Inilah Waktu Sholat Hajat yang Terbaik

Komentar
waktu sholat hajat via waktusholat.co.id

Setiap orang pasti memiliki keinginan atau hajat. Lantas, bagaimana agar hajat itu terealisasikan? Sholat hajat menjadi solusinya. Berikut waktu sholat hajat terbaik yang bisa kamu laksanakan.

Sholat sunnah hajat di dalam ajaran Islam adalah salah satu sholat sunnah dua raka’at yang dapat dikerjakan dan ditunaikan oleh setiap muslim-muslimah ketika mempunyai suatu hajat, urusan dan kebutuhan yang ingin dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Oleh karena itu, jika kalian sebagai seorang Muslim mempunyai suatu kebutuhan (hajat) dan hajat nya ingin dikabulkan oleh Allah SWT maka kalian bisa mengerjakan sholat hajat, karena sholat sunnah ini telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan jika kalian mempunyai suatu hajat.

Baca Juga : Syarat Wajib, Syarat Sah, dan Rukun Sholat 5 Waktu yang Wajib Diperhatikan

Waktu yang Tepat Melaksanakan Shalat Hajat

ilustrasi waktu sholat hajat via waktusholat.co.id

Berdasaran Hadits Shahih, jika kalian mempunyai suatu kebutuhan (hajat) maka ambilah wudhu dan kerjakanlah sholat sunnah hajat, dan berdoalah kepada Allah SWT supaya kebutuhan kalian dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun yang mesti ditekankan disini bahwa di dalam hukum mengerjakan sholat hajat ini adalah sunnah, bukanlah wajib sehingga kalian tidak akan mendapatkan dosa jika tidak mengerjakan dan meninggalkan sholat sunnah hajat ini. Tetapi akan mendapatkan pahala dan keutamaan sholat sunnah hajat yang banyak bagi setiap Muslim yang mengerjakannya.

Memang benar, sholat hajat dapat dilakukan kapan saja. Meskipun demikian, ternyata ada waktu terbaik dalam melaksanakan sholat hajat. Kapan saja? Inilah penjelasannya.

Waktu Sholat Hajat Yang Mustajab dan Yang Dilarang

Sedangkan untuk waktu sholat hajat dua raka’at ini dapat ditunaikan kapan pun karena sholat sunnah hajat boleh dikerjakan di malam hari maupun di siang hari, hanya saja tidak boleh dikerjakan dan ditunaikan ketika masuk waktu-waktu dilarang untuk mengerjakan sholat sunnah.

Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi :

” Tidak ada Sholat Sesudah Sholat Subuh sampai Matahari Meninggi dan Tidak ada Sholat Sesudah Sholat Ashar sampai Matahari Tenggelam (Hadits Riwayat Bukhari nomor 586 dan Muslim nomor 827) ”.

Dengan melihat Hadits Shahih di atas, maka waktu shalat hajat yang dilarang dilakukan adalah ketika setelah sholat subuh sampai matahari meninggi (terbit) dan sesudah sholat ashar sampai matahari tenggelam.


ilustrasi waktu sholat hajat yang dilarang via youtube.com

Namun untuk waktu sholat sunnah hajat yang baik adalah dikerjakan di malam hari yakni setelah masuk waktu sholat wajib isya sampai masuk waktu sholat wajib subuh. Dan untuk penjelasan lengkap nya bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Waktu Sepertiga Malam Pertama

Untuk waktu sholat hajat yang baik pertama bisa kalian lakukan di waktu sepertiga malam pertama yakni yang dimulai setelah masuk waktu sholat wajib isya hingga pukul jam 10.00 malam.

Hal tersebut dikarenakan, di waktu malam suasana nya lebih tenang daripada siang hari dan di jam tersebut kalian belum merasa mengantuk sehingga bisa mengerjakan sholat sunnah hajat ini secara lebih fokus dan konsentrasi.

2. Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Kemudian di waktu sepertiga malam terakhir yang dimulai dari Jam 01.00 dini hari sampai masuk waktu sholat wajib shubuh adalah waktu terbaik mengerjakan sholat hajat.

Hal tersebut dikarenakan, di jam-jam sepertiga malam terakhir merupakan waktu dimana kebanyakan seseorang tertidur pulas, dan jika diwaktu tersebut kalian mengerjakan shalat sunnah hajat maupun sholat sunnah yang lainnya, maka waktu tersebut sangatlah baik dan utama sekali jika dibandingkan dengan waktu-waktu sepertiga malam yang lain.

Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : 

” Disetiap Malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa Sepertiga Malam Yang Terakhir. Dan Allah SWT pun berkata : ” Adakah hambaku yg meminta kepada ku sehingga pasti aku akan berikan apa yg dia minta ?, Adakah Hambaku yg berdoa kepada ku, sehingga pasti aku akan kabulkan Doa nya ?, Adakah Hambaku yg memohon Ampunan kepada Ku sehingga Aku akan Ampuni Dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.


Oleh karena itu, dengan melihat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim di atas, maka bisa disimpulkan bahwa waktu terbaik untuk mengerjakan sholat sunnah ialah di waktu malam atau lebih tepatnya di waktu sepertiga malam terakhir.


ilustrasi sepertiga malam terakhir via bagikandong.blogspot.com

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan sekali bagi kalian sebagai seorang Muslim-Muslimah untuk mengerjakan sholat sunnah hajat, ataupun mengerjakan sholat sunnah yang lainnya dan meminta serta berdoa kepada Allah SWT di waktu sepertiga malam terakhir tersebut, karena diwaktu tersebut Insya Allah akan dikabulkan hajat, ampunan dan doa oleh Allah SWT seperti yang telah dijelaskan di dalam Sabda Nabi Muhammad SAW di atas.

Baca Juga : 5 Aplikasi Android GRATIS Sebagai Pengingat Waktu Sholat yang Tepat

Demikian penjelasan mengenai waktu sholat hajat terbaik yang bisa kamu laksanakan. Semoga penjelasan di atas dapat dipahami dan kamu amalkan. Mohon maaf jika ad kekurangan ataupun kesalahan.
Top