Alhamdulillah! Sempat Menghilang Terseret Tsunami, 2 Warga Sukabumi Ditemukan Selamat

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 29 Sep 2018
Alhamdulillah! Sempat Menghilang Terseret Tsunami, 2 Warga Sukabumi Ditemukan Selamat
Dahsyatnya tsunami palu (foto: tribunnews.com)

Haru...

Ikut diterjang tsunami dahsyat di Palu, Sulawesi Tengah, seorang pria dan juga seorang anak asal Sukabumi ditemukan selamat meski dalam keadaan terluka.

Berikut penuturan saksi mata kejadian mengerikan tersebut!

Sempat dikabarkan hilang dua warga Sukabumi Nurmansyah (32) dan Qurun Pamungkas (6) akhirnya ditemukan selamat, pasca terjadinya gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang di susul tsunami di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Informasi dihimpun, dua korban diketahui tengah mengikuti pameran bersama 6 orang rekannya dari lembaga Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Sukabumi.

Nurmansyah diketahui merupakan warga Kecamatan Warungkiara sementara Qurun warga Kecamatan Nagrak. Qurun diketahui ikut bersama sang ayah Rudhian Aripin yang juga pemilik pemilik perusahaan tempe yang mengikuti pameran.

"Mereka adalah utusan FKDB untuk mengikuti pameran atas undangan Walikota Palu, mengikuti pameran UMKM se-Sulteng festival Palu Nomani yang diadakan di Pantai Palu," kata Ketua Umum FKDB, Ayep Zaki seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (29/9/2018).

Tsunami menyeret korban hingga menghilang.

Alhamdulillah! Sempat Menghilang Terseret Tsunami, 2 Warga Sukabumi Ditemukan Selamat
Foto dilansir dari detik.com

Zaki yang merupakan saksi mata kejadian mengerikan tersebut mengatakan, air laut sempat naik hingga 3 meter dan menghancurkan seluruh stand yang ada di lokasi tersebut.

Saat itu di stand produk milik anggotanya ada 6 orang yang berjaga, dua lainnya termasuk Rudhian posisinya sedang berada di rumah.

"Sekitar pukul 17.00 WIB waktu Palu, air naik sampai 3 meter dan menghempas petugas yang berjaga. Empat orang berhasil berenang dan menyelamatkan diri, sementara dua lainnya terbawa arus air dan dikabarkan hilang semalaman," jelas dia.

Baca Juga:

Korban ditemukan selamat meski dalam keadaan terluka.

Sulitnya jaringan telepon seluler membuat sulitnya komunikasi di lokasi. Sampai akhirnya sekitar pukul 08.00 WIB, waktu Palu kedua orang yang sempat hilang tersebut ditemukan dalam kondisi selamat.

"Alhamdulillah pagi tadi saya mendapat informasi kedua korban ditemukan selamat dalam kondisi terluka. Komunikasi memang sulit, karena jaringan telepon seluler di sana sangat tipis," ujar Zaki.

Untuk diketahui, gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa ini juga memicu tsunami di Kota Palu.
SHARE ARTIKEL