Doa Masuk Rumah dan Keutamaan Membaca Doa Ketika Masuk Rumah

Komentar

Keluar dan masuk rumah via youtube.com

Sebelum keluar dan memasuki rumah hendaknya dita memperhatikan adab-adabnya terlebih dahulu, selain itu kita juga harus membaca doa keluar serta doa masuk rumah.

Doa masuk rumah dan keluar rumah penting untuk kita baca setiap hari ketika kita hendak keluar maupun memasuki rumah, dalam melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Swt, agar kita selalu diberi perlindungan serta dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh-Nya.

Doa ketika keluar rumah dan doa masuk rumah dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya akan kami bahas dalam artikel ini. Jadi mulai sekarang, biasakan juga untuk selalu membaca doa masuk rumah dan keluar rumah setiap hari, selain itu kita juga harus memperhatikan ada-adab masuk dan keluar rumah, dibawah ini merupakan pembahasan lengkapnya.

Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah

Dalam melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Swt, begitu juga ketika kita akan masuk kedalam rumah dan keluar dari rumah kita di anjurkan untuk berdoa. Bacaan doa masuk rumah dan keluar rumah akan kamu jelaskan dalam kesempatan ini, karena masih banyak orang yang lupa ketika hendak keluar dan masuk rumah.

Bacaan doa keluar dan doa masuk rumah yang shahih ini harus kita amalkan setiap hari, karena dimanapun kita berada kita tak lepas dari kara bahaya. Bagi Anda yang kesulitan untuk membaca tulisan arab, disini kita akan memberikan doa keluar dan doa masuk rumah dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda dalam membaca seta menghafalkannya.

Selain kita harus membaca doa keluar dan doa masuk rumah kita juga harus mengetahui adab-adabnya, apa saja adab masuk dan keluar rumah? Dibawah ini adalah adab dan doa masuk rumah serta keluar rumah.

Bacaan Doa Masuk Rumah

Berikut ini adalah lafadz doa masuk rumah lengkap dengan latin dan terjemahnya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal"

Bacaan Doa Keluar Rumah

Untuk bacaan doa keluar rumah dibawah ini lafadz bacaannya lengkap dengan latin dan terjemahnya.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillaahi tawakkaltu 'alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah."


Doa masuk rumah via dakwahpost.com

Itulah doa keluar serta doa masuk rumah dan artinya lengkap, selain itu ketika hendak masuk kedalam rumah maupun keluar rumah kita juga harus tahu adabnya, apa saja adab-adab ketika memasuki dan ketika hendak pergi keluar rumah? Dibawah ini adab-adab yang harus Anda perhatikan.

Adab masuk rumah:

1. Mengetuk pintu dengan tidak terlalu keras
2. Mengucapkan salam
3. Membaca doa masuk rumah
4. Masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu

Adab keluar rumah:

1. Mengucapkan salam
2. Membaca doa keluar rumah
3. Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Keutamaan Membaca Doa Masuk Rumah

Membaca doa masuk rumah sangatlah penting. Hampir tiap hari kita masuk ke rumah. Setiap kita pergi beraktivitas tentu akhirnya pulang juga. Gak ada yang mau tidak pulang ke rumah. Memasuki rumah merupakan nikmat setelah kita sibuk di luar. Tiba dari bepergian tidak ada yang lebih enak dilakukan kecuali istirahat di dalamnya.

Kebahagiaan hidup salah satunya bila memiliki rumah yang menyenangkan. Bahkan klo diprosentase, lebih dari 50 % kehidupan kita berada di rumah. Jadi, tatkala kita masuk rumah mesti berdoa sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Saw.

Setiap doa yang kita panjatkan kehadirat Allah Swt. akan menambah kebaikan. Keutamaan dari doa masuk rumah yang kita baca, yakni kita selalu ingat akan Allah Swt. dan senantiasa terlindungi dari gangguan setan. Dan hidup kita akan semakin berkah dan bahagia.

Nah, itulah pembahasan mengenai doa keluar dan doa masuk rumah lengkap beserta ada-adab ketika keluar dan masuk rumah. Amalkan doa-doa diatas dalam kehidupan sehari-hari, agar kita selalu terjauhkan dari hal-hal yang tidak baik. Demikian artikel ini kami buat, semoga bisa membatu dan bermanfaat bagi Anda.
Top