Puluhan Khasiat Daun Salam, Selain Ampuh Mengusir Tikus Hingga Tak Berani Mendekat Lagi

Komentar

daun salam via hellosehat.com

Daun salam biasanya digunakan sebagai salah satu bahan memasak, namun tahukah Anda daun salam ternyata juga ampuh digunakan untuk mengusir tikus? Begini cara meracik daun salam, agar tikus tak berani masuk rumah lagi.

Daun salam adalah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan karena memiliki aroma yang khas. Ternyata, manfaat daun salam tidak sampai di situ saja. Selain digunakan sebagai penyedap masakan, daun dan minyaknya juga berguna sebagai obat.

Apa saja kegunaan dari daun salam dalam kesehatan ? Apa saja khasiat daun salam untuk kesehatan tubuh ? Bisakah kita menggunakan daun salam sebagai obat darah tinggi ? Apakah daun salam bisa mengusir tikus nakal ? Kami akan mengupas selengkapnya. Simak terus ya!

Apa Saja Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan ?

Apa saja kegunaan dari daun salam dalam kesehatan akan kami bahas berikut ini.
  1. Sebagai obat antijamur. Daun salam memiliki kandungan etanol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.
  2. Sebagai obat anticacing. Metanol yang terdapat pada daun salam berkhasiat sebagai anticacing.
  3. Mengatasi masalah pencernaan. Daun salam baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan mual. Kombinasikan dengan lemon dan gula, kemudian rebus dan minum airnya.
  4. Menyehatkan mata. Menambahkan salam pada masakan juga bisa memberikan efek menyehatkan bagi mata.
  5. Membantu mengobati infeksi ginjal & mencegah batu ginjal. Rebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat 2 kali sehari.
  6. Meringankan nyeri. Daun salam dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada sendi, keseleo, rheumatik, dan arthritis, karena memiliki sifat antiinflamasi.
  7. Mengatasi migrain. Salam mengandung partenolida yang baik untuk migrain. Rebus beberapa lembar daun salam lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur.
  8. Untuk kesehatan rambut. Panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Gunakan hot oil tersebut untuk memijat kulit kepala setiap dua hari sekali.
  9. Menunda munculnya uban. Resep hot oil di atas juga efektif untuk menjaga rambut tetap hitam sampai usia senja.
  10. Melancarkan pencernaan. Atasi gangguan pencernaan seperti mulas, sembelit, dan perut kembung dengan minum teh daun salam. Seduh daun salam kering dengan air panas, kemudian diamkan sampai airnya berubah warna. Minum secara teratur.
  11. Meredakan stres. Daun salam mengandung linalool yang berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, hirup aroma teh daun salam kering untuk aromaterapi.
  12. Meringankan gejala flu, demam, dan infeksi. Teh daun salam kering juga bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh untuk penderita 3 gejala penyakit ini.
  13. Menjadikan tidur lebih lelap. Menghirup teh daun salam akan membantu menenangkan pikiran dan menjadikan tidur lebih nyenyak.
  14. Perawatan untuk mimisan. Setelah mimisan disarankan meminum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.
  15. Steam wajah untuk kulit lelah. Rebus 5 daun salam kering dan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan uapnya untuk facial steam.
  16. Menngontrol kadar kolesterol
  17. Mencegah asam urat
  18. Membantu pengobatan eksim
  19. Mengendalikan diabetes
  20. Mengobati rematik
  21. Meningkatkan kualitas tidur
  22. Menjadikan awet muda
  23. Pengobatan wasir
  24. Memperbaiki kinerja jantung
  25. Mencegah kanker
  26. Menyehatkan ginjal
  27. Mengatasi sembelit
  28. Meningkatkan kekebalan tubuh
  29. Menurunkan tekanan darah

Woww itulah apa saja khasiat daun salam untuk kesehatan tubuh. Ternyata banyak sekali ya manfaat dari daun salam. Nah banyak yang bilang bahwa daun salam bisa menurunkan darah tinggi, benarkan itu. Bisakan kita mengonsumsi daun salam sebagai obat darah tinggi dan kolesterol ? Simak berikut ini!

Baca Juga : Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Apakah Daun Salam Bisa Menurunkan Darah Tinggi ?

daun salam untuk darah tinggi via tipsperawatancantik.com

Hipertensi dan kolesterol merupakan kedua penyakit yang saling berhubungan . Dimana ketika kolesterol anda tinggi maka besar kemungkinan tekanan darah anda pun bisa ikut tinggi .

Salah satu herbal yang dapat di gunakan sebagai Obat penurun darah tinggi dan kolesterol adalah daun salam , Ya , bumbu dapur yang satu ini memiliki senyawa yang dapat membantu anda mengatasi darah tinggi .

Cara yang paling mudah untuk menggunakan daun salam sebagai obat hipertensi adalah dengan merebusnya di mana anda hanya membutuhkan 40 gram daun salam dan air sebanyak 800 cc .

Jika anda sudah memiliki kedua bahan tersebut maka selanjutnya adalah dengan mengolahnya dengan cara merebus daun salam ke dalam 800 cc air . tunggu hingga air menguap dan menyisakan 400 cc air rebusan daun salam saja .

Lalu minum 2 kali pagi dan sore hingga darah tinggi membaik .dan jangan lupakan menerapkan pola hidup sehat

Daun salam dapat di gunakan untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi karena di dalam daun herbal ini terkandung senyawa flavonoid yang merupakan senyawa penting yang bertindak sebagai antioksidan .

Nah itulah penjelasan dan cara mengonsumsi daun salam sebagai obat darah tinggi dan kolesterol. Adakah manfaat daun salam selain dalam segi kesehatan ? Apakah daun salam bisa mengusir tikus dirumah ? Inilah jawabannya.

Apakah Daun Salam Bisa Mengusir Tikus ?

Apakah daun salam bisa mengusir tikus dirumah ? jawabannya adalah YA.

Daun salam adalah salah satu pilihan bahan alami yang baik untuk mengusir keberadaan tikus di rumah. Wangi daun salam yang bagi kita wangi harum namun tidak bagi tikus. Daun salam juga dapat menyingkirkan tikus dari rumah. Anda cukup menaruh beberapa lembar daun salam di area yang terdapat hewan pengerat tersebut. Ganti secara rutin daunnya dalam kurun waktu 3 hari dan lihat hasilnya.

itulah manfaat daun salam yag ternyata bisa untuk mengusir tikus. Buat para bunda yang akan memasak daun salam, pilihlah daun salam yang bagus. Seperti apa ciri daun salam yang baik dan bagus ? Berikut ciri-ciri nya

Ciri Daun Salam Yang Baik

ciri daun salam yang baik via alifmeylinda.blogspot.com

Kualitas daun salam sebenarnya bisa dikenali dari tampilan luarnya. Jadi, lain kali saat pergi ke pasar, jangan sembarangan saja membeli daun salam, ya.

Pilih daun salam yang berwarna hijau gelap. Semakin gelap, maka aromanya akan lebih kuat.

Hindari juga memilih daun salam yang berlubang atau sobek-sobek. Daun salam yang baik seharusnya masih utuh dan bersih.

Jika terlanjur mengering, daun salam sebenarnya masih bisa digunakan. Hanya saja, aromanya sudah jauh berkurang.

Jadi, bila terpaksa menggunakan yang kering, tambahkan jumlah penggunaanya dalam masakan. Misalnya, jika resep menggunakan 2-3 helai, ganti dengan 4-6 helai daun salam.

Nah itulah ciri ciri daun salam yang baik untuk digunakan.

Baca Juga : Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Woww ternyata manfaat daun salam banyak sekali yaa. Demikian artikel tentang daun salam telah kami bahas selengkapnya. Semoga artikel ini bermenfaat!
Top