InsyaAllah Bermanfaat, Inilah Bacaan Ruqyah Baginda Nabi Saw Menurut Syekh Yusri

Komentar

Gambar ilustrasi: ruqyahjombang.blogspot.co.id

Ruqyah adalah merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba untuk menghilangkan sakit, seperti halnya berobat kepada seorang dokter.

Hal ini merupakan bentuk ta’abudi (penghambaan diri) seorang mukmin, dimana dalam hatinya tertanam keyakinan bahwa Allah lah Dzat yang As Syafi (memberikan kesembuhan).

Berikut adalah bacaan ruqyah Rasulullah Saw menurut Syekh Yusri!

Syekh Yusri hadidzahullah Ta’ala wa ra’ah pada pengajian shahih Bukharinya menjelaskan bahwa Baginda Nabi Saw mengajarkan ruqyah kepada umatnya.

Menurut Syekh Yusri, Allah SWT kuasa memberikan kesembuhan meski dengan sebab yang sangat kecil sekalipun.

Hal ini menjadikan orang yang sakit tidak boleh merasa putus asa untuk berikhtiar mengharap kesembuhan dari Allah Ta’ala.

Bagi yang fakir misalnya, tidak memiliki biaya untuk berobat kepada dokter oleh sebab biayanya yang mahal masih bisa menggunakan opsi lain.

Banyak cara ikhtiar bagi manusia agar Allah menjadikan sebab dari kesembuhan padanya, seperti ruqyah, bersedekah sesuai dengan kemampuannya, berdo’a, dan lain sebagainya, seperti dikutip dari aktual.com.

Bacaan Ruqyah yang diajarkan Rasulullah Saw.

Imam Bukhari Ra meriwayatkan, bahwa suatu hari Tsabit Al bunani mengadu kepada guru yang juga merupakan mertuanya, yaitu sahabat Anas bin Malik Ra, bahwa dirinya sakit.

Lalu Anas pun berkata: ” kemarilah, biar saya ruqyah kamu dengan ruqyah yang telah diajarkan Baginda Rasulullah Saw”, lalu dirinya membacakan kepadanya.

Sayiduna Anas Ra membaca:

” اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا”

Artinya “Ya Allah Wahai Tuhan manusia, Dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah wahai Allah, Engkau adalah Dzat yang Maha Memberikan kesehatan, tidak ada yang mampu memberikan kesehatan kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tidak pernah meninggalkan rasa sakit”(HR. Bukhari).

Baca Juga:

Diantara ruqyah Baginda Nabi Saw, adalah ruqyah yang telah diriwayatkan oleh Sayidah Aisyah RA, yaitu:

” بِسْمِ اللَّهِ تُرْبَةُ أَرْضِنَا بِرِيقَةِ بَعْضِنَا يُشْفَى سَقِيمُنَا بِإِذْنِ رَبِّنَا”

Artinya: ” Dengan menyebut nama Allah, tanah dari bumi kita, dengan ludah dari kita, yang sakit disembuhkan atas izin Tuhan kami “(HR. Bukhari).

Menutur Syekh Yusri, ruqyah ini dibacakan oleh baginda untuk orang sakit yang datang kepadanya.

Ruqyah juga bisa dengan menggunakan ayat kursi, surat Alfatihah, juga dengan surat Alfalaq dan surat Annas, dengan meniupkan ke tangan lalu diusapkan keseluruh tubuh”, pungkas Syekh Yusri.

Demikianlah bacaan ruqyah yang diajarkan Rasulullah, semoga menjadi manfaat bagi kita semua, kususnya orang yang sedang dalam keadaan sakit dan lain sebagainya.

Wallahu A’lam.
Top