Sering Konsumsi Makanan ini, Ternyata Penyebab Terbesar Alami Gejala Asam Urat

Komentar

gejala asam urat via arterikesehatan.blogspot.com

Asam urat sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, penyakit ini seringkali diderita. Penyakit asam urat tidak bisa dianggap sepele. Yuk ketahui gejala asam urat dan cara mengatasinya.

Penyakit asam urat ini diakibatkan dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Seseorang yang terserang penyakit asam urat tentunya mereka akan sangat menderita, karena ketika mereka bangun dari tempat tidur atau duduk, mereka akan merasakan rasa sakit yang sangat menyiksa terlebih pada malam hari.

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi. Meskipun sebenarnya semua persendian beresiko terserang asam urat, namun umumnya yang paling sering di alami oleh penderita asam urat yaitu pada bagian jari-jari tangan, jari kaki dan juga pergelangan kaki.

Berapa lama pengobatan asam urat? Pernyataan ini sering kita dengar bukan? Asam urat dapat diobati dengan penurun asam urat, tetapi minum obat penurun asam urat saja tidak cukup untuk mengobati asam urat. Modifikasi gaya hidup dengan menjaga pola makan dan obat-obatan dari dokter akan memberi tingkat kesembuhan yang baik.

Baca Juga : Waspada, Sering Alami Sakit Perut Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tersimpan Penyakit ini

Bagaimana gejala sakit asam urat?

ilustrasi gejala asam urat via lifestyle.kompas.com

Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Agar terjadinya tak lagi berkelanjutan, apa saja gejala penyakit asam urat? 

1. Nyeri Sendi Kaki
Beberapa orang tua sering mengeluh tentang sendi yang tiba-tiba terasa panas dan lemah untuk digerakkan. Terkadang rasa sakit yang muncul terjadi pada malam hari. Rasa nyeri bervariasi dan biasanya orang tua mengatakan terkena rematik. Lewat pemeriksaan darah maka temuan kadar asam urat yang tinggi bisa menyebabkan masalah ini.

2. Jempol Kaki Sakit
Rasa sakit pada bagian jempol biasanya terjadi pada malam hari. Rasa sakit didefinisikan sebagai perasaan tidak nyaman pada jempol kaki. Terkadang hal ini bisa membuat penderita tidak bisa tidur, mudah emosi, tidak bisa menggerakkan jempol kaki dan merasa tubuh menjadi sangat lemah. Namun untuk memastikan apakah asam urat tinggi atau tidak maka hanya bisa dilakukan lewat pemeriksaan kadar asam urat dalam darah.

3. Perasaan Kaki Terbakar
Perasaan kaki yang tiba-tiba terasa sangat panas bisa terjadi karena kadar asam urat yang sangat tinggi dalam darah. Rasa panas bisa terjadi mulai dari jempol kaki, kemudian menyebar ke semua bagian. Terkadang karena rasa sakit dan panas seperti terbakar membuat penderita tidak bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Rasa sakit seperti terbakar terkadang hanya muncul selama beberapa saat saja, dan terkadang juga sangat sering.

4. Jaringan Mengeras pada Sendi
Bagi orang yang sudah terbiasa mengalami gejala asam urat yang tinggi maka juga harus memperhatikan kondisi sendi tubuh. Beberapa gejala lanjutan yang harus diperhatikan adalah seperti bagian sendi yang terasa sakit menjadi lebih kaku . Setelah itu muncul rasa kaku dan sulit digerakkan pada sendi. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat maka bisa menyebabkan sendi mati rasa sehingga berpotensi kelumpuhan.

5. Persendian Bengkak
Persendian bengkak karena terjadi penumpukan asam urat dibagian sendi. Asam urat yang menumpuk pada aliran darah terbawa hingga ke bagian sendi. Namun gejala sendi yang bengkak biasanya terjadi setelah serangan asam urat sering terjadi. Orang lanjut usia yang memiliki beberapa penyakit lain seperti kadar gula darah yang tinggi biasanya menunjukkan gejala ini.

6. Kemerahan pada Sendi
Rasa terbakar pada bagian persendian bisa menyebabkan sendi terlihat seperti kemerahan. Biasanya ini termasuk gejala yang sangat komplek. Sendi bengkak, sendi kaku dan kemerahan pada sendi menjadi indikasi asam urat yang sangat tinggi dalam tubuh. Biasanya gejala ini memang tidak sering diperhatikan, namun ketika rasa panas terus menerus terjadi maka sendi maka biasanya baru terlihat.

7. Tidak Bisa Bergerak dengan Bebas
Karena sendi yang bermasalah akibat penumpukan asam urat atau kristal asam urat maka sendi lama-kelamaan tidak bisa digerakkan dengan bebas. Rasa sendi yang tidak bisa bergerak bebas biasanya terjadi pada bagian kaki. Kemudian jika sudah cukup berat maka bisa menyebar ke sendi lain seperti pada pergelangan tangan dan jari-jari kaki.

8. Sendi Tidak Bisa Digerakkan
Setelah sendi tidak bisa bergerak dengan bebas, maka perawatan sangat diperlukan untuk mengendalikan kadar asam urat. Ketika perawatan tidak dilakukan dengan baik maka bisa menyebabkan sendi yang sebelumnya masih bisa digerakkan akan sulit untuk digerakkan. Potensi kelumpuhan tetap bisa terjadi jika kondisi ini sudah terlanjur terjadi.

9. Sendi Terasa Sangat Gatal/Bersisik
Sendi yang terasa panas terkadang juga disertai dengan permukaan atau jaringan kulit yang bersisik, kemerahan dan gatal. Ini termasuk gejala awal yang paling sering tidak diperhatikan. Ketika kulit sendi sudah mengeras maka kadar asam urat harus dikendalikan. Jika tidak maka gejala bisa menjadi lebih buruk dan bisa menyebar ke bagian sendi di sekitarnya.

10. Sendi Tidak Nyaman
Rasa sendi yang tidak nyaman biasanya terjadi pada siang dan malam hari setelah beberapa gejala lain sudah terjadi. Orang yang terkena gejala ini mungkin akan merasa semua bagian pergelangan kaki dan tangan sama sekali tidak nyaman untuk digerakkan. Perasaan ini akan bertahan selama lebih dari tiga hari dalam satu kali serangan. Tapi kemudian sendi akan terasa sangat normal seperti tidak pernah sakit.

Gejala asam urat akut dapat muncul sewaktu-waktu, paling sering terjadi pada malam hari antara tiga hingga sebelas hari. Setelah itu dengan perawatan yang tepat maka gejala asam urat akut akan hilang sendiri dan Anda merasa sangat normal. Tapi hampir semua orang yang sudah pernah mendapatkan serangan asam urat yang tinggi berpotensi untuk mengalaminya lagi. Perawatan yang tidak tepat justru bisa menyebabkan gejala asam urat akut akan lebih sering muncul.

Makanan apa saja penyebab asam urat?

ilustrasi makanan penyebab asam urat via blog.elevenia.co.id

Makanan adalah salah satu faktor utama penyebab asam urat tinggi. Penyakit asam urat dapat muncul karena asupan makanan yang salah. Makanan apa saja penyebab asam urat? Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat yang sebaiknya kita hindari.

1. Jeroan
Makanan yang terdiri dari hati, ampela, paru-paru, otak, ginjal, usus, lidah, atau bahkan limpa dari hewan memang memiliki rasa yang gurih. Sayangnya, jeroan ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga jika kita kerap mengonsumsinya, maka risiko terkena asam urat pun meningkat.

2. Makanan laut
Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang ternyata juga memiliki kadar purin yang tinggi yang bisa menyebabkan masalah asam urat.

3. Daging merah
Daging merah memang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Hanya saja, daging yang bisa didapatkan dari kambing, sapi, domba, dan hewan berkaki empat lainnya ini juga kaya akan kandungan purin sehingga sebaiknya tidak kita konsumsi secara berlebihan.

4. Makanan olahan
Makanan olahan yang terbuat dari daging seperti abon dan dendeng ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Selain itu, makanan kalengan layaknya sarden atau kornet juga sebaiknya kita hindari jika tidak ingin terkena masalah asam urat.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang tanah, melinjo, atau tauge ternyata juga kaya akan kandungan purin yang bisa memicu gejala masalah asam urat.

6. Beberapa jenis sayuran dan buah
Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, dalam realitanya sayuran seperti jamur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong ternyata kaya akan kandungan purin. Buah seperti nanas dan durian juga memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga bisa memicu masalah asam urat.

7. Sayuran berdaun hijau
Seharusnya tidak mengherankan bahwa salah satu makanan paling sehat juga salah satu yang tertinggi dalam folat. Menambahkan lebih banyak bayam, collard hijau, kale, lobak hijau dan selada romaine ke dalam diet harian memberikan dorongan langsung pada asam folat. Hanya satu piring besar sayuran hijau yang lezat akan memenuhi hampir semua kebutuhan folat harian Anda.

8. Jagung
Jagung adalah sayuran yang menyenangkan dan populer yang mengandung banyak folat. Hanya satu cangkir jagung yang dimasak akan memberi Anda sekitar 34 mcg asam folat, terhitung hampir 9% dari kebutuhan harian Anda. Disarankan untuk menghindari sayuran kalengan dan memilih sayuran segar dan organik.

9. Seledri
Seledri umumnya dianggap sebagai makanan yang bagus untuk membantu batu ginjal, tetapi apakah Anda tahu sayuran ini juga menjadi sumber asam folat yang bagus. Hanya satu cangkir seledri mentah menyediakan sekitar 36 mcg folat, terhitung sekitar 9% dari kebutuhan harian Anda.

10. Wortel
Wortel adalah sayuran lain yang sangat populer yang mungkin Anda konsumsi di rumah. Mengonsumsi satu cangkir wortel mentah akan memberi Anda hampir 5% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk asam folat. Makan wortel bayi sebagai camilan atau tambahkan ke salad Anda untuk meningkatkan folat.

Apa obat gejala asam urat?

ilustrasi apel obat asam urat via obatsakit-penyakit.blogspot.com

Asam urat menimbulkan rasa nyeri pada sendi-sendi tubuh Anda. Sekarang ini banyak obat asam urat alami yang muncul dan dipercaya dapat mengurangi rasa sakit serta mengatasi gejala asam urat. Apa obat gejala asam urat? Berikut beberapa obat asam urat alami antara lain:

1. Buah ceri, salah satu obat asam urat alami
Buah ceri mengandung berbagai jenis antioksidan yang mampu mencegah produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan jarang dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi buah ceri. Bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk memakan buah ceri sebanyak 15-20 buah per hari.

2. Jahe, obat asam urat alami yang paling baik
Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat anti peradangan yang sangat efektif digunakan untuk mengurangi gejala penderita asam urat. Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat adalah gingerols dan shogaol. Bagi Anda yang mengalami asam urat, Anda bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman Anda setiap hari.

3. Kandungan kalium pada pisang dapat menolong asam urat Anda
Tidak hanya rendah purin, pisang juga mengandung kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Kalium memiliki kemampuan untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh dengan mudah melalui urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap dapat menurunkan tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat. Seseorang yang menderita asam urat disarankan untuk memakan pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

4.  Buah apel, obat asam urat alami yang tidak kalah penting
Buah apel adalah salah satu jenis buah yang mengandung purin rendah, karena mengandung kurang dari 50 mg purin dalam setiap 100 gram apel. Vitamin C yang ada di dalam apel baik bisa menjadi obat asam urat alami yang mengurangi rasa nyeri, dan juga mampu mencegah penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center menyarankan agar sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi 2 hingga 4 buah apel dalam sehari. 


Baca Juga : Cara Cegah Angin Duduk, Kondisi Mematikan yang Bisa Renggut Nyawa Siapa Saja

Nah, itu dia informasi tentang gejala asam urat dan cara mengatasinya. Jadi semua orang memang bisa terkena asam urat. Satu-satunya cara untuk mengurangi potensi terkena asam urat adalah melakukan pola diet dan memilih makanan yang sehat untuk sehari-hari. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Top