Waspada, Gatal-gatal yang Berkepanjangan Ternyata Bisa Picu Penyakit Ganas ini

Komentar

Gatal gatal via kata.co.id

Gatal-gatal pada kulit akan sangat bervariasi sebab dan akibatnya. Ada yang sekedar seperti digigit serangga.

Ada yang kita tidak sadar sebabnya, tiba-tiba gatal. Yang seperti ini jangan di sepelekan, ya...

Bisa jadi penyakit ganas seperti ini.

Gatal-gatal atau pruritus adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, mengakibatkan gangguan tidur, dan kecemasan.  Gatal yang kita rasakan ternyata juga bisa muncul sebagai tanda penyakit yang kita derita. Lalu gatal gatal ciri penyakit apa? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Kulit yang terasa gatal memang sangat tidak nyaman. Apalagi kalau datangnya tiba-tiba dan tak kunjung sembuh. Kenapa gatal gatal tidak kunjung sembuh? Biasanya gatal-gatal tak kunjung sembuh bisa saja itu termasuk ciri penyakit yang serius. Gatal adalah gejala yang sering terjadi pada banyak keluhan kulit. Kulit bisa gatal di seluruh tubuh atau di area tertentu, yang disebabkan oleh berbagai jenis.

Gatal gatal gejala apa? Apakah gatal gatal bisa menular? Makanan apa saja yang menyebabkan gatal-gatal?

Gatal dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena bakteri, jamur, virus, alergi, gigitan serangga, karena paparan zat kimia tertentu, atau karena faktor psikologis (depresi/stres). Gatal juga dapat disebabkan karena suatu penyakit kronis yang menyebabkan zat tertentu bertumpuk di dalam tubuh sehingga menimbulkan gatal gatal. Gatal gatal juga bisa menular dan ada juga yang tidak bisa, tergantung dari jenis dan penyebab gatal itu sendiri.

Gatal gatal juga bisa merupakan gejala dari penyakit gagal ginjal, sirosis, hepatitis, diabetes, leukemia, dan limfoma. Makanan yang menyebabkan gatal gatal itu biasanya dikarenakan alergi, ada beberapa makanan yang dilarang saat alergi diantaranya: telur, udang, susu sapi, ikan, kepiting, kacang tanah, tepung terigu, dan gandum. Adapun jenis-jenis gatal yang harus Anda ketahui.


Penyebab gatal via rekanbunda.blogspot.com

Jenis Jenis Gatal

Berikut beberapa jenis gatal dan kenali penyebab gatal pada kulit:

1. Hives
Hives juga dikenal sebagai urtikaria dan bilur, muncul sebagai benjolan merah muda dan merah yang gatal yang muncul di tubuh dan memudar dalam beberapa jam. Benjolan baru muncul dan menghilang dan kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa hari atau enam minggu atau lebih.

2. Ruam
Ruam muncul pada kulit sebagai area kulit yang merah dan gatal yang mungkin terganggu, bengkak atau bergelombang. Ruam dapat muncul sebagai lepuhan atau kulit mungkin menjadi bersisik atau berkerak. Penyebab ruam termasuk kondisi medis, alergi dan zat seperti poison ivy atau bahan kimia yang mengiritasi kulit.

3. Kulit kering
Jenis gatal yang sering dialami adalah kulit kering, juga disebut xerosis, adalah jenis kulit yang gatal, menurut CNN Health. Dengan kulit kering, Anda tidak melihat perubahan kulit lainnya dan tampaknya faktor lingkungan adalah penyebab kulit kering Anda. Ekstrem dalam cuaca, kelembaban rendah, dan penggunaan pemanasan sentral atau AC yang ekstensif dapat menyebabkan kulit kering.


4. Bercak bulat
Infeksi jamur atau tinea berkembang di lapisan atas kulit dan tampak sebagai bercak pipih, bulat, gatal pada kulit, laporkan situs N.Y. Times Health. Infeksi ini termasuk kaki atlet, kurap, dan atlet gatal. Perawatan biasanya melibatkan salep obat.

5. Kulit kasar dan Bersisik
Psoriasis, yang merupakan penyakit kulit, menyebabkan kulit kasar dan sisik yang berwarna perak. Psoriasis adalah kondisi kronis dari sistem kekebalan yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati pada kulit, kata MedlinePlus. Kondisi ini sering menyebabkan berkembangnya bercak-bercak merah, kering, kulit gatal yang bisa menjadi menyakitkan.

Apakah gatal gatal termasuk gejala hiv? Sebenarnya keluhan gatal gatal bukan menjadi gejala khas pada penyandang HIV AIDS. Pasien yang terinfeksi HIV memiliki beberapa tahapan gejala klinis. Tidak semua pasien langsung menunjukkan gejala yang khas. Adapun obat tradisional untuk gatal gatal, obat tradisional itu Antara lain:


Sakit gatal gatal via hellosehat.com

6. Cuka Sari Apel
Sebagai obat alergi dingin, cuka sari apel adalah andalannya, maka Anda pasti juga bisa meredakan gatal-gatal di kulit dengan bahan yang aman satu ini. Selain berkhasiat untuk kecantikan, cuka sari apel juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan kulit. Cara pemakaiannya untuk mengobati gatal pun cukup mudah.

Ambil saja beberapa tetes cuka sari apel yang sudah Anda siapkan, lalu oles ke area kulit yang diserang gatal-gatal. Cuka sari apel ini akan menawarkan manfaat sebagai pembasmi bakteri serta kuman pemicu rasa gatal tersebut. Jadi, tak usah repot lagi dan Anda bisa menikmati kembali kulit mulus tanpa iritasi.

7. Es Batu
Bila es batu saja bisa dijadikan obat tradisional biduran yang mampu menyembuhkan secara cepat, maka tentunya es batu pun terbilang efektif mengatasi masalah gatal oleh penyebab apapun. Caranya cukup sederhana, Anda tingal menyiapkan sejumlah pecahan es batu yang kemudian dibungkus dengan kain atau handuk bersih.

Ujung kain atau handuk bisa Anda ikat dan kemudian kain atau handuk bisa Anda gosokkan ke bagian kulit yang gatal. Oleskan selama maksimal 20 menit dan pastikan Anda melakukan pengobatan ini sehari 3-4 kali agar hasilnya maksimal. Karena rasa dingin dari es batu itulah rasa gatal akan mereda dan cepat sembuh.

8. Daun Salam
Kalau biasanya daun salam digunakan sebagai bahan atau bumbu masak, Anda bisa menggunakannya juga sebagai obat gatal alami ampuh. Hanya dengan menyiapkan daun salam sebanyak 10 lembar yang masih segar semua, Anda kemudian dapat mencucinya hingga bersih sebelum ditumbuk hingga halus dan menjadi pasta.

Pasta daun salam yang sudah jadi bisa langsung Anda terapkan pada kulit yang terkena gatal-gatal. Bilas dengan air dingin sesudah menunggunya teresap sempurna selama 15 menit. Untuk gatal cepat mereda dan hilang, Anda perlu melakukannya secara rutin. Aturan pakai yang dianjurkan adalah sehari 2 kali setiap hari.

9. Kompres Air Dingin
Untuk mengatasi gatal secara tradisional, obat paling ampuh lainnya adalah kompresan air dingin yang juga terbilang paling sederhana. Dengan mencelupkan handuk atau kain bersih pada air es atau air dingin, Anda dapat kemudian menempelkannya ke kulit yang terkena gatal. Tempelkan selama beberapa menit; ulangi kembali beberapa waktu kemudian sampai gatal mereda.

10. Jahe
Meski ada efek samping jahe, rempah satu ini adalah rempah yang efektif digunakan sebagai obat beragam kondisi kesehatan. Selain menjadi obat bagi penderita batuk, sakit tenggorokan dan perut kembung, jahe juga sangat efektif untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Ambil 30 gram rimpang jahe yang kemudian bisa Anda cuci.

Sediakan pula 60 cc cuka beserta beras putih dan gula merah secukupnya. Rebus seluruh bahan yang sudah Anda sediakan tersebut bersama air 800 cc. Didihkan hingga air berkurang menjadi separuhnya. Angkat, lalu diamkan hingga dingin dan Anda bisa meminumnya secara rutin sehari 3 kali.

11. Kulit Pisang
Gatal oleh pemicu apapun dapat Anda atasi menggunakan kulit pisang secara sederhana. Sediakan kulit pisang yang bagian dalamnya bisa Anda kerok. Hasil kerokan dari bagian dalam kulit pisang itu bisa Anda tempelkan pada bagian kulit yang gatal sambil memijatnya. Tunggulah kira-kira 10 menit sebelum dibasuh dengan air hangat. Sehari 3 kali adalah aturan pakainya agar gatal cepat hilang.

12. Lidah Buaya
Seperti yang kita tahu, khasiat lidah buaya untuk kulit sangat besar dan tak dapat diragukan lagi. Untuk mengatasi masalah kulit gatal sekalipun, gelnya dapat Anda gunakan dengan mengambil lidah buaya yang berukuran sedang. Cucilah lebih dulu batang daun lidah buaya.

Setelah itu demi memperoleh bagian lendirnya, potonglah batangnya menjadi 2 barulah lendir atau gelnya dapat Anda oles ke kulit yang gatal. Efek rasa ademnya akan begitu menenangkan dan sangat baik dalam meredakan rasa gatal mengganggu yang Anda alami. Sehari 3 kali adalah pemakaian yang dianjurkan supaya gatal cepat hilang dan kulit mulus kembali.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyakit gatal gatal. Anda bisa encoba cara diatas untuk mengobatinya, tetapi jika gatal gatal terus berkepanjangan maka segera hubungi dokter untuk pengetahui penyebabnya. Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bermanfaat.
Top