Beda Dari yang Biasa, Jahe Merah Terbukti Lebih Manjur Sembuhkan Penyakit TBC Akut

Komentar

jahe merah via manjadda.com

Siapa sih yang memungkiri kalau jahe itu memang banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Dan jahe ini ada yang biasa, ada yang merah. Yang merah ini katanya punya khasiat khusus lho, salah satunya seperti obat TBC yang manjur.

Siapa sih yang tidak mengenal jenis tanaman satu ini, yaitu salah satu tumbuhan yang berupa rimpang yang memang tumbuh subur di dalam tanah. Ada banyak sekali jenis jahe, salah satunya jahe merah. Manfaat jahe merah ini sendiri sangatlah berlimpah, terutama untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kaum hawa.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan membahas materi mengenai jahe merah mulai dari jahe merah klasifikasi, manfaat jahe merah untuk kesehatan. Sampai efek samping jahe merah. Himak terus yaa!

Jahe Merah Klasifikasi

Berikut ini merupakah jahe merah klasifikasi nya.

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae
Genus: Zingiber
Spesies: Zingiber officinale var. rubrum

Nah itulah jahe merah klasifikasi nya. Selanjuutnya kita akan membahas apa manfaat tanaman obat jahe merah ini? Apa jahe merah khasiat bagi tubuh ? Berikut ulasannya.

Baca Juga : Selain Bisa Mengobati Mimisan, Ternyata Daun Sirih Punya Banyak Manfaat Lain

5 manfaat jahe merah

manfaat jahe merah via junipedia.com

Di bawah ini ada beberapa jenis manfaat yang dimiliki oleh jahe merah, yaitu sebagia berikut:

1. Mengatasi rematik
Jahe merah memiliki kandungan yang memang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit juga mengatasi bengkak pada bagian kaki. Jenis penyakit rematik atau disebut juga dengan encok ternyata bisa Anda atasi dengan jahe merah. Bahkan cara untuk menggunakannya pun sangatlah mudah, yaitu dengan Anda cukup merebus rimpang jahe merah yang di campurkan dengan temulawak, kumis kucing, cabe jawa, serta daun komfrey, setelah itu air rebusan jahe merah yang telah di campurkan dengan beberapa ramuan tersebut di minum sebanyak dua kali dalam satu hari.

2. Menyembuhkan batuk
Jahe merah ternyata juga bermanfaat untuk meredakan bahkan mengatasi batuk. Selain untuk mengatasi batuk, bahkan jahe merah ini juga dipercaya mampu mengatasi radang tenggorokan. Sifat hangat yang dimiliki oleh jahe merah inilah yang memang bisa membantu Anda untuk mengatasi batuk juga radang tenggorokan.

3. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Jahe merah juga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk membuang sejumlah racun yang ada di dalam tubuh, salah satunya yaitu jenis kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Dengan mengkonsumsi jahe merah ini, maka peredaran darah Anda bisa lancar dan secara tidak langsung kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda akan hancur dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia.

4. Meredakan sakit kepala
Untuk meredakan sakit kepala, Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan jahe merah. Caranya mudah, Anda seduh jahe merah dengan menggunakan air hangat, setelah itu hisap aroma yang dikeluarkan oleh jahe merah yang telah Anda potong-potong sebelumnya.

5. Membantu diet
Jahe merah juga sangat ampuh untuk membantu program diet Anda. Dan Anda bisa memperoleh manfaat jahe merah ini yaitu dengan cara meminum air jahe merah secara rutin. Jahe merah juga bisa membantu Anda membakar sejumlah lemak yang ada di bagian perut dan bis amengurangi nafsu makan Anda, sehingga program diet Anda bisa sukses.

Itulah jahe merah khasiat uyang baik untuk tubuh. Tidak hanya 5 manfaat jahe merah diatas, jahe merah juga memeiliki manfaat yang masih banyak lho! Apakah jahe merah bisa mengobati asam lambung ? Berikut ulasannya

Apakah jahe merah bisa mengobati asam lambung ?

Sebagian orang di india dan china menjadikan jahe ini menjadi salah satu tanaman tradisional yang dapat mengobati berbagai penyakit, seperti diare, sakit perut, mual, muntah, dispepsida, dan mencegah terbentuknya ulkus dalam lambung. Dengan begitu, memang benar bahwa jahe ini dapat mengobati penyakit Asam lambung Anda.
  • Ada cara mengolah jahe menjadi ramuan tradisional mengobati asam lambung, diantaranya :
  • Siapkan teh jahe satu kantong saja ke dalam cangkir
  • Rebus teh dalam cangkir tersebut dengan air mendidih
  • Diamkan selama 15 menit
  • Buang kantong teh jahe tersebut lalu tambahkan gula secukupnya dan aduk
  • Atau bisa juga dengan menambahkan tambahan lain seperti daun mint atau potongan es batu.

Tapi sayang, dari cara di atas tidak ada yang mampu mengobati secara tuntas. Namun hanya dapat menghilangkan rasa sakitnya saja lalu akan terasa kembali. Terlebih lagi jika Anda merasa tidak yakin dengan cara pengolahannya tersebut, sebaiknya jangan gunakan. Ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter dahulu.

Setelah mengetahui apakah jahe merah bisa mengobati asam lambung yuk lanjut membahas apakah jahe merah bisa mengobati tbc atau tidak. Simak yaa!

Apakah jahe merah bisa mengobati tbc ?

jahe merah untuk tbc via bukalapak.com

Manfaat jahe merah untuk TBC juga tak kalah dgn ragam herbal yang lain. Tanaman herbal ini dikenal mampu menolong menyembuhkan penyakit TBC. Selain juga sebagai pencahar, antirematik & pereda masuk angin, jahe merah serta bermanfaat buat mengatasi radang tenggorokan (bronkitis), meredakan asma.

Walau jahe merah tak mempunyai kandungan zat yg bersifat bronko splasmolitika (zat pelega saluran napas), tapi resiko antihistamin terhadap jahe yg menyebabkan asma mereda. Pemanfaatan jahe merah sebagai obat ajuvan (obat pendukung) buat pengobatan TBC, dapat dilakukan dgn cuma memakai jahe merah saja, serta bisa juga menambahkan herbal lain.

pertanyaan apakah jahe merah bisa mengobati tbc atau tidak sudah terjawab yaa. Ternyata tbc bisa sembuh dengan adanya jahe ini. Selanjutnya kita akan membahas ahe merah efek samping ynag berbahaya bagi tubuh. Ikuti terus.

Baca Juga : Disangka Kacang Kedelai Penumbuh Jerawat, Ini Jawaban Para Medis

Jahe merah efek samping

Meski jahe menyimpan banyak manfaat, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal. Konsumsi jahe pada penderita kelainan darah yang mengonsumsi obat warfarin perlu hati-hati. Pasalnya, jahe dapat meningkatkan risiko memar, dan perdarahan akibat adanya interaksi antara jahe dan obat pengencer darah.

Selain itu, penderita penyakit gula (diabetes melitus) juga perlu cermat dalam mengonsumsi wedang jahe. Pasalnya, jahe dapat meningkatkan efek dari obat penurun gula darah, sehingga kadar gula darah bisa saja turun secara drastis.

Konsumsi jahe yang dianjurkan adalah tidak lebih dari dua gram per hari. Jika lebih dari itu, maka ada kemungkinan efek samping. Beberapa kemungkinan efek sampingnya seperti nyeri ulu hati, rasa panas di dada akibat asam lambung naik, serta buang air besar cair (diare). Sebagai patokan, konsumsi wedang jahe yang aman adalah satu cangkir tiap harinya.

Wedang jahe memang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Meski demikian, Anda tidak boleh mengonsumsinya melebihi dosis yang dianjurkan, karena segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Hii ngeri juga ya jahe merah efek samping tersebut. Selanjutnya buat kamu yang ingin mengolah jare, perlu mengetahui ciri jahe merah yang bagus itu seperti apa. Berikut akan kami jelaskan ciri jahe merah yang bagus itu seperti apa.

Jahe merah yang bagus 

Berikut ini ciri tanaman jahe merah yang bagus :

  • Tanaman jahe merah memiliki batang semu, dan biasanya ketinggiannya mencapai 30 cm bahkan ada yang mencapai 1 m.
  • Daun tanaman jahe merah sempit dengan panjang 15-23 mm. Tangkai daun jahe merah berbulu dan memiliki panjang 2-4 mm.
  • Tanaman ini juga memiliki bunga. Batang bunga akan tersembul keluar dari dalam tanah bukan dari batang daun. Berbetuk tongat, gagang bunga tidak berbulu, bunganya berwarna merah dan dilindungi oleh daun yang berwarna hijau.
  • Tanaman ini hanya dapat tumbuh pada tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung nutrisi.
  • Jahe merah dapat tumbuh pada daerah subtropis dan tropis. Di Indonesia tanaman ini dapat tumbuh di mana saja. Bahkan Anda dapat menanam tanaman ini di dalam kantung polybag atau bahkan karung.
  • Jika jahe merah siap panen atau sekitar 9-12 bulan, maka daun akan berwarna kuning dan batang mulai mengering.

Demikianlah artikel tenatng jahe merah. Semoga bermanfaat.
Top