Hati-Hati Bahaya Ujub, Bahkan Ahli Al-Qur'an pun Bisa Jadi Bahan Bakar Neraka

Komentar

Bahaya ujub, gambar dilansir dari kuncikebaikan.com
Naudzubillah...

Sering kita jumpai saat ini orang yang memiliki ilmu, memiliki pangkat, memiliki harta, memiliki paras rupawan kemudian merasa dirinya lebih baik dari orang lain.

Bahkan orang-orang tersebut lupa bawasanya apa yang mereka miliki adalah karunia Allah SWT.

Ketahuilah, inilah ujub penyakit sepele yang menghanguskan amalan kita!

Ujub dalam islam diartikan sebagai perilaku atau sifat mengagumi diri sendiri dan senantiasa membanggakan dirinya sendiri namun lupa itu semua karunia Allah.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:

Agama ini akan meraih kemenangan hingga menyeberangi lautan dan sampai lautan itu diselami dengan kuda di jalan Allah, kemudian akan datang beberapa kaum yang suka membaca al-Qur’an, lalu ketika mereka telah membacanya maka mereka mengatakan, “Kami telah membaca al-Qur’an, maka siapakah yang lebih hebat bacaannya dibandingkan dengan kami, siapakah yang lebih berilmu dibandingkan dengan kami?”

Lalu beliau menoleh ke arah para shahabatnya kemudian bersabda:

Apakah kalian menilai ada sedikit saja kebaikan pada orang-orang itu?

Para shahabat menjawab, “Tidak.

Maka beliau bersabda:

Mereka itu berasal dari kalian, mereka itu berasal dari umat ini, dan mereka itu adalah bahan bakar neraka.” (Silsilah ash-Shahihah, no. 3230

Sifat ujub yang termasuk dalam sifat tercela bisa mendatangkan mudharat dan keburukan bagi yang memilikinya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Luqman ayat 18 berikut ini

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (Qs Luqman :18)

Baca Juga:

Bahaya Ujub sebagaimana disebutkan dalam banyak hadist.

Ujub mendatangkan murka Allah SWT

Rasulullah bersabda, “Seseorang yang menyesali dosanya, maka ia menanti rahmat Allah. Sedang seseorang yang merasa ‘ujub, maka ia menanti murka Allah.” (HR. Baihaqi)

Ujub penghalang masuk surga

Rasulullah bersabda, ”Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat perasaan sombong meskipun hanya sebesar biji sawi. (HR. Nasa’i)

Ujub membawa kebinasaan

Rasulullah Saw bersabda;

ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ : شُحٌّ مُطَاعٌ وَهَوًى مُتَّبَعٌ وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ

“Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan: (1) tamak lagi kikir, (2) mengikuti hawa nafsu (yang selalu mengajak pada kejelekan), dan ujub (takjub pada diri sendiri).” (H.R. Abdur Razaq, hadist hasan)

Oleh karena itu, hidarilah perbuatan ujub. Perbuatan yang sering dianggap sepele namun membawa kedalam jurang kenistaan.

Demikian, Wallahu A'lam.
Top