Jangan Sembarangan Menggunakan Air Keras, Jika Salah Bahayanya Sangat Fatal

Komentar

air keras via kumparan.com

Bagaimana kabar kasus Novel Baswedan yang disiram air keras saat selesai sholat shubuh? Padahal begitu merusak bahayanya air keras!

Novel Baswedan, penyidik senior KPK disiram air keras oleh orang tak dikenal selesai salat subuh di masjid dekat rumahnya. Pelakunya adalah orang yang tidak dikenal dan langsung kabur setelah melakukan aksinya.

Penyiraman air keras kerap terjadi kepada beberapa kasus. Beberapa tahun lalu, ada seorang mahasiswi di Bandung yang juga disiram air keras di seluruh wajahnya oleh pria yang menyukainya lantaran cintanya ditolak. Banyak istilah-istilah air keras yang beredar di masyarakat, namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan air keras? Berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap.

Apakah Air Keras ?

AIR keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat. Bila air keras mengenai kulit, akan timbul nyeri hebat, bahkan kulit akan mengalami luka bakar. Contoh air keras adalah asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.

Apa Guna Air Keras ?

guna air keras via beritahati.com

Air keras sejatinya merupakan larutan asam yang cukup pekat. Sudah pasti bila bersentuhan langsung dengan kulit manusia akan menimbulkan mulai dari nyeri hebat hingga luka bakar.

Kegunanaan air keras yang biasa digunakan adalah Asam Sulfat atau H2S04 yakni sulfat pekat dengan kandungan mencapai 98 persen H2S04.

Dalam industri, Asam Sulfat ini digunakan untuk membuat pupuk buatan yang terdiri dari asal chloride, asam sitrat dan lain sebagainya. Di laboratorium kandungan kimian ini dipakai sebagai pengering dan pereaksi.

Air keras lainnya adalah HCL atau Asam Klorida yang mengandung asam pekat 38 persen HCL dan biasa digunakan untuk industri zat-zat warna, seperti mengikat basa-basa organic.

Terbuat Dari Apa Air Keras ?

Air keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat. Air keras terbuat dari bahan kimia berbahaya. Beberapa contoh air keras yang biasa ditemukan adalah larutan asam sulfat (H2SO4). Contoh lain air keras adalah asam korida (HCL). Asam klorida juga biasa digunakan di laboratorium untuk mengukur kadar asam basa pada sebuah larutan. Air keras lain yang juga umum digunakan adalah asam fosfat (H3PO4), dan juga asam nitrat (HNO3) untuk menguji keaslinan logam.

Kenapa Air Keras Berbahaya ?

air keras berbahaya via beritagar.id 

Zat-zat berbahaya dalam air keras adalah hal utama penyebab air keras berbahaya untuk manusia. Apa saja zat-zat tersebut ? Berikut ini zat-zat nya.

1. ‘Cairan Setan’ alias Aqua Regia
Merupakan larutan campuran antara asam klorida pekat dan asam nitrat pekat. Larutan ini bersifat korosif dan sanggup melarutkan Raksa, Timbal, Emas dan juga Platina.

2. Soda Api
Soda api ada yang berbentuk cair, serbuk dan juga kristal. Zat ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh bidang industri, entah sebagai campuran kertas, detergen dan lain sebagainya. Sifat dari soda api sendiri juga korosif, yang mampu membuat benda lain menjadi hancur.

3. Asam Flourida
Memiliki nama kimia Hydroflouric Acid, zat tersebut merupakan yang paling berbahaya di laboratorium. Jangankan tertelan, sedikit menyentuh kulit saja akibatnya bisa sangat fatal

4. Sarin
Sarin sendiri merupakan senyawa organofosfat yang tidak memiliki warna dan bau. Meskipun demikian dampaknya luar biasa bikin takut.

5. Asam Nitrat
Merupakan senyawa kimia yang juga memiliki sifat korosif. Cairan ini tidak berwarna, namun beracun. Jika terkena kulit, akan menimbulkan luka bakar.

Itulah zat dalam air keras yang menadi penyenan kenapa air keras berbahaya bagi manusia. Air keras memiliki berbagai jenis. Berikut ini jenis air keras yang paling berbahaya bagi manusia. Hii ngeri.

Air Keras Yang Paling Berbahaya

Air keras yang paling berbahaya berikut ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Jauh-jauh ya dari jenis-jenis ini.

Asam klorida
Melansir laman MSDSonline, Kamis (13/4/2017), asam klorida bersifat korosif bila bersentuham dengan kulit, mata, atau organ internal. Kerusakannya bisa berdampak ireversibel atau bahkan fatal pada kasus yang berat. Bila asam klorida kena kontal pada kulit Anda, segera siram dengan air selama 15 menit. Jangan lupa untuk membuang pakaian Anda yang terkontaminasi.

Asam sulfat
Cairan bening ini tidak berwarna dan tidak berbau. Cairan ini larut dalam air dan bisa menyebabkan kerusakan serius, terutama pada saat bahan kimia kontak pada kulit, mata, apalagi tertelan. Bila terjadi kontak kulit, segeralah bilas dengan air hangat yang mengalir selama 30 menit.

Asam fosfat
Menurut laman Homeremedies, asam fosfat biasanya terkandung dalam pembersih logam, disinfektan, dan deterjen. Asam fosfat ini cepat bereaksi pada kontak kulit. Bila kulit terpapar dengan asam fosfat, basuh sesegera mungkin pada air yang mengalir. Lebih baik Anda membuang pakaian yang sudah terpapar pula oleh asam fosfat.

Asam nitrat
Asam nitrat biasanya ditemukan dalam bentuk cairan berwarna kuning. Asam ini bersifat racun, maka amat berbahaya jika larutan ini tertelan atau terhirup. Menurut Medlineplus, bila seseorang keracunan asam nitrat, gejala yang muncul, antaralain sakit perut, demam, sakit pada mulut, tenggorokan bengkak.

Itulah jenis air keras yang paling berbahaya untuk manusia danmakhluk hidup. Selanjutnya apa efek air keras jika terkena tubuh manusia ? Berikut ulasanya.

Efek Air Keras

efek air keras via simomot.com

Inilah efek air keras jika terkena tubuh manusia.

Serangan air keras bisa berakibat kematian. Tapi, korban yang selamat seringkali harus menanggung trauma fisik dan psikologis karena kecacatan. Seringkali korban harus menghadapi isolasi sosial karena cacat fisik yang ditanggungnya membuat mereka malu dan tak bisa beraktivitas ke luar rumah.

Bahaya air keras terjadi jika air keras mengenai kulit, terhirup, tertelan, atau kontak pada mata.

Saat air keras seperti asam sulfat, asam klorida, atau air raksa, disiramkan ke kulit, hasilnya akan mengerikan. Larutan tersebut akan membuat jaringan kulit meleleh sehingga putihnya tulang terlihat. Jika lukanya cukup dalam, terkadang kulit pun bisa hancur.

Bila air keras kena mata efeknya adalah luka bakar, mata bengkak, nyeri, dan penglihatan kabur. Kerusakan permanen termasuk kebutaan juga bisa terjadi jika larutan yang terpapar cukup banyak.

Sementara itu, jika larutan ini terhirup, bisa berakibat sangat toksik, bahkan kematian. Iritasi berat bisa terjadi pada hidung dan tenggorokan. Gejalanya berupa batuk, napas sesak, dan dada seperti tertekan.

Hii ternyata jika kita terkena air keras efeknya sangat berbahaya yaa. Demikianlah artikel tentang air keras yang dapat kami rangkum. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Top