Doa Masuk WC dan Keluar WC ini Sudah Banyak Dilupakan, Karena Sudah Kebelet

Komentar

doa masuk wc via pixabay.com

Padahal jika aktifitas kita diawali doa, InsyaAllah semua akan berkah...

Tapi seringkali kita lupa membaca doa dalam melakukan segala aktivitas. Seperti halnya ketika akan masuk wc, karena sudah kebelet akhirnya masuk wc begitu saja...

Agama islam mengatur semua kegiatan dan mengawalinya semua dengan doa, dari doa hendak makan, doa akan tidur, doa masuk masjid, doa masuk wc dan keluar wc, dan masih banyak lagi bahkan sulit untuk menghitungnya. Sebagai seorang muslim patutnya kita bangga dan bersyukur akan hal itu.

Doa masuk wc dan keluar wc harus diketahui oleh semua umat Islam. Sebab hal tersebut dianjurkan untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana doa masuk kamar mandi? Sebagai umat islam setiap perbuatan atau tindakan alangkah baiknya diiringi dan diakhiri dengan niat dan doa agar Allah Swt, melindungi kita dari hal-hal buruk yang akan menimpa dan dilancarkan dalam urusannya.

Baca Juga : Niat, Waktu yang Tepat Serta Doa Setelah Sholat Dhuha

Tata Cara dan Doa Masuk WC

ilustrasi tata cara dan doa masuk wc via mahjubin.blogspot.com

Dalam menggunakan kamar mandi hampir semuanya langsung nylonong masuk begitu saja, betulkan? Padahal jika kita tahu bahwasannya dalam menggunakan kamar mandi dilakukan dengan baik, maka ada kebaikan, keselamatan dan pahala yang akan kita terima dengan melakukan tata cara dan doa masuk wc serta keluar kamar mandi berikut ini:

1. Membaca Doa
WC atau Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang banyak di huni oleh makhluk ghaib. Jadi sangat dianjurkan untuk berdoa. Berikut adalah bacaan doa masuk wc beserta artinya.

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

ALLOOHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI 

Artinya: 
Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan
Ketika teman-teman hendak masuk ke kamar mandi atau WC, jangan lupa membaca doa diatas ya? Dengan harapan, Allah SWT melindungi kita dari godaan-godaan syetan yang terkutuk. Dan setelah selesai dari kamar mandi, maka dilanjutkan dengan membaca doa keluar dari WC/kamar mandi.

2. Memasuki kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri.

3. Dianjurkan memakai alas kaki ketika memasuki WC/kamar mandi.

4. Jangan berbicara ketika berada di WC/kamar mandi.
Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ bersabda, ”Bila dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara. Karena sesunguhnya Allah murka akan hal itu.”

5. Disunnahkan berdehem sebanyak tiga kali setelah buang air kecil,agar semua kotoran keluar.

7. Tidak boleh menghadap atau membelakangi kiblat.
Ketika buang air kecil dan besar “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ Bersabda “Bila kamu mendatangi tempat buang air, janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya.“ (HR. Bukhari dan Muslim).

8. Tidak boleh menjawab salam ketika berada di dalam WC/kamar mandi.

9. Tidak boleh membawa atau membaca lafadz Allah dan Muhammad atau ayat-ayat Al Quran atau hadist ke dalam WC/kamar mandi.

10. Tidak boleh mandi berduaan di dalam kamar mandi terkecuali suami isteri.

11. Tidak boleh makan dan minum ketika berada di dalam kamar mandi.

12. Berhati-hatilah dengan percikan najis.
Dalam salah satu hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabada : “Bahwa kebanyakan siksa kubur disebabkan karena tidak berhati-hati ketika beristinja”.

13. Memakai tabir penghalang agar tidak terlihat orang lain Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabada : “Bila kamu buang air hendaklah beristitar (menutup tabir). Bila tidak ada tabir maka menghadaplah ke belakang.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

14.Keluar dari WC/kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan.

15. Membaca Doa setelah keluar kamar mandi (WC).
Bukan hanya berdoa ketika masuk kamar mandi, keluar kamar mandipun juga harus berdoa. Bagaimana bacaannya? Berikut adalah lafadz doa keluar wc beserta artinya.

غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

GHUFROONAKA ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA 'ANNIL ADZAA WA 'AAFAANII 

Artinya: 
Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.

Baca Juga : Bacaan Doa Setelah Haid dan Tata Cara Mandi Agar Tubuhmu Benar-benar Suci Kembali

Demikian ulasan tentang tata cara dan doa masuk wc yang dapat kami bagikan. Mudah-mudahan doa ini dapat dengan mudah di pahami dan Anda amalkan setiap hari. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Top