Selain Jadi Lambang Cinta, Bunga Mawar Juga Menyimpan Banyak Manfaat

Komentar

bunga mawar via agrowindo.com

Bicara tentang bunga mawar, pastinya kita langsung berpikiran tentang cinta.  Hal ini erat hubungannya dengan para pria yang memberikan bunga mawar kepada kekasihnya. Apa saja manfaat bunga mawar sesungguhnya?


Tak heran mengapa bunga mawar disebut sebagai ratunya bunga, hal ini dikarenakan kelopak bunganya memiliki bentuk yang sangat indah juga memiliki aroma yang khas. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang ingin menanam bunga mawar hias di rumahnya.

Kalian tentu tidak asing dengan bunga mawar dilambangkan cinta. Cinta adalah sebuah perasaan yang dimiliki oleh setiap orang dengan cara masing-masing untuk ditunjukkan atau diungkapkan. Kenapa bunga mawar sebagai lambang cinta? Haruskah bunga Mawar?

Berdasarkan teori keilmiahannya hal ini dikarenakan bunga mawar memang indah dan elegan. Bunganya yang indah namun berduri (batangnya) menunjukkan bahwa cinta selalu perlu pengorbanan. Untuk mendapatkan bunga mawar yang indah, perlu pengorbanan untuk mendapatkannya karena tangan bisa terluka jika tidak hati-hati dalam memegangnya. Begitu pun dengan cinta manusia, untuk mendapatkan cinta yang sejati, tak sedikit orang yang harus memperjuangkannya karena selalu ada rintangan dalam mendapatkannya.

Berapa harga bunga mawar buat pacar? Di hari biasa harga setangkai bunga mawar biasanya Rp. 10.000. Tapi, ketika menjelang Valentine karena permintaan pasar meningkat, Andri mengaku harga bunga pun ikut naik sekitar 100 persen menjadi Rp. 20.000.

Baca Juga : Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Apa manfaat bunga mawar? 

ilustrasi manfaat bunga mawar via hellosehat.com

Banyak yang masih menganggap bunga mawar hanya dapat digunakan sebagai bunga penghias saja namun kenyataannya bunga mawar dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan wanita. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Merawat Kulit
Apa manfaat bunga mawar? Khasiat bunga mawar yang paling pertama adalah bisa merawat semua jenis kulit, baik kulit normal, berminyak, kering, atau kulit sensitif sekalipun. Bunga mawar mampu menjaga keseimbangan pH kulit agar tetap stabil sehingga kadar minyak yang diproduksi kulit lebih stabil.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat 
Kok bisa bunga mawar dapat mengatasi jerawat? Faktanya adalah bunga mawar memiliki antibacterial properties sehingga bisa melawan bakteri penyebab jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Minyak bunga mawar bisa digunakan secara topikal untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

3. Menghilangkan Bau Mulut
Bunga mawar bisa mengatasi wangi tidak sedap dari mulut. Caranya cukup mudah, cukup mengambil beberapa kuntum bunga mawar. Masukkan ke dalam gelas bersama gula batu secukupnya. Lalu masukkan air dan rendam semalaman. Esok hari berkumurlah dengan air rendaman bunga mawar tersebut. Jika kamu rutin melakukannya, bau mulut tidak akan lagi mengganggu kamu.

4. Relaksasi Diri
Bunga mawar dijadikan sebagai bahan relaksasi diri. Menggunakan bunga mawar untuk relaksasi bisa membuat diri kita menjadi tenang dan menghilangkan stres. Tapi tidak hanya di tempat spa saja kok, kamu juga bisa melakukannya di rumah. Caranya juga cukup mudah. Ambil kuntum bunga mawar secukupnya lalu, tabur di dalam bath tub yang berisi air hangat untuk berendam.

5. Mengobati Nyeri Saat Menstruasi
Nah, untuk kamu yang sering mengalami nyeri ketika menstruasi, coba deh mengatasinya dengan bahan alami seperti bunga mawar. Caranya cukup mudah kok, siapkan beberapa kuntum bunga mawar, cuci hingga bersih, lalu seduh dengan air panas. Saring airnya dan minum 2x dalam sehari.

Baca Juga : Benar-Benar Luar Biasa, Ini 10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Kenapa bunga mawar tidak wangi?

ilustrasi mencium bunga mawar via dw.com

Tidak hanya bunga mawar, tapi jenis-jenis bunga lainnya  ternyata tidak lagi memiliki aroma wangi yang sama seperti jenis bunga awalnya dan bahkan ada yang tidak memiliki aroma sama sekali dibanding dengan bunga sejenis yang tumbuh secara alami. Berdasar fakta tersebut, makanya kini muncul pertanyaan kenapa bunga mawar tidak wangi?

Alan Blowers, kepala bioteknologi kembang untuk Ball Helix, sebuah perusahaan biotek di Chicago Barat, Illionis, mengatakan bahwa warna mendapatkan prioritas utama saat pembiakan dilakukan. “Persilangan selektif telah mengurangi wangi kembang menjadi hampir tidak berbau sama sekali. Kembang-kembang dibiakkan untuk warna, ukuran dan umur panjang tanpa ada perhatian terhadap wangi floranya.”

Wangi dihasilkan oleh senyawa-senyawa volatil pada tanaman dan memiliki beberapa kegunaan penting. Wangi tidak hanya menjadikan bunga berbau harum tetapi juga menarik serangga polinator dan menolak hama. Senyawa-senyawa volatil ini juga digunakan untuk memberi sinyal tanaman lain.

Lalu, dengan apa bunga mawar berkembang biak? Bunga mawar berkembang biak dengan cara vegetatif buatan yaitu melalui stek pada batang bunga mawar.

Baca Juga : Manfaat Temulawak yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Demikian ulasan tentang manfaat bunga mawar hias yang dapat kami bagikan. Ternyata  bunga mawar banyak juga ya manfaatnya, jadi tidak ada alasan jika Anda hanya menaruhnya sebagai pajangan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.
Top