Penjelasan Mengenai Asuransi Kesehatan Apakah Haram?

Komentar

asuransi kesehatan via diskonaja.com

Bicara tentang asuransi kesehatan, pastinya hal ini tidak asing bagi kita. Mengapa asuransi kesehatan itu penting? Apakah asuransi kesehatan bisa dicairkan? Yuk simak penjelasannya disini.

Apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan? Pada dasarnya yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang secara khusus mengatasi resiko atas kesehatan, asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya yang diperlukan jika Anda jatuh sakit, termasuk juga jika sakit disebabkan oleh suatu kecelakaan.

Apakah asuransi kesehatan bisa dicairkan? Asuransi kesehatan baru akan bisa dicairkan apabila telah terjadi risiko (kematian, kerusakan atau kerugian) dengan beragam persyaratannya, dan tentu bukan karena disengaja. Dan sepertinya tidak ada orang yang membeli polis asuransi kemudian berharap untuk dapat segera mengajukan klaim kepada perusahaan.

Apakah asuransi kesehatan haram? Islam tidak melarang Anda memiliki asuransi. Asuransi diperbolehkan asalkan dana yang terkumpul dikelola sesuai dengan syariat-syariat Islam. Berbagai jenis asuransi menjadi bermasalah (haram) karena di dalamnya terdapat riba, qimar (unsur judi), dan ghoror (ketidakjelasan atau spekulasi tinggi).

Secara garis besar BPJS dan asuransi kesehatan memang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Meskipun demikian, mekanisme dari kedua jaminan kesehatan ini berbeda. Apakah bpjs termasuk asuransi kesehatan? Berikut lima perbedaan BPJS dengan asuransi kesehatan yang harus Anda ketahui.

1.Nilai Premi
Setiap peserta BPJS dan asuransi kesehatan tentunya diwajibkan untuk membayar iuran atau premi. Nilai iuran BPJS Kesehatan tergolong murah, dan dibedakan menurut kelas layanan. Iuran untuk kelas 1 sebesar Rp59.500,-, kelas 2 sebesar Rp42.500,-, dan kelas 3 sebesar Rp25.500,- per bulan.

Sementara nilai premi asuransi kesehatan cenderung mahal dan dibedakan menurut kelas layanan juga usia. Semakin tua usia peserta, maka semakin mahal premi asuransinya. Secara nominal, nilai premi asuransi kesehatan swasta antara yang satu dengan yang lain bisa jadi berbeda. Namun, rata-rata mencapai Rp300.000,- hingga Rp500.000,- per bulan.

2.Sistem Layanan
Dalam hal sistem pelayanan, BPJS menggunakan sistem berjenjang dan rujukan. Untuk memeriksakan kesehatannya, peserta harus melalui fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama lebih dulu, yaitu bisa puskesmas, klinik, atau dokter pribadi. Jika ternyata penyakit yang diderita oleh peserta tidak bisa ditangani oleh faskes 1, baru dirujuk ke rumah sakit yang bekerjasama. Itupun peserta tidak bisa memilih sendiri rumah sakit yang diinginkan, tetapi tergantung pada faskes 1 yang membuat rujukan. Meski dalam kondisi darurat, peserta bisa langsung berobat ke rumah sakit manapun, namun BPJS memberlakukan ketentuan gawat darurat yang cukup ketat.

Pada asuransi kesehatan, sistem layanan yang diterapkan bersifat langsung. Artinya peserta bisa berobat langsung ke rumah sakit yang diinginkan tanpa perlu rujukan. Asal rumah sakit yang dituju telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang diikuti. Dengan begitu, peserta bisa memperoleh layanan kesehatan secara cepat. Bahkan, peserta asuransi kesehatan cenderung lebih diprioritaskan dibandingkan dengan peserta BPJS.

3. Batasan Plafon
Penggunaan layanan kesehatan dengan BPJS tidak dibatasi dengan plafon. Berapapun biaya pemeriksaan dan perawatan yang dibebankan pada peserta akan ditanggung seluruhnya oleh BPJS. Maka dari itu, peserta tak perlu lagi khawatir dengan biaya perawatan ketika mengalami gangguan kesehatan, apapun penyakitnya.

Sebaliknya, biaya perawatan pada asuransi kesehatan dibatasi dengan plafon. Sebagai contoh peserta membeli premi asuransi dengan plafon Rp20 juta. Jika peserta sakit dan dirawat dengan total biaya mencapai lebih dari plafon, maka kelebihan biaya menjadi tanggungan peserta itu sendiri.

4. Batasan Usia
Peserta BPJS tidak ada batasan usia, dalam arti berapapun usia seseorang tetap bisa menjadi peserta BPJS. Mulai dari bayi baru lahir hingga manula bisa mendaftar sebagai peserta BPJS. Selain itu, perbedaan usia maupun gender tidak mempengaruhi besaran iuran yang harus dibayarkan. Besar iuran tergantung pada kelas layanan yang diinginkan, kelas 1, 2, atau 3.

Sementara pada asuransi kesehatan terdapat batasan usia. Umumnya asuransi kesehatan menolak kepesertaan seseorang yang telah memasuki usia tidak produktif, yaitu 55 tahun ke atas. Logis, karena rentang usia tersebut cenderung rawan terhadap penyakit, tentu perusahaan asuransi tak mau rugi.

5. Pre Existing Condition
BPJS tidak memberlakukan pre existing condition. Hal ini dimaksudkan bahwa BPJS menerima kepesertaan seseorang apapun kondisinya tanpa memperhatikan riwayat sakit yang pernah diderita. Berbeda dengan asuransi kesehatan yang menerapkan pre existing condition. Artinya, penyakit yang pernah diderita oleh peserta sebelum mengikuti asuransi kesehatan tidak akan dijamin pembiayaannya.


ilustrasi kartu indonesia sehat via sehatmagz.com

Mengapa asuransi kesehatan itu penting? Asuransi Kesehatan penting bagi setiap orang guna melindungi dirinya dan keluarganya dari risiko keuangan yang disebabkan oleh biaya medis yang tinggi. Membayar dari dana sendiri untuk perawatan di rumah sakit, walaupun untuk waktu yang singkat, bisa menjadi sangat mahal.

Bila dananya tidak ada, besar kemungkinan dana yang sudah disiapkan untuk tujuan lain akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, sehingga rencana keuangan yang sudah disusun bisa menjadi berantakan.

Asuransi Kesehatan memberikan ketenangan pikiran dan meminimalkan risiko keuangan karena harus melakukan pembayaran besar untuk penyedia layanan kesehatan bila mengalami sakit.

Baca Juga : Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Paling Tepat

7 Macam Asuransi Kesehatan

ilustrasi asuransi kesehatan via  asuransime.com

Secara umum, ada banyak asuransi kesehatan di Indonesia. Manakah yang merupakan produk asuransi yang terbaik? Marilah kita lihat 7 macam asuransi kesehatan yang bagus di Indonesia seperti di bawah ini.

1. Asuransi Mandiri Hospitalife
Asuransi Kesehatan ini merupakan hasil kerja sama antara AXA dengan Bank Mandiri. Kelebihan asuransi ini adalah karena dengan membayarkan premi selama 4 tahun saja namun akan mendapatkan pertanggungan dari perusahaan yang bersangkutan selama 12 tahun. Selain itu, uang premi yang Anda bayarkan akan dikembalikan 100% pada akhir masa pertanggungan. Asuransi ini memiliki 953 rekanan rumah sakit di seluruh Indonesia dan masa tunggu selama 14 hari.

2. Allianz SmartHealth Light Titanium
SmartHealth Light Titanium merupakan sebuah asuransi kesehatan yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam menyediakan perlindunga kesehatan bagi para karyawannya. Asuransi ini memberikan pembayaran dalam bentuk dollar Amerika Serikat. Jumlah rumah sakit reknan yang dimiliki terbilang banyak, sekitar 1000 rumah sakit di seluruh Indonesia dengan masa tunggu selama 14 hari.

3. Simas Sehat Executive
Asuransi kesehatan dari Sinar Mas ini memberikan perlindungan yang cukup komprehensif. Bila asuransi kesehatan pada umumnya lebih ditujukan untuk perlindungan terhadap rawat inap, Simas Sehat Executive memberikan perlindungan terhadap rawat inap dan juga rawat jalan. Walaupun demikian, jumlah rumah sakit rekanan asuransi ini hanya ada 791 rumah sakit. Waktu tunggunya pun boleh dibilang sama dengan asuransi lainnya yaitu selama 14 hari.

4. Chubb Health Insurance
Produk asuransi ini diciptakan oleh salah satu perusahaan asuransi terkemuka , Chubb. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap perawatan kesehtan sebagai akibat dari penyakit maupun kecelakaan. Program asuransi ini memberikan perlindungan penuh kepada tertanggung dari segi keuangan yang akan mereka hadapi pada saat mereka tertimpa musibah seperti pada saat terkena kecelakaan atau penyakit yang serius. Jumlah rekanannya adalah 689 rumah sakit dengan masa tunggu elama 14 hari.

5. Asuransi Pan Pacific Healthcare
Asuransi ini memberikan proteksi dan kemudahan bagi para pesertanya. Dengan menggunakan sistem show card dan swipe card, para peserta yang sakit atau mengalami kecelakaan dapat dengan cepat mendapatkan penanganan. Manfaat yang ditawarkan oleh asuransi ini mencakup biaya rawat inap seperti biaya kamar, santunan kematian dan biaya santunan pengobatan kanker. Selain itu, manfaat tambahan yang diberikan adalah biaya rawat jalanm biaya rawat gigi, biaya rawat bersalin dan biaya kacamata. Masa tunggu untuk asuransi ini terbilang yang terbaik bila dibandingkan dengan asuransi lainnya, karena tidak ada masa tunggu atau 0 hari.

6. Cigna Health Protection
Cigna Health Protection atau dikenal juga dengan nama Cigna Pro Health menawarkan pengembalian premi sebesar 25% apabila tidak ada klaim selama masa 2 tahun keanggotaan. Premi yang ditawarkan oleh asuransi ini juga boleh dibilang sangat ringan. Dengan biaya mulai dair Rp. 300 per hari atau Rp. 36,000 per bulan saja. Kelebihan lainnya adalah manfaat dapat langsung diklaim dalam masa 15 hari setelah menjadi anggota. Selain itu, peserta juga tidak perlu melakukan pemeriksaan medis pada saat pendaftaran. Jumlah rumah sakit rekanan yang dimiliki adalah sebanyak 653 rumah sakit dan asuransi ini memiliki masa tunggu 14 hari.

7. BRIngin Life BRIPROTEK

Asuransi dari BRI ini menawarkan premi yang sangat ringan. Premi asuransi kesehatan ini dimulai dari Rp. 36,000 per bulan saja dan Anda sudah akan mendapatkan uang pertanggungan sebesar Rp 1,000,000 untuk masa perlindungan selama 60 hari. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pemnbayaran 200% uang pertanggungan apabila Anda mengalami musibah meninggal dunia pada saat masih dalam masa asuransi. Selain itu apabila peserta mengalami cacat akibat kecelakaan yang dialami selama dalam masa pertnaggungan, maka peserta akan menerima santunan sebesar 100% dari uang pertanggungan. Dengan jumlah rekanan sebanyak 650 rumah sakit di Indonesia asuransi ini boleh dibilang cukup handal. Masa tunggunya adalah 14 hari.

Baca Juga : Tips Penting Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Pria Maupun Wanita

Demikian penjelasan mengenai asuransi kesehatan yang dapat kami sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.
Top