Cara Menggunakan Kamera Canon DSLR Untuk Pemula Lengkap Sampai Mahir

Komentar

cara menggunakan kamera canon via jurnalharga.id

Belajar fotografi akan sangat menyenangkan bagi orang yang mempunyai jiwa seni. Namun seiring berkembangnya teknologi diciptakanlah berbagai alat pengambil gambar yang sangat functional.

Seperti Canon DSLR misalnya, tak cuma jeprat-jepret seperti kamera hp, jika ingin memaksimalkan gambar yang diambil maka DSLR ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa membuat gambar/foto yang diambil automatis keren tanpa diedit lagi.

Kehadiran kamera DSLR tentu saja membantu para pecinta fotografi untuk mengambil gambar dengan hasil yang lebih detil. kreatif, dan lebih tajam. Jenis kamera DSLR hadir dengan menawarkan banyak fitur dan inovasi terbaru. Bagi fotografer pemula, terkadang memerlukan sedikit adaptasi karena awalnya terbiasa menggunakan smartphone atau kamera saku untuk menyalurkan hobi mereka.

Untuk itu, penting sekali informasi cara menggunakan kamera profesional ini agar hasil fotonya lebih sempurna. Setiap merek kamera DSLR memiliki cara penggunaan tersendiri. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan kamera DSLR Canon untuk pemula.

Yuk mengetahui cara cara menggunakan kamera canon selengkapnya di artikel ini!

Cara menggunakan kamera canon dan fungsi tombolnya

Disini kita akan bahas berbagai fungsi dasar dari berbagai tombol pada Camera DSLR Canon 600D. Langsung saja.


kamera depan via kliknklik.com

1. Built-in Flashlight
Fungsi dari flashlight atau lampu flash tentu saja sebagai penerangan utama.

Lampu flash akan keluar dengan sendirinya jika menggunakan mode otomatis. Sedangkan untuk mode-mode manual lain, pengguna bisa mengatur secara manual penggunaan Flashlight ini.

2. Red-eye reduction
Jika kamu pernah melihat foto orang dengan kornea mata berwarna merah, hal itu disebabkan karena refleksi pembuluh darah akibat iluminasi flash.

Masalah tersebut bisa dihilangkan dengan adanya fitur Red-eye reduction pada camera. Fitur ini akan bekerja secara otomatis 1-2 detik sebelum gambar diambil.

3. Thumb Wheel
Dengan Thumb Wheel kamu bisa memilih berbagai modus pemotretan Tombol yang berfungsi untuk mengatur modus pemotretan.

Dengan berbagai fitur advance yang bisa kamu atur sendiri sesuai selera. Pada artikel berikutnya, kita akan bahas mengenai fitur-fitur fotografi pada Thumb Wheel ya.

4. Display
Saat kamu menggunakan mode manual setting, layar akan menampilkan informasi setting mengenai mode tersebut.

Tapi jika kamu tidak ingin menampilkan informasi tersebut, kamu bisa menekan tombol Display untuk mematikan layar.

5. Main Dial
Fungsi utama dari Main Dial adalah untuk mengatur tinggi rendahnya aperture dan shutter speed. Namun bisa juga digunakan untuk pengaturan lain, seperti mengatur AF point.

6. Shutter
Inilah tombol dari segala tombol pada sebuah camera. Saat anda akan mengabil gambar maka anda harus memencet tombol shutter.

7. Grip
Grip merupakan pegangan kamera yang menonjol pada bagian kanan kamera.

Bagian tersebut memang didesain menonjol agar sang pengguna dapat dengan nyaman memegang kamera saat akan melakukan aktivitas fotografi.

8. Tombol Lensa
Tombol ini berfungsi untuk melepas lensa sekaligus mengunci lensa setelah terpasang pada body kamera.

9. Lensa Camera
Tanpa lensa, gambar tidak akan tertangkap oleh camera. Untuk type DSLR, lensa memiliki fitur yang komplit dan bisa diganti sesuai kebutuhan pengguna.

10. Manual and Automatic Focus Setting
Salah satu Kelebihan pada camera DSLR adalah bisa disettingnya manual atau automatis fokus setting pada lensa. Dengan fitur ini, pengguna diberi kebebasan untuk memilih mode focus pada object. Sayangnya tidak semua jenis lensa memiliki fitur ini.

11. Tombol Flash
Untuk manual mode pada camera, flashlight juga harus diaktifkan secara manual. Kamu bisa menekan tombol flash untuk membuka dan menggunakan flashlight secara manual.


kamera belakang via kliknklik.com

12. Viewfinder
Melalui viewfinderlah fotografer membidik object mereka. Untuk menentukan fokus. Pada DSLR Camera viewfinder terhubung langsung dengan lensa utama.

13. Monitor LCD
Berfungsi untuk menampil semua informasi camera, setting, fitur, hingga hasil akhir foto bisa dilihat dan diatur langsung melalui LCD.

14. Tombol Navigasi
Tombol yang berfungsi untuk menggerakkan atau mengendalikan kamera saat melihat gambar yang telah anda ambil sebelumnya.

Tombol navigasi hadir dalam 3 bentuk berbeda yaitu scroll, analog dan tombol 4 arah biasa.

15. Tombol AV
Tombol AV atau singkatan dari Aperture Value merupakan tombol yang berfungsi untuk mengatur aperture. Aperture adalah bukaan diafragma yang ada pada lensa kamera.

Umumnya nilai aperture ini ditandai dengan “f/angka”.

Kita ambil contoh misalnya f/22, f/11 dan seterusnya. Lalu apa pengertian huruf f dan angkanya ? Nah sekarang yang jadi pertanyaan lanjutan adalah apa arti huruf f/ beserta angka dibelakangnya itu?

Angka setelah huruf f/ merupakan nilai dari bukaan lensa atau diafragma pada lensa.

Semakin besar angka dibelakang f/ hal tersebut akan berpengaruh terhadap bukaan lensa yang akan semakin kecil dan begitupula sebaliknya.

16. Tombol Fn/Q
Tombol ini berfungsi untuk mengatur white balance atau metering. White balance memiliki fungsi agar objek yang berwarna putih benar-benar menjadi tampak putih.

Dalam dunia fotografi hal tersebut dilakukan dengan melakukan kompensasi pengaruh warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar.

Perlu anda ketahui bahwa cahaya yang berbeda memiliki warna dan karakteristik yang berbeda pula.

Kita ambil contoh pada cahaya lampu pijar yang memiliki warna yang kekuningan, dan cahaya matahari pada hari berawan memiliki sedikit warna kebiruan.

Mata kita juga bisa melakukan kompensasi  secara otomatis berdasarkan konsep ” objek yang berwarna putih harus terlihat putih.

Tapi lain halnya dengan kamera, dimana tergantung pada pencahayaan ambien.

Dampaknya  warna putih bisa terlihat kekuningan atau kebiruan pada foto dibandingkan dengan gambar aktual yang dilihat oleh mata telanjang.

17. Tombol Zoom in Zoom Out
Jika pada kamera digital biasa tombol ini berfungsi untuk memperbesar atau memperdekat objek yang kan kita ambil gambarnya, namun pada kamera SLR dan DSLR kedua tombol ini memiliki fungsi yang berbeda.

Kedua tombol ini memang tetap berfungsi untuk memperbesar, namun hanya memperbesar gambar yang telah kita selesai ambil dan  muncul pada LCD.

18. Tombol Life View
Tombol ini berfungsi untuk membidik gambar melalui Layar LCD, jadi anda dapat melakukan pembidikan gambar dalam dua cara yaitu melalui finder atau melalui layar LCD.

19. Tombol Menu dan Info
Pada tombol menu dan info, tergantung dari merk kamera yang anda miliki. namun umumnya tombol in berfungsi untuk pengaturan dan informasi gambar yang telah anda ambil.

20. Tombol Preview
Tombol yang berfungsi untuk melihat hasil jepretan anda, atau bisa juga dikatan tombol yang berfungsi ketika anda ingin masuk ke galeri penyimpanan foto dan video yang telah anda abadikan.

21. Tombol Hapus
Tombol ini berfungsi untuk menghapus gambar yang sudah anda ambil, apabila terdapat kesalahan dalam pengambilan gambar.

Nah itulah cara menggunakan kamera canon dan fungsi tombolnya yang wajib diketahui para pemilik kamera canon. Selanjutnya para pemula, bagaimana cara menggunakan kamera canon dslr untuk pemula ? Berikut ini ulasannya.

Cara menggunakan kamera canon untuk pemula

Kebanyakan pemula bingung melakukan pengaturan DSLR karena belum terbiasa atau tidak mengetahui. Berikut adalah cara mengatur kamera DSLR untuk pemula yang mudah untuk diikuti.

1. Kenali tombol-tombol pada kamera DSLR
Kamera DSLR ini menawarkan lebih banyak fitur dan tombol daripada kamera saku. Kamu harus mempelajari semua ikon tombol dalam kamera DSLR agar kamu bisa memakai kamera tersebut secara maksimal. Fungsi-fungsi dari tombol pada kamera canon dslr sudah kami jelaskan di atas ya.

2. Mode shutter dan aperture
Cara menggunakan kamera DSLR yang perlu diketahui fotografer pemula bisa dimulai dari pemahaman tentang mode shutter dan aperture. Karena kedua mode ini sangat penting pada kamera digital.

3. Kenali penggunaan White Balance
Persoalan yang kerap dijumpai para pengguna kamera digital newbie yaitu memotret dengan detail warna gambar kurang tepat. Karena itulah kamu harus mengenal white balance terlebih dulu agar kamera dapat memotret objek dengan warna yang menyesuaikan kondisi.

4. Kenali penggunaan Histogram
Lewat penggunana histogram, kamu bisa mengetahui bagaimana hasil gambar objek menjadi lebih detail.

5. Memahami fitur Automatic Exposure Bracketing
Fitur yang satu ini memang jarang dipakai, namun beberapa kamera yang memiliki fitur ini dapat membantu fotografer pemula agar dapat memotret objek dengan sempurna walaupun dalam kondisi pencahayaan yang terang.

6. Melepas shutter
Tak jarang menekan sebagian shutter justru dapat membuat fokus pada lensa. Untuk itu, kamu harus bisa memperkirakan kapan shutter dapat dilepas.

7. Mengunci fokus
Mengunci fokus merupakan salah satu teknik yang wajib dipelajari oleh fotografer pemula. Kamu harus bisa mendapatkan focal length yang tepat sehingga gambar pun menjadi lebih fokus, entah itu untuk background maupun subjek.

8. Menampilkan subjek dengan jelas
Sebuah gambar harus bisa membuat subjek yang jelas. Dengan begitu, ketika memotret, kamu harus memperhatikan aperture, pencahayaan maupun komponen yang lainnya.

9. Memakai flash kamera
Untuk para pengguuna yang masih awam, memakai flash kamera terkesan sepele. Justru memakai flash kamera ini dapat memberikan kesan yang mendalam untuk sebuah foto.

10. Ketahui Depth of Field pada foto
Kamu dapat menciptakan depth of field lewat pengaturan kedalaman background. Selain itu, kamu bisa menciptakan background terlihat blur supaya subjek semakin terlihat menonjol.Kamu dapat menciptakan depth of field lewat pengaturan kedalaman background. Selain itu, kamu bisa menciptakan background terlihat blur supaya subjek semakin terlihat menonjol.

Nah itulah bagaimana cara menggunakan kamera canon dslr bagi pemula. Cara menggunakan kamera canon untuk pemula ini bagus banget buat kamu yang lagi belajar fotografi.

Selanjutnya kita tidak bisa asal-asalan dalam mengatur focus dan blur. Berikut ini cara menggunakan kamera canon biar fokus yang dapat kamu lakukan

Cara menggunakan kamera canon biar fokus 

Berikut ini kiat cara menggunakan kamera canon biar fokus agar tidak asal-asalan.

FOKUS MANUAL
Fokus manual merupakan pilihan utama yang terbaik untuk fotografi makro/jarak dekat. Kebanyakan kamera bekerja dengan membidik pada jarak yang sangat dekat dengan subjek, sehingga lensa yang digunakan berhenti untuk berfokus (bergerak didalam dan luar fokus) setiap kali tombol shutter ditekan.

SINGLE SHOT AUTO-FOKUS (SINGLE AF)
Single Auto-Focus atau lebih sering di singkat menjadi Single AF, pilihan fokus ini mengatur kamera anda pada fokus ketika shutter diatur pada kecepatan setengah (half-way) dan untuk menjaga agar lensa tetap fokus pada subjek yang dituju hingga gambar diambil dan tombol dilepas.

CONTINUOUS AUTO-FOCUS
Ketika pilihan fokus pada kamera ini telah dipilih, kamera akan melanjutkan untuk memfokuskan lensa, selama tombol shutter ditekan pada kecepatan setengah atau tombol auto-focus telah ditekan. Pilihan ini sangat tepat saat memotret subjek yang bergerak.

PILIHAN TITIK FOKUS OTOMATIS
Ketika anda memilih fokus secara otomatis, anda harus mengaktifkan titik Auto-focus pada subjek dalam view-finder untuk hasil yang lebih tajam. Secara meluas, terdapat dua cara untuk memilih titik auto-focus, menggunakan teknik fokus kamera ini. Yang paling mudah yaitu membiarkan kamera untuk memutuskan pilihan anda, dalam menggunakan pilihan titik otomatis auto-focus.

PILIHAN TITIK AUTO-FOKUS MANUAL
Mengatur sendiri titik auto-focus memberi anda level maksimum, terhadap kontrol dimana kamera anda berfokus. Ini pilihan terbaik untuk foto lanskap, still life dan portrait photography, ketika anda memiliki waktu untuk mengoperasikan kontrol kamera yang dibutuhkan.

AUTO-FOKUS FACE DETECTION
Pilihan fokus kamera yang populer satu ini adalah salah satu bagian dari pilihan titik auto-focus yang banyak terdapat pada kamera compact system dan beberapa kamera DSLR dalam modus Live View (ketika gambar tersusun pada layar). Modus ini bekerja dengan menampilkan bentuk wajah pada layar kamera dan memberikan fokus untuk wajah.

FOKUS STACKING (FOKUS YANG TERSUSUN)
Fokus Stacking adalah sebuah teknik digital yang terdapat dalam beberapa foto yang dipotret dengan jarak fokus berbeda yang dikombinasikan dalam sebuah gambar yang tajam mulai dari latar depan hingga latar belakang foto.

FOKUS DAN MENYUSUN ULANG TEKNIK
Meskipun kebanyakan kamera digital menawarkan sekumpulan titik auto-fokus, sehingga anda dapat memilih salah satunya yang sesuai dengan subjek anda, tapi tidak selamanya hal tersebut adalah satu-satunya yang anda butuhkan.

Itulah cara menggunakan kamera canon biar fokus dan tidak asal-asalan. Cara menggunakan kamera canon biar fokus berbeda dengan cara menggunakan kamera canon blur. Berikut ini cara menggunakan kamera canon blur.

Cara menggunakan kamera canon blur

background blur via tekinoshare.my.id

Berikut ini cara menggunakan kamera canon blur di background.

1. Pakailah lensa fix 50mm atau lebih diatasnya.
2. Usahakan memilih latar belakang yang kurang mempunyai corak atau polos.
3. Jika memotret diluar ruangan carilah tempat yang banyak dedaunan atau pepohonan atau alang-alang untuk backgrounf.
4. Jika anda memiliki lensa berukuran 18-55m, maka anda harus setting kamera cannon set zoomlensa anda ke ukuran 55mm. Jika lenda anda telephoto zoom, berukuran 55-250mm, bisa lebih baik lagi. Set zoon lensa ke ukuran 85mm sampai 135 mm.
5. Pastikan posisi objek seauh mungkin dari background.
6. Set aperture lensa anda sebanyak mungkin.

Itulah kiat cara menggunakan kamera canon blur bagian belakang. Selanjutnya bagaimana cara menggunakan kamera canon malam hari ? Berikut ini caranya.

Cara menggunakan kamera canon malam hari

cara menggunakan kamera canon malam hari via alidesta.wordpress.com

Kami akan kasih tau kamu nih, seputar tips memotret menggunakan DSLR pada malam hari khusus buat kamu para pemula, dijamin hasil fotomu setara fotografer profesional, yuk simak ulasan lengkapnya!

1. Aperture wajib di-setting ke angka yang paling tajam.
Kabarnya, untuk menghindari noise atau blur maka setidaknya kamu harus mengatur diafragma pada dua jarak stop dari bukaan aperture terlebar.

2. Sesuaikan setting White Balance di kameramu.
Jika objek bidikanmu pada malam hari adalah kondisi perkotaan dengan banyak lampu, maka hal yang wajib kamu atur agar bidikan pada malam hari sangat indah adalah setting-an White Balance.

3. Jangan menaikkan level ISO kameramu!
Saat memotret malam hari, usahakan untuk tidak menaikkan level ISO kameramu. Tempatkan setting ISO di titik terendah yang dimiliki kamera DSLR-mu. Menaikkan level ISO berarti menaikkan noise dan mengurangi ketajaman dari objek yang akan kamu bidik.

4. Gunakan focal length pendek.
Saat memotret pada malam hari, usahakan pakai lensa zoom dengan focal length yang pendek. Soalnya, focal length yang panjang berpotensi memunculkan blur karena getaran yang dihasilkan saat akan membidik objek.

5. Kurangi efek flare, pakai saja lensa wide angle!
Jadi saat kamu memotret pada malam hari, biasanya akan muncul efek flare. Terlebih jika objek yang kamu potret fokusnya dekat dengan sumber cahaya tertentu. Nah, untuk mengurangi efek ini maka gunakan saja lensa wide angle.

6. Jangan lupa, perhatikan pula komposisi objek yang akan difoto!
Saat memotret pada malam hari, kamu diwajibkan untuk memperhatikan komposisi dari objek yang akan dibidik. Perhatikan secara detail area mana saja yang memiliki cahaya berlebih atau cahaya kurang.

7. Terakhir, gunakan format RAW.
Untuk mendapatkan foto terbaik saat malam hari, gunakan format RAW saat memotret. Tonal warna pada format RAW jauh lebih banyak dari JPEG, jadi gambar yang dihasilkan pun akan lebih kaya warna meski minim cahaya.

Itulah cara menggunakan kamera canon malam hari agar bidikan gambar bagus. Selanjutnya kmai juga memiliki cara mengambil gambar yang bagus menggunakan kamera canon yang dapat anda lakukan berikut ini.

Cara mengambil gambar yang bagus menggunakan kamera canon

mengambil gambar via metroasahan.com

Berikut tips-tipsnya:

1. MEMILIH TITIK AUTO-FOKUS
kontrol dan pilihlah secara manual titik auto-focus.

2. MENGATUR KUALITAS GAMBAR DALAM FORMAT RAW
Format Raw ukurannya lebih besar, jadi anda tidak dapat mengubahnya secara berlebihan saat ingin memasukkannya dalam kartu memori. Foto dalam format Raw juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk disimpan, jadi anda tidak dapat memotret banyak gambar dalam waktu yang cepat.

3. KECERAHAN LAYAR
Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar di kamera anda pada menu Set-Up. Tapi, anda harus ingat bahwa semakin terang layar tampilan, semakin cepat juga baterai akan habis.

4. GAMBAR YANG LEBIH TAJAM 
Jika tampilan gambar pada viewfinder kelihatan buram, tapi cahaya pada Konfirmasi Auto-Fokus menyala, cobalah untuk menyesuaikan diopter eyepiece di belakang rubber eyecup.

5. PAHAMILAH PENGATURAN SHUTTER SPEED, APERTURE DAN ISO
Ketiga hal ini merupakan elemen pencahayaan dalam fotografi. Shutter speed, Aperture dan ISO sangat penting untuk anda pahami jika anda menginginkan hasil potret yang bagus.

6. MEMOTRETLAH DI LUAR RUANGAN
Terkadang, untuk memotret foto yang bagus saat dipandang, anda harus keluar ruangan. Keluarlah dari rumah anda, pergilah ke lapangan, taman atau pantai. Dimana pencahayaan di tempat tersebut lebih baik.

Itulah tips tips dan cara mengambil gambar yang bagus menggunakan kamera canon yang dapat anda lakukan. Jangan lupa juga untuk memahami cara-cara sebelumnya yang telah kami jelaskan.

Selanjtnya untuk menghubungkan kamera ke hp ada cara yang lebih mudah. Yaitu dengan apk canon camera connect. Bagaimana cara menggunakan apk canon camera connect ? Berkut penjelasannya,

Cara menggunakan apk canon camera connect

canon camera connect via cla.canon.com

Berikut ini cara menggunakan apk canon camera connect agar memudahkan pengguna canon.

1. Cek dan unduh aplikasinya
Aplikasi ini bisa Anda temukan pada Google Play Store serta App Store. aplikasi ini kompatibel dengan kamera Canon PowerShot, EOS M2, EOS 70D dan EOS 6D.

2. Aktifkan Wi-Fi
Setelah itu, aktifkan Wi-Fi pada kamera Anda. Setelah kamera berubah menjadi Wi-Fi hotspot, integrasikan dengan ponsel Anda melalui aplikasi yang telah diunduh tadi.

3. Eksplor aplikasinya
Sebelum mulai mengatur, eksplor dulu aplikasinya agar Anda tak mengalami kesulitan saat mulai menggunakannya nanti.

4. Simpan foto di ponsel
Yang perlu diingat adalah, jika Anda memotret menggunakan aplikasi ini, maka foto juga akan tersimpan di 2 device. Satu di memori kamera, satu lagi di ponsel. Ada sebuah tombol jika Anda ingin menyimpan dan me-retouch foto tersebut secara instan melalui aplikasi lain yang ada di ponsel.

5. Atur dari ponsel
Setelah Anda sudah mulai menguasai interface aplikasi dengan baik, mulailah untuk mengatur semuanya dari ponsel. Pengaturan tersebut memang telah disediakan untuk mempermudah penggunanya dalam bekerja.

6. Sinkronisasikan dengan kamera
Karena aplikasi ini dibekali kemampuan untuk diintegrasikan dengan kamera, maka Anda juga bisa mengubah metadata sebelum menyimpan foto melalui ponsel agar memudahkan Anda dalam bekerja.

Nah itulah cara menggunakan apk canon camera connect agar memudahkan penggunanya.

Demikianlah artikel tentang cara menggunakan kamera canon ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Top