Baru Menikah, Beberapa Kali Berhubungan Tapi Tidak Hamil, Waspada 4 Penghambat Ini

Komentar

Sumber gambar kabarbaikonline.com

Sudah beberapa kali melakukan hubungan dengan pasangan namun tidak ada tanda-tanda kehamilan, hal ini perlu di konsultasikan kepada dokter.

Karena kebanyakan orang mengalami empat hal ini, tanpa mereka sadari.


Setelah menikah, memiliki anak membangun rumah dan hidup bahagia bersama pasangan dan anak-anak.

Seperti itu mungkin bayangan seseorang yang baru saja menikah, cepat memiliki momongan.

Namun kehamilan yang di tunggu-tunggu dari pasangan tidak juga kunjung datang.

Sudah beberapa kali melakukan hubungan dengan pasangan namun tidak ada tanda-tanda kehamilan, hal ini perlu di konsultasikan kepada dokter.

Dokter spesial yang menangani masalah obstetri dan ginekologi atau dokter spesialis kesuburan.

Doter nantinya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui mengapa kehamilan tidak juga datang.

Ternyata perlu diwaspadai beberapa hal yang menjadi penghalang anda untuk segera memiliki momongan.

Berikut empat diantaranya yang menjadi penyebab anda susah memiliki anak.

Baca Gagal Menikah Karena Calon Suami Nggak Hafal Doa Mandi Junub, Ini Penting di Perhatikan

1. Obesitas

Berat badan berlebih dapat mengganggu kinerja organ termasuk organ reproduksi. Misalnya, perempuan yang obesitas dan kadar kolesterolnya tinggi akan berdampak pada kestabilan hormonnya. Hal ini bisa mengacaukan siklus haid yang berdampak negatif pada proses kehamilan.

2. Terlalu kurus

Pada perempuan yang terlalu kurus (underweight) juga bisa membuat susah hamil. Hal ini karena kurangnya lemak tubuh bisa memperlambat produksi hormon yang diperlukan untuk proses ovulasi atau pematangan sel telur dan pelepasannya ke saluran indung telur. Perempuan yang sangat kurus juga memiliki kecenderungan gangguan siklus menstruasi.

3. Stres 

Kondisi psikologis yang tertekan dapat menyebabkan gangguan spasme tuba fallopi (saluran telur mengerut), gangguan pematangan sel telur, hingga menurunkan hasrat seksual. Hal tersebut tentu saja akan berdampak signifikan pada kemungkinan kehamilan.

4. Endometriosis

Kondisi ini seringkali tak disadari karena biasanya tanpa gejala. Endometriosis bisa terjadi karena jaringan pembentuk dinding rongga rahim tumbuh di lokasi yang salah, yaitu di luar rongga rahim. Hal inilah yang menimbulkan pelekatan di sekitar saluran telur sehingga menghambat proses pembuahan. Untuk mengatasi hal ini, dokter biasanya akan memberi obat-obatan tertentu atau melakukan operasi laparoskopi atau laparotomi.

Jika anda sudah mengetahui empat penyebab kenapa anda tidak segera memiliki anak padahal masih berusia muda, dan beberapa kali sudah mencoba berhubungan namun tetap saja gagal.

Segera konsultasikan ke dokter kepercayaan anda, semoga bermanfaat.
Top