Banyak Dilakukan Tapi Tak Tau Maknanya, ini Filosofi Bulan Madu Menurut Islam

Komentar

bulan madu via doripos.com

Pastinya Anda pernah mendengar kata bulan madu, bahkan Anda pernah melakukannya. Apa bulan madu itu, kenapa disebut bulan madu kok tidak minggu madu, atau bulan manis saja?

Bagaimana cara bulan madu yang benar menurut Islam? Berikut penjelasannya.

Apa bulan madu itu? Bulan madu adalah budaya jalan-jalan ketempat rekreasi yang dilakukan sepasang suami istri yang baru nikah, atau setelah melaksanakan nikah, bermalam disebuah hotel yang disepakati dan atau melakukan tour ke beberapa negara yang diinginkan bersama.

Kenapa disebut bulan madu? Honeymoon atau bulan madu menurut catatan sejarah awal 1546, kata honeymoon berasal dari kata Inggris kuno 'hony moone'. Hony mengacu pada kata honey yang berarti momen manis yang bakal dirasakan pasangan baru menikah dengan periode waktu yang tidak tentu. Sementara itu, Moone juga berarti hampir sama, yaitu, periode waktu tertentu dimana momen manis bakal bertahan selamanya.

Bulan madu tergolong budaya baru yang tidak pernah dikenal dalam syariat Islam. Budaya yang diadopsi dari budaya Barat yang kemudian berkembang dalam masyarakat Islam. Bulan madu orang luar biasanya dilakukan dengan menghabiskan waktu di tempat-tempat yang mengesankan dan indah.

Secara tekstual, bulan madu orang Islam tidak dijumpai nash yang sharih (jelas). Hanya saja, Islam mengajarkan kepada umatnya bahwa seorang yang baru menikah memiliki kewajiban berada di samping istrinya selama tujuh atau tiga hari dengan haknya. Sebagaimana yang dijelaskan hadits Nabi saw.

“Hak seorang perawan adalah tujuh hari dan bagi janda tiga hari, kemudian ia menggilir istri-istri yang lain.” (H.R. Ad Daruquthi)

Bulan madu orang Islam bisa saja selama tujuh atau tiga hari sepasang istri suami istri menghabiskannya dengan cara bermalam di hotel, jalan-jalan berkreasi, tour kebeberapa negara yang diinginkan dan atau mengunjungi sana keluarga. Sepanjang yang dilakukan sepasang suami istri adalah hal-hal yang positif, tidak. Jadi kembali kepada dampak yang ditimbulkannya atau mashlahat yang dilahirkannya, apakah masih pada koridor Islam atau sudah menyimpang dari aturan-aturan yang digariskan oleh Islam.

Baca Juga : MasyaAllah, Menikah Syar'i Tanpa Pacaran, Begini Kisah Cinta Anisa Rahma Ex Cherry Belle

Bagaimana cara bulan madu? 

ilustrasi bulan madu via inspiradata.com

Banyak hal yang dapat dilakukan saat bulan madu oleh sepasang sejoli yang baru saja menikah. Apa saja yang dilakukan saat bulan madu? Berikut 5 macam kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan bersama pasangan saat bulan madu.

1. Lakukan Hal Gila dan Konyol
Hal gila dan konyol bisa dilakukan dengan berenang bersama hiu. Di Indonesia, ada objek wisata yang bisa memberikan Anda pengalaman berenang dengan makhluk yang ganas ini, yaitu di Karimun Jawa. Tapi, jangan khawatir semuanya aman kok.

Bayangkan saat Anda sedang ketakutan, lalu pasangan Anda yang kelihatannya cuek memasang sikap melindungi. Wah, pastinya bisa menambah kekaguman antara satu sama lain.

Padahal sudah jelas sih kalau kegiatan berenang bersama hiu nya aman. Selain kegiatan ektrim, ada juga kegiatan konyol yang dilakukan.

Misal main tebak-tebakan dan yang kalah dihukum menggendong pasangannya di punggung sambil memakai sepatu berhak tinggi. Tapi, jangan sampai Anda jadi pihak yang kalah ya!

2. Abadikan Momen “Candid” Pasangan
Foto adalah satu satunya cara untuk “membekukan” waktu. Pasti akan ada banyak sekali momen momen yang terjadi saat Anda berbulan madu bersama pasangan. Dan sangat sayang kalau melewatkan momen momen tersebut.

Jadi abadikanlah apa yang dilakukan saat bulan madu. Baik itu saat Anda dan pasangan terlihat cantik dan ganteng. Ataupun saat pasangan sedang terlihat jengkel menunggu pesawat yang jadwalnya molor.

Rahasiakan foto momen momen candid itu dari pasangan. Dan, rapikan dalam satu file. Mungkin sekarang foto-foto tersebut hanyalah sebuah keisengan belaka.

Tapi suatu hari, Anda dan pasangan Anda pasti akan tertawa melihat salah satu dari foto tersebut. Akan ada banyak cerita yang patut dikenang dari momen-momen itu. Dan yang lebih spesial lagi, karena mengambilnya dengan cara yang sembunyi-sembunyi.

3. Berjalan Berdua di Pantai Pagi Hari
Pantai merupakan objek wisata yang sangat indah. Dan beruntunglah kita warga negara Indonesia. Kenapa? karena negeri Ibu Pertiwi ini memiliki banyak pantai yang indah, eksotis dan tak ada duanya.

Tidak usah jauh jauh ke Pulau Maladewa. Sudah mahal, pasti capek pula. Langsung saja ke Pulau Derawan. Rasanya tak beda kok dengan pantai di Maladewa.

Selain Derawan, ada juga objek wisata pantai yang indah seperti pantai pantai di Gunung Kidul. Anda bisa menyewa penginapan di sekitar pantai dan pergi ke sana saat pagi hari.

Pantai-pantai di Indonesia tersebar di segala penjuru tanah air. Jadi tinggal dipilih saja mana yang lebih mudah Anda jangkau. Dan pastinya yang “ramah” terhadap isi dompet Anda.

Berjalan berdua dengan suami ditemani dengan udara segar dan sinar matahari pasti sangat menyenangkan. Selain romantis, kegiatan ini juga menyehatkan karena stok udara bersih melimpah.

Pada momen ini, Anda akan merasa dunia milik berdua. Benar-benar milik berdua. Nggak kalah romantisnya dengan kata-kata cinta dan sayang. Jadi Tak usah jauh-jauh ke Bora-Bora atau ke Maladewa kan?

4. Dansa Diiringi Lagu Favorit
Bulan madu adalah masa awal dalam membangun sebuah keluarga. Di sinilah cinta sedang dalam level yang sangat tinggi. Nah, salah satu kegiatan romantis yang bisa Anda coba adalah berdansa private.

Atur suasana kamar hotel Anda seindah dan seromantis mungkin. Jika perlu, pesan lilin untuk menambah kesan romantis. Lalu, berdansalah dengan pasangan diiringi lagu favorit Anda berdua.

Meskipun terkesan sederhana, tapi apa yang dilakukan saat bulan madu ini akan sangat membekas di hati. Karena setelah ini Anda mungkin terlalu sibuk melakukan hal romantis dengan pasangan.

Apalagi, jika Anda masih tinggal serumah dengan orang tua. Mungkin agak sedikit malu dan canggung untuk melakukan kegiatan romantis bersama pasangan.

Nah, kalau sedang melakukan honeymoon, Anda bebas melakukan apapun berdua. Ingat, momen momen seperti berdansa romantis dengan pasangan tak setiap kali muncul lo.

5. Makan Malam Berdua di Restoran Mewah
Kalau bingung tentang ide apa yang dilakukan saat bulan madu, coba atur makan malam romantis berdua. Cobalah di tempat ekslusif untuk menghargai momen bulan madu romantis Anda yang indah ini.

Bukan bermaksud untuk mengajak boros. Namun, dengan makan malam berdua dengan suasanya yang mendukung akan membuat mood Anda berdua semakin positif.

Dan pastinya, Anda dan pasangan akan memiliki waktu yang berkualitas untuk dikenang. Mungkin suatu hari Anda bisa makan malam lagi di restoran mewah yang lain, tapi pastinya tidak di tempat honeymoon Anda sekarang kan?

Belum lagi, bila satu sama lain sama sama sibuknya. Atau ketika sudah memiliki bayi atau anak, pasti sulit untuk mendapatkan momen seperti ini.

Manjakan satu sama lain dengan suasana yang menyenangkan. Dan, Anda akan lebih bersemangat menanti hari esok dengan suami tercinta.

Baca Juga : MasyaAllah, Resmi Jadi Istri Habib Usman bin Yahya, Kartika Putri Ungkap Nikmatnya Menikah

Apakah bulan madu itu wajib?

ilustrasi bulan madu via travelmatesjogja.com

Bagi pasangan muslim, bulan madu merupakan sesi yang tepat untuk menghilangkan kecanggungan dan meningkatkan kemesraan dengan pasangan. Apakah bulan madu itu wajib? Ada 5 alasan yang perlu kamu pertimbangkan untuk memiliki bulan madu dan jalan-jalan bersama sebagai pasangan setelah menikah.

1. Lebih Mengenal Satu Sama Lain
Tidak berpacaran bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk mengenal pasangan lebih banyak. Dengan berbulan madu, sahabat Saliha dapat mengenal pasangan lebih jauh, seperti kepribadiannya, kesukaannya, dan hal-hal lain yang ingin diketahui antara satu sama lain.

2. Membangun Kerja Sama Berdua
Melakukan aktivitas yang melibatkan kerja sama di antara berdua dapat membantu membangun rasa kerja sama dalam pernikahan. Ini dapat menjadi pondasi dasar yang baik untuk kehidupan rumah tangga yang akan dilakukan sekarang hingga masa depan. Contoh aktivitasnya bisa berupa hiking, scuba diving, atau kegiatan lain yang sama-sama disukai.

3. Keluar dari Zona Nyaman
Bulan madu menjadi momen yang tepat untuk mencoba berbagai hal baru bersama pasangan, mulai dari menikmati pantai hingga menjelajah hutan. Dengan melakukan ragam kegiatan baru, sahabat Saliha dan pasangan dapat melihat sikap satu sama lain dalam menghadapi masalah dan situasi yang berubah-ubah. Juga, bulan madu menyenangkan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri.

4. Berlatih Membuat Keputusan
Membuat keputusan dapat menjadi sebuah beban, tergantung pada kondisi yang dialami. Dengan bulan madu, pasangan suami-istri berlatih membuat keputusan untuk hal yang akan dilakukan. Mungkin kalian akan berargumen, namun jangan khawatir. Perbedaan pendapat dapat membantu mempererat hubungan kalian.

5. Menghabiskan Waktu Bersama Sehari Penuh

Bulan madu adalah momen terbaik untuk menghabiskan sehari penuh cinta bersama pasangan. Karena ketika sudah kembali ke rutinitas masing-masing, quality time ini belum tentu mudah didapatkan lagi. Jadi, manfaatkan bulan madu ini untuk lebih dekat dan lebih mesra dengan pasangan.

Baca Juga : Gagal Menikah Karena Calon Suami Nggak Hafal Doa Mandi Junub, Ini Penting di Perhatikan

Nah, itulah penjelasan tentang bulan madu mulai dari pengertian hingga caranya. Semoga penjelasan di atas bisa mudah dimengerti serta bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Top