Hati-Hati Jadi Kafir Cuma Karena Menghujat Dandanan Orang Lain

Komentar

(Foto: © Dyan Khautsar/Facebook)

Mulutmu adalah harimaumu...

Terkait viralnya jemaah haji pulang dengan penampilan glamor, jangan sampai kita ikut-ikutan menghujat.

Karena Allah sudah memperingatkan, bahkan balasannya seperti ini dihadapan Allah SWT kelak.

Naudzunillah...

Baru-baru ini beredar viral di media sosial terkait rombongan haji asal Mamuju, Sulawesi Barat.

Diunggah oleh akun Facebook Dyan Khautsar, Rabu (19/9/2018), ibu-ibu yang baru mendarat dari Tanah Suci itu membuat kontroversi karena pakaian nyentrik mereka dan dianggap tidak pantas oleh netizen.



Dengan warna pakaian yang mencolok dan perhiasan emas, rombongan ibu-ibu mendapat banyak hujatan dari para pengguna facebook.

Netizen beranggapan, seharusnya jemaah haji pulang dengan seragam yang telah disediakan travel haji atau pakaian yang sopan dan tertutup.

Hingga saat ini unggahan tersebut menjadi viral dan mendapatkan banyak komentar miring serta sudah di share lebih dari 8 ribu kali.

Baca Juga:

Yang paling perlu Anda perhatikan adalah penyakit yang timbul akibat menghujat dandanan orang lain.

Bukan membela dandanan ibu-ibu tersebut, namun Allah jelas-jelas melarang perbuatan hassad, iri, dengki.

Tak tanggung-tanggung penyakit ini bisa menyeret seseorang pada kekafiran dan mati dalam keadaan kafir serta membawanya kedalam neraka.

Perihal mengenai penyakit hati ini disebutkan dalam firman Allah SWT berikut ini;

وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كَافِرُونَ

Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir. (QS At Taubah : 125)

Hasad, Iri dan Dengki

Ketiga jenis penyakit ini hampir sama dimana perasaan hasad atau iri adalah orang yang tidak suka jika seseorang mengalami kebahagiaan.

Sementara perilaku atau sifat dengki lebih parah lagi, ia bukan hanya tidak senang jika seseorang mendapatkan kebahagiaan, ia juga akan mendoakan agar kebahagiaan hilang dari orang tersebut dan berpindah pada dirinya.

Perihal penyakit hati ini juga disebutkan dalam hadits berikut;

Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu”. (HR. Abu Dawud).

Baca Juga:

Hal ini sungguh nyata dan banyak orang yang tidak menyadari.

Seperti halnya viralnya foto wanita di atas, banyak bermunculan coment-comen negatif bahkan mengutuk wanita tersebut. Dan itu semua merupakan "penyakit hati".

Dan bagi kita yang melihat orang yang sekiranya tidak pantas istighfarlah, jangan sampai kita menghujat atau komentar macam macam.

Karna pada akirnya jika kita menghujat orang lain kita akan terkena penyakit hati, dan balasannya sungguh mengerikan dihadapan Allah SWT kelak.

Demikian, semoga kita menjadi orang-orang yang lebih bijak dalam menyikapi segala sesuatu yang ada disekitar kita. Dan semoga Allah selalu melindungi diri kita dari segala perbuatan buruk dan tercela. Aamiin.
Top