Meski Rasanya Asam, Belimbing Wuluh Terbukti Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Komentar

Blimbing wuluh via khasiat.co.id

Belimbing wuluh sepertinya memang bukan buah yang langsung bisa dimakan begitu saja karena rasanya sangat asam, tapi sangat ampuh mengatasi berbagai penyakit berikut ini, mulai dari rematik hingga bisa menjadi anti kanker.

Di Indonesia, pohon belimbing wuluh masih sangat mudah ditemukan. Tahukah kamu, jika ternyata buah belimbing wuluh yang terkenal dengan rasa asam ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, apa saja khasiat blimbing wuluh ini? Kami akan menjelaskan lebih lengkapnya dibawah ini.

Belimbing wuluh ternyata mengandung begitu banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya vitamin B,C, zat besi, fosfor, dan serat. Belimbing wuluh sering digunakan sebagai campuran hidangan penyegar pada masakan.

Ternyata belimbing wuluh bisa digunakan untuk obat juga lho! Selain rasanya yang asam, banyak manfaat atau khasiat yang dihasilkan dari belimbing wuluh, obat batuk merupakan salah satu khasiat yang dihasilkan dari buah ini.


Manfaat blimbing via pengobatantradisional.com

Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki cukup banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut seperti vitamin A, vitamin C, B1, dan juga mineral. Ada juga kandungan lain seperti fosfor, zat besi, potasium, karbohidrat, kalsium, serat, dan yang lainnya.

Disamping itu ada kandungan lain yang sangat bermanfaat untuk asam urat yaitu flavonoid yang bersifat antioksidan sebagai penghambat kerja enzim dan asam urat sehingga peningkatan nya semakin berkurang. Jadi, manfaat lain dari buah ini adalah bisa mengobati asam urat. Anda bisa mencoba melakukan pengobatan dengan menggunakan belimbing wuluh untuk asam urat ini.

Ada juga yang menggunakan blimbing wuluh sebagai masker wajah, tetapi salah satu efek ketika memakai masker ini adalah perih. Kenapa masker belimbing wuluh perih? Seperti halnya efek samping lemon untuk wajah, karena kandungan vitamin C dan asam konsentrat tinggi dalam buah ini.

Sebagai langkah pencegahan saat memakai masker belimbing wuluh, campur juga dengan beberapa bahan tambahan lain seperti air mawar, minyak zaitun, lidah buaya, putih telur, madu atau beberapa bahan alami lainnya untuk menyeimbangkan kandungan dalam belimbing wuluh tersebut.


Khasiat via cerpen.co.id

Nah, itulah cara mengguankan dan efek samping dari belimbing wuluh buat masker wajah. Ketahui lebih lanjut mengenai belimbing wuluh dan khasiatnya dibawah ini. Apa manfaat daun belimbing wuluh? Berikut penjelasannya.

1. Obat rematik
Khasiat daun belimbing wuluh yang pertama yaitu sebagai daun yang mampu mengobati penyakit rematik. Rasa nyeri dan ngilu pada tulang ketika rematik kambuh bisa diredakan dengan daun isimewa ini.

2. Mengatasi batuk
Khasiat daun belimbing wuluh yang tidak kalah pentingnya adalah mengatasi batuk. Daun ini akan menyembuhkan tenggorokan Anda dari gejala batuk dan mencegahnya datang kembali menyerang tubuh Anda.

3. Penurun panas demam
Khasiat daun belimbing wuluh yang sangat bermanfaat untuk tubuh adalah menjadi obat yang dapat menurunkan panas demam. Daun hijau ini bisa Anda jadikan bahan untuk mengompres dahi ketika suhu tubuh naik.

4. Anti diabetes
Khasiat daun belimbing wuluh untuk kadar gula dalam darah yaitu mencegah timbulnya diabetes. Ya, daun ini mempunyai manfaat untuk mengontrok kadar gula darah sehingga berfungsi sebagau daun anti diabetes.

5. Mengatasi pegal linu
Khasiat daun belimbing wuluh sebagai obat juga bisa Anda andalkan untuk mengatasi pegal linu. Bagi Anda yang sering merasakan nyeri atau linu karena aktivitas sehari-hari bisa menggunakan daun belimbing wuluh untuk obat herbal.

6. Obat gatal pada kulit
Gatal pada kulit jika dibiarkan bisa berujung pada infeksi yang merusak jaringan kulit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengambil beberapa helai daun belimbing wuluh dan menghaluskannya kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.

7. Anti bakteri
Daun belimbing wuluh juga mempunyai sifat anti bakteri, yaitu sifat yang menjadikan daun ini memiliki manfaat untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh Anda. Khasiatnya pun juga bisa mengusir bakteri keluar dari dalam tubuh.

8. Mencegah sariawan
Sariawan akan sangat mengganggu dan menjadi berbahaya jika tidak diobati dengan segera. Anda bisa mencoba daun belimbing wuluh untuk mengobatinya tanpa harus menggunakan obat kimiawi terlebih dahulu.

9. Anti kanker
Manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh dapat menjadi daun yang mencegah kanker. Kandungan alami dalam daun ini merupakan gabungan yang tepat untuk melawan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.

10. Mengatasi efek buruk radikal bebas
Efek radikal bebas bisa sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama. Anda sendiri mungkin tidak menyedari jika sudah terpapar efek buruknya. Anda dapat mencoba khasiat daun belimbing wuluh untuk mencegah radikal bebas.

Diatas adalah 10 manfaat atau khasiat yang dihasilkan dari belimbing wuluh, banyak bukan? Meskipun rasanya asam, tapi ada banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi Anda.
Top