Jika Ingin Rezeki Melimpah Ketahui 6 Jalan Ini Seperti yang Dijelaskan di Al Quran

Komentar

Sumber gamabr shazam.com

Tidak hanya satu atau dua jalan saja untuk menjemput rezeki Allah.

Setidaknya ketahuilah 6 jalan yang allah gambarkan didalam Al-Qur'an.


Kebanyakan orang atau bahkan kita sendiri untuk ukuran sebuah rizki itu bila memiliki kekayaan yang melimpah dengan banyak uang dan hidup mewah dari hasil jerih payah bekerja.

Sekarang ini terlihat jelas bahwa pemikiran Rezeki dari Allah mengalami pergeseran arti sehingga banyak orang tidak memahami makna Rezeki yang sebenarnya.

Hilangnya makna pemikiran tersebut, kemudian berkembang dalam benak kita sebagai umat islam bahwasanya Rezeki itu.

Rezeki itu materi yang bisa dihitung dan diukut dengan akal logika kita, Sehingga ketika jumlahnya berkurang dan jumlah pembaginya bertambah, maka rezekinya akan berkurang.

Jika kita mau menelaah dan berfikiran secara luas mengenai Rezeki maka kita akan menemukan jalannya seperti apa yang diterangkan didalam Al-Quran.

Diantaranya adalah Rezeki yang Allah berikan untuk hamba-hambanya sebagai berikut:

1. Rezeki yang Sudah Allah Jamin

(Tidak asa satu mahluk melatapun yang bergerak diatas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya)(Q.S.11.6)

Berikut perumpamaannya: Ada seekor cicak yang menunggu mangsanya sebuah nyamuk yang terbang dan memiliki sayap, bagaimana bisa seekor cicak yang tidak bersayap bisa memangsa nyamuk yang memiliki sayap.

Baca juga: Memiliki Anak Perempuan Bisa Menjadi Tameng di Hari Kiamat, Tapi Bagaimana Ilmu Agamanya ?

2. Rezeki Karena Usaha Keras Kita

(Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya) (Q.S.53:39)

Berikut Perumpamaannya : Karena seseorang yang gigih dan giat berusaha untuk mencari nafkah yang halal maka kini si fulan yang tadinya hidup pas-pasan menjadi fulan yang sejahtera.

3. Rezeki Karena Banyak Bersyukur

(Sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya aku akan menambah (Nikmat) kepadamu) (Q.S.14:7)

Berikut perumpamaannya: Mendapat rezeki melimpah lantas bersyukur dengan bersedekah kepada anak yatim dan mensyukuri nikmat allah yang diberikan dengan berbagi.

4. Rezeki yang Datangnya Tidak Diduga

(Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberikannya rezeki dari agar yang tidak disangka-sangkanya.)(Q.S At Thalaq :2)

Berikut perumpamaannya: karena ketaqwaannya seseorang yang senantiasa taat kepada Allah dan menjauhi segala larangannya Allah berikan nikmat yang sebelumnya tidak pernah ia usahakan.

5. Rezeki Karena Menikah

(Dan nikahlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka masih miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya)(Q.S An-Nur: 32)

Berikut perumpamaanya: Sahabat nabi Abdurrahman bin Auf hanya seorang penjual tali, namun setelah menikah beliau menjadi pengusaha besar pemilik pasar Madinah.

6. Rezeki Karena Anak

(Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin, Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu) (Q.S Al-Isra 31)

Berikut perumpamaannya: Memiliki anak adalah sebuah karunia Allah dengan mendidik anak yang sholeh dan solihah bisa menjadi pembuka pintu rezeki bagi orangtuanya karena mustajabnya doa anak.


Begitulah seharusnya kita memaknai sebuah rezeki itu seperti yang digambarkan didalam Al-Qur'an tanpa terpaku pada materi, maksimalkan ikhtiar disertai dengan doa dan istiqomah dalam melaksanakan kewajiban dan selalu mensyukuri atas apa yang kita dapatkan.

Semoga bermanfaat dan semakin yakin tidak ada lagi keraguan sedikitpun kepada Allah SWT tidak ada lagi rasa isi dan dengki kepada oranglain hanya karena perbedaan rezeki.
Top