan tilisan, jenis, dan ukuran, serta jarak yang sama Anda sudah tak bisa lagi membacanya dengan jelas.

Nah, itulah cara membersihkan kaca mata dengan benar, selain itu kita juga bisa mengetahui kapan kita bisa mengganti kaca mata kita. Ada juga kegunaannya untuk mata kita, banyak juga bukan kegunaan kaca mata ini, selain untu mata minus, dan trend kaca mata juga bisa melindungi mata dari debu. Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Top