Bukan Sekedar Kisah, Fakta Ikan Paus yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup?

Komentar
ikan paus via id.chemistri.blogspot.com

Hingga kini masih ditanyakan, apakah ikan paus yang menelan nabi Yunus masih hidup sampai sekarang? Banyak yang penasaran seberapa besar ikan paus ini dan bagaimana bentuk ikan paus zaman purba ini.

Paus adalah salah satu hewan mamalia yang hidup di dalam air, tidak seperti kebanyakan mamalia yang hidup di darat. Semua hewan melakukan perkembangbiakan, termasuk juga dengan ikan paus. Jadi bagaimanakan cara paus melakukan reproduksi atau berkembang biak ?

Bagaimana ikan paus berkembang biak ?

Telah dikatakan bahwa ikan paus adalah hewan mamalia, ia juga berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) sama dengan kebanyakan mamalia lainnya. Perkembangbiakan secara seksual terjadi antara paus jantan dan betina dan paus betina akan hamil lalu melahirkan anak.

Perkembangbiakan paus tidak seperti perkembangbiakan hiu diamana hiu bertelur karena ia adalah salah satu ikan (pisces), namun paus memiliki cara berkembang biak yang sama dengan lumba-lumba.

sudah tahu kan bagaimana ikan paus berkembang biak dengan apa. Banyak sekali kasus ddan temuan tentang paus terdampar. Apa penyebab ikan paus terdampar tersebut ya ? Simak  berikut ini.

Apa penyebab ikan paus terdampar ?

ikan paus terdampar via medantoday.com

Spesies paus yang paling sering terdampar adalah mereka yang hidup di laut dalam, dan di lokasi yang sama, sehingga alam lebih berperan sebagai penyebab dibandingkan manusia. Paus kerap terdampar di area yang sangat dangkal, dengan lantai laut yang melandai perlahan dan sering kali berpasir.

Dengan situasi seperti itu, tidak heran jika hewan-hewan ini, yang terbiasa berenang di laut dalam, bisa kesulitan dan bahkan kembali terdampar bila mereka berhasil mengambang lagi.

Kemampuan ekolokasi yang mereka gunakan untuk membantu navigasi juga tidak berfungsi baik di lingkungan yang demikian. Jadi cukup mungkin bila mayoritas paus terdampar akibat kesalahan navigasi, misalnya ketika mereka memburu mangsa hingga ke daerah asing dan berbahaya.

Selain itu, terdampar secara massal tidak hanya disebabkan oleh tersesat atau kesalahan menentukan kedalaman air. Bisa saja ada satu ekor atau lebih paus yang memang sakit, dan ketika mereka makin lemah, mencari perairan yang lebih dangkal sehingga lebih mudah bernafas ke permukaan.

Namun ketika tubuh mereka beristirahat pada permukaan keras untuk waktu yang lama, rongga dada mereka akan tertekan dan organ-organ dalam mereka pun rusak.

Efek sonar
Terkadang, kegiatan manusia dapat menyebabkan paus terdampar, khususnya kegiatan militer yang melibatkan penggunaan sonar.

Banyak peneliti meyakini gelombang sonar mungkin memicu perilaku tertentu pada paus, yang mengganggu mereka dalam mengelola gas di dalam tubuh mereka. Akibatnya, kemampuan mereka menyelam dan timbul ke permukaan dengan aman pun terganggu.

Ikatan sosial
Paus yang terdampar massal bahkan belum tentu saling terkait satu sama lain. Jadi mungkin kasus terdampar beramai-ramai adalah cerminan dari betapa kuatnya ikatan sosial di antara paus.

Itulah apa penyebab ikan paus terdampar di daratan. Paus memiliki fungsi banyak bagi kehidupan. Ada beberapa orang yang mendadak kaya karena muntahan ikan paus. Untuk apa muntahan ikan paus tersebut ? Inilah penjelasannya.

Muntahan paus atau ambergris pada umumnya terdapat pada parfum pria. Terdengar agak aneh yah, apa kaitannya antara muntahan ikan paus dan parfum? Faktanya, ada beberapa parfum yang mempunyai aroma yang kandungannya berasal dari muntahan ikan paus loh! Tepatnya jenis Ikan Paus Sperma / Sperm Whale (physeter macrocephalus).

Ambergris telah menjadi bahan populer parfum sejak zaman kuno, karena memiliki kualitas fiksatif yang sangat baik (dapat digunakan untuk menstabilkan komponen yang lebih volatile atau halus). Bangsa Mesir Kuno, Romawi, Yunani dan Arab menggunakannya dalam wewangian. Di masakan Asia, Ambergris digunakan sebagai bumbu.

Orang Turki membawanya sebagai persembahan kepada Allah ketika mereka berziarah ke Mekah. Di abad ke-10, Ibnu Haukal, seorang pedagang Arab, mempercayai Ambergris sebagai barang berharga setara dengan emas, dan juga dipercaya akan khasiatnya sebagai Aphrodisiac (peningkat gairah seksual).

Itulah fungsi untuk apa muntahan ikan paus yang menjadikan penemunya kaya. Tahu nggak kalau ikan paus ini ada penjelasannya dalam al quran. Simak yuk!

Ikan paus dalam quran

ikan paus dalam quran via agama-teknologi.blogspot.com

Cerita Nabi Yunus 'alaihissalam ditelan ikan paus dikisahkan oleh Allah pada surat Ash Shaffat ayat 139-145. Memanglah, dalam terjemahan Al Qur'an tak dijelaskan nama 'ikan paus' tetapi 'ikan besar' saja. Tetapi dalam hadits shahih Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan type ikan itu, yakni ikan Nun (paus).

Paus biru adalah type ikan paus paling besar, panjangnya dapat meraih kian lebih 30 mtr.. Mulai sejak manusia belum mengetahui sound sistem atau pengeras nada, nada paus ini lebih keras dari nada mesin pesawat jet, yakni 118 desibel. Nada mereka dapat terdengar, walau jaraknya kian lebih 8. 000 km. Belum ada riset memuaskan mengenai pita nada paus biru. Serta uniknya, lidah mereka begitu berat, lebih berat dari pada seekor gajah. Masya Allah.

Disamping itu, sirip ikan paus bukan sekedar disukai manusia untuk dikonsumsi. Tetapi, sirip paus yang ber berpunggung bungkuk begitu efektif dalam mendorong paus untuk bergerak, walau ikan ini memiliki ukuran begitu besar. Hal itu mempermudah mereka untuk berenang. Efisiensi hidrodinamik berlangsung lantaran ada tuberkulum dari sirip ikan ini. Hal tersebutlah yang mengilhami Biomechanist Frank Fish memasukkan design dalam bilah turbin angin. Akhirnya, produksi daya yang semakin banyak serta lebih sedikit nada pada kecepatan rendah.

Itulah kisah ikan paus dalam al qura yang menelan Nabi Yunus. Banyak yang bilang bahwa ikan paus ikan paus yang menelan nabi yunus masih hidup. Apakah ikan paus yang menelan nabi yunus masih hidup? Benarkan ?

Apakah ikan paus yang menelan nabi yunus masih hidup ?

ikan paus nabi yunus masih hidup sampai sekarang via kakitapau.com

Spekulasi munculnya kabar tentang ikan tersebut masih hidup adalah Surat Ash Shaaffaat ayat :145. Allah menerangkan jika saat itu Nabi Yunus tidak bertaubat, maka Ia akan tinggal di dalam perut ikan sampai hari kiamat.

“(139). Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul, (140). (ingatlah) ketika ia lari, ke kapal yang penuh muatan, (141). Kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. (142). Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. (143). Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, (144). Niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. (145). (Q.S Ash Shaaffaat ayat 139-145).

Berdasarkan tafsir dari berbagai sumber, makna “tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit (145)”, yakni perut ikan itu akan menjadi kuburnya sampai hari berbangkit. Hal ini kemudian diasumsikan jika ikan tersebut masih hidup hingga saat ini.

Warga sosial media sedang ramai menyebarkan hal ini. Namun, tidak ada yang tahu kebenarannya secara pasti.

Itulah penjelasan Apakah ikan paus yang menelan nabi yunus masih hidup atau tidak. Wallahua'lam. Yuk kita membahas ikan paus zaman purba kala.. Seperti apa ya.

Ikan paus zaman purba

ikan paus megalodon via wowasiknya.com

Ikan paus zaman purba atau biasa dinamakan ikan paus megalodon ini hidup dizaman purba kala.

Ikan paus megalodon merupakan predator terbesar di dalam sejarah lautan, dan hiu terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Seperti namanya, hewan ini memang besar, dan menakutkan.

Bayangkan saja, rahangnya bisa mencapai 1/2 meter dan memiliki gigi berjeruji seperti gergaji dengan 2 deretan gigi di atas dan bawah. Hewan ini mampu mencapai panjang lebih dari 20 meter, lebih panjang dari sebuah bis, dan hidup di jaman Cenozoic.

Hii nyeremin yaa.

Jadi itulah artikel tentang ikan paus dari berbagai macam. Semoga bermanfaat.
Top