Benarkah Orang Golongan Darah O Cepat Meninggal? Ini Kata Para Ahli Medis

Komentar

golongan darah o via surabayaonline.co

Golongan darah O merupakan golongan yang unik, tak dapat menerima golongan darah lain, serta punya kelebihan tertentu. 

Tapi apa benar dibalik kelebihannya itu orang yang punya golongan darah O cepat meninggal, menurut medis?

Berikut fakta-fakta tentang orang yang bergolongan darah O!

Pada dasarnya, sebenarnya golongan darah O sama saja dengan golongan darah lain, yaitu darah yang terdiri atas sel darah dan plasma darah. Sel darah sendiri terbagi tiga, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan trombosit. Namun, memang golongan darah yang satu ini punya beberapa keunikan yang tidak dimiliki golongan darah lainnya. Sebetulnya apa arti golongan darah o itu?

Apa arti golongan darah o ?

Berikut ini merupakan arti golongan darah o menurut dokter yang memiliki bnayak keistimewaan.

Golongan darah O merupakan golongan darah yang dimiliki oleh sebagian besar manusia di bumi. Golongan darah yang dinyatakan dengan O adalah tipe darah yang tidak memiliki antigen A maupun B pada sel darah merahnya. Golongan darah O biasa disebut – sebut sebagai pendonor universal yang dapat mendonorkan darahnya untuk golongan darah tipe lainnya.

Namun golongan darah O ini hanya bisa menerima darah dari sesama golongannya, yakni golongan darah O pula. Uniknya dari golongan darah O adalah jenis darah primer yang diturunkan oleh nenek moyang sebelum adanya golongan darah tipe lain. Perbedaan tipe golongan darah ini dianggap sebagai peristiwa evolusi manusia.

Sudah tahu kan apa arti golongan darah o menurut dokter yang unik ini. Selanjutnya kita akan membahas fakta golongan darah o dalam kesehatan tubuh. Seperti apa tiu? Yuk simak yuk.

Baca Juga:

Fakta golongan darah o dalam kesehatan

fakta golongan darah o via zenius.net

Inilah lima fakta golongan darah O dalam kesehatan yang penting diketahui :

Fakta 1: Donor universal
Salah satu fakta golongan darah O adalah sebagai donor universal. Artinya, orang dengan golongan darah O dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah, seperti A, B, AB, dan O. Sementara, orang dengan golongan darah O hanya dapat menerima transfusi darah dari sesama golongan darah O.

Fakta 2: Tidak memiliki antigen
Antigen adalah molekul protein yang terdapat di sel darah merah. Berbeda dengan golongan darah A, B, dan AB, golongan darah O tidak memiliki antigen. Antigen adalah sebuah zat yang dianggap berbahaya oleh tubuh, sehingga memicu antibodi untuk melawan.

Fakta 3: Memengaruhi kesuburan wanita
Fakta golongan darah O lainnya adalah, golongan darah ini dapat memengaruhi kesuburan, terutama bagi wanita. Terlepas dari faktor lain yang memengaruhinya, penelitian pun menemukan bahwa golongan darah O berisiko mengalami peluang kehamilan yang lebih rendah.

Fakta 4: Ada bahan makanan khusus untuk diet
Bila golongan darah Anda O, makanan yang dapat dikonsumsi untuk menunjang diet Anda adalah makanan-makanan yang kaya akan protein. Misalnya, ikan, unggas, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu.

Fakta 5: Ada pilihan olahraga yang tepat
Pola diet sesuai dengan golongan darah tadi, juga merekomendasikan untuk orang-orang dengan golongan darah O lebih cocok melakukan olahraga yang menggunakan kekuatan. Misalnya, berlari, jogging, bersepeda atau olahraga sejenis lainnya yang bersifat aerobik.

Itulah lima fakta golongan darah O dalam kesehatan yang penting untuk diketahui. Selanjutnya kita akan membahas mengapa golongan darah o tidak bisa menerima golongan darah lain ? Simak ya!

Baca Juga:

Mengapa golongan darah o tidak bisa menerima golongan darah lain ?

Sedangkan untuk orang golongan darah O adalah satu-satunya golongan darah yang memiliki sel darah tanpa antigen. Hal ini merupakan kelebihan golongan darah O karena mereka bisa mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO. Berbeda dengan golongan darah AB, golongan darah O memproduksi antibodi antigen A dan B.

Walaupun golongan darah O ini disebut sebagai donor universal, tipe golongan darah ini tidak bisa menerima donor darah dari tipe golongan darah lainnya selain golongan darah O itu sendiri.

Saat melakukan transfusi darah, kita hanya menggunakan RBC dari pendonor. Darah ini mengandung antibodi yang berbeda untuk setiap golongan darah. Bukannya O bisa mendonorkan darahnya kepada semua golongan darah. Seperti yang telah disebutkan di atas, kelebihan golongan darah O adalah tidak memiliki antigen A dan B, jadi darah ini tidak akan menggumpal jika bertemu dengan golongan A atau B.

Nah, apabila kita mentranfusi darah A atau B ke O, ini akan mengakibatkan penggumpalan darah. Walaupun darah O tidak menyebabkan penggumpalan. Namun hal ini juga masih menjadi perdebatan karena tidak setiap golongan darah O bisa didonorkan kepada golongan darah lainnya.

Itulah alasan dari mengapa  golongan darah o tidak bisa menerima golongan darah lain. Waww selanjutnya kita akan membahas apa kelebihan golongan darah o itu. Simak ya.

Apa kelebihan golongan darah o ?

kelebihan golongan darah o via vidio.com

Kelebihan orang golongan darah O itu banyak sekali. Simak berikut ini ya!

1. Jika anda memiliki Orangtua yang memiliki golongan darah O, tidak perlu dimasukkan hati ketika beliau marah. Itu hanya luapan sesaat aja kok, setelah itu mereka pasti nyesel.

2. Prinsip Orang yang bergolongan darah O dalam melakukan suatu pekerjaan : “just do my best ajalah, & GOD’ll do the rest”

3. Orang yang berTipe Darah O akan menggunakan bahasa yang singkat, padat nan jelas – pas lagi ngegosipin orang lain.

4. Jika adik kamu memiliki Darah O, sebaiknya tidak diperintah – printah. Kamu cukup beritahu baik-baik & jangan lupa kata “minta tolong”. Mereka cukup responsif.

5. Terkadang filosofi golongan darah o dapat ditiru yang selalu berbaik sangka. tapi jika dengan pasangannya mereka terkadang sulit untuk berprasangka baik.

6. Senang bersosialisasi itu lalapan bagi orang yang bergolongan darah O. Mereka memang ekspresif & mudah mengatakan isi pikirannya, tapi paling jago nyimpan rahasia.

7. Jika kamu sedang bersama orang  yang bergolongan Darah O, mereka bisa membantumu menyelesaikan masalah, mereka termasuk pribadi yang terbuka terutama dengan teman. tapi untuk masalah pribadi mereka terkadang sulit untuk menyelesaikannya.

8. orang yang bergolongan darah O sangat memegang idealismenya, ingin memiliki teman baik yang banyak, dan tidak terlalu suka dengan tekanan.

9. Dalam menyelesaikan masalah, orang yang bergolongan Darah O akan menggunakan semua fakta atau pengetahuan yang dimiliki & mereka selalu belajar dari pengalaman.

10. Inilah filosofi golongan darah o : semua niat baik, tindakan baik, dan doa yang baik akan menghasilkan, hasil yang TERBAIK.

11. Untuk Urusan waktu, Tipe Darah O paling ngga bisa yang namanya menunggu. Seharusnya sambil menunggu bisa ngerjain yang lain, pikir mereka.

12. Karena kemampuan berpikirnya, orang yang memiliki Tipe Darah O sering dianggap bijak oleh teman-temannya. Meski begitu, mereka selalu ingin terlihat rendah hati.

13. Meski memiliki jiwa sosial yang tinggi, Tipe Darah O paling tidak suka dikontrol.

14. Ucapanmu kepada orang yang bergolongan Darah O mungkin bisa mempengaruhi pikirannya, asal jelas, logis dan tidak berbelit-belit.

15. Jangan ragu atas keputusan dari orang yang bergolongan Darah O, mereka memutuskan sesuatu menggunakan banyak pertimbangan yang dapat dipertanggungjawabkan.

16. Kompetitif adalah salah satu naluri pada Tipe Darah O. Tak heran jika mereka selalu siap bersaing sportif, terutama dalam hal positif.

17. Saran untuk orang yang memiliki Tipe Darah O, coba buat strategi, kerjakan semuanya lebih sistematis, tidak selamanya segala sesuatu bisa dikerjakan serabutan.

18. Hobi Tipe Darah O sebelum belajar adalah liat-liat jam dulu. “Ooh, masih jam segini… nanti ajalah…”

19. Ketika orang yang memiliki Tipe Darah O bangun tidur, ia akan berusaha mengingat-ingat harus ngapain.

20. Tipe Darah O paling semangat pas punya barang baru. Tapi lama-kelamaan suka lupa sendiri merawatnya.

21. Sebuah pujian atau sekadar basa-basi tidak akan mengubah keputusan atau pendirian yang sudah dipilih oleh orang yang bertipe Darah O.

22. Orang yang bergolongan darah O memiliki naluri yang kuat. Mereka kompeten, namun selalu ingin tampil sederhana.

23. Membuat kesal terhadap orang yang berTipe Darah O adalah suatu kesalahan fatal. Mereka mungkin mudah memaafkan, tapi itu untuk pertama & terakhir kalinya.

24. Ketika orang yang berTipe Darah O marah, mereka cenderung menumpahkan kekesalannya ke orang lain.

25. Bukan Tipe Darah O namanya kalau masih ngga PD-an. Mereka punya tingkat Percaya-Diri yang tinggi, memiliki naluri yang baik & loyal.

Itulah kelebihan orang golongan darah o yang sangat unik. Ada isu yang bilang bahwa golongan darah o itu cepat meninggal. benarkah golongan darah o cepat meninggal ? Simak berikut ini.

Benarkah golongan darah o cepat meninggal ?

Di antara empat golongan darah yang kita kenal, maka golongan darah O adalah yang paling unik.  Golongan darah O memang berbeda dari golongan darah lain, yaitu A, B, dan AB. Salah satu keunikan golongan darah ini adalah bersifat universal.

Namun bukan itu saja 'kekurangan' golongan darah O. Menurut penelitian terbaru, orang dengan golongan darah O sangat rentan untuk meninggal dunia.

Tingkat kerentanan tersebut bahkan menjadi tiga kali lipat jika pemilik golongan darah O mengalami luka yang sangat serius. Penyebabnya adalah karena golongan darah O tidak bisa menggumpal dengan baik jika terjadi luka.

Temuan ini didasarkan pada data dari 901 pasien rawat darurat di Jepang yang menunjukkan tingkat kematian 28 persen bagi pemilik golongan darah O.

Jika dibandingkan, tingkat kematian pasien dari kelompok golongan darah lainnya hanya 11 persen.

Studi terbaru menunjukkan bahwa golongan darah O bisa menjadi faktor risiko yang potensial terjadinya perdarahan.

"Kehilangan darah adalah penyebab utama kematian pada pasien dengan trauma berat. Tetapi studi tentang hubungan antara golongan darah yang berbeda dan risiko kematian trauma jarang dilakukan," kata peneliti utama, Dr Wataru Takayama, dari Tokyo Medical and Dental University Hospital.

" Kami ingin menguji hipotesis bahwa kelangsungan hidup pasien trauma berat dipengaruhi oleh perbedaan dalam golongan darah," tambah Dr Wataru.

Golongan darah ditentukan oleh protein pada permukaan sel darah merah, yang terdiri dari eritrosit, sel darah putih (leukosit), dan trombosit.

Orang dengan golongan darah O memiliki tingkat faktor Von Willebrand yang lebih rendah dibanding jenis golongan darah lainnya. Faktor Von Willebrand adalah agen yang menggumpalkan darah yang dapat membantu mencegah perdarahan yang mengancam jiwa.

Waah hati-hati ya buat kamu yang memiliki golongan darah O. Demikianlah artikel tentang golongan darah O. Semoag artikel ini bermanfaat. Selalu jaga kesehatan.
Top