Waktu Shalat Istikharah yang Terbaik

Komentar

waktu shalat istikharah via islamcendekia.com

Beberapa orang bertanya-tanya mengenai waktu shalat istikharah yang terbaik. Kira-kira kapan ya waktu terbaik melaksanakannya? Yuk simak penjelasannya pada artikel ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang waktu shalat istikharah yang terbaik menurut hadits, ada baiknya jika kalian terlebih dahulu mengetahui dan memahami apa itu shalat istikharah.

Shalat sunnah istikharah adalah shalat sunnah dua raka'at yang dilakukan oleh umat muslim yang sedang kebingungan untuk mengambil sebuah keputusan atau meminta petunjuk kebaikan kepada Allah dalam perkara mubah yang tidak diketahui.

Hal ini terdapat di dalam Hadits Shahih dari Jabin bin Abdullah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : 

” Jika salah satu dari kalian bimbang dlm suatu keputusan yg akan diambil maka Shalat Sunnahlah Dua Rakaat dan berdoa… (Hadits Riwayat Muslim) ”.

Pada dasarnya, waktu shalat istikharah dapat dilaksanakan kapan saja.

Baca Juga : Waktu Sholat Subuh, Jangan Sampai Kesiangan atau Ibadah Percuma

Waktu Terbaik Shalat Istikharah Menurut Hadits Lengkap


ilustrasi waktu shalat istikharah via rukun-islam.com

Waktu shalat istikharah boleh dikerjakan di siang hari dan malam hari, karena yang terpenting jangan dikerjakan disaat waktu dilarang untuk shalat istikharah karena terdapat waktu-waktu dimana seorang muslim tidak boleh mengerjakan shalat sunnah disetiap harinya. Hadits Shahih dari Abu Said Al Khudri RA bahwa ia mendengar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

” Tidak ada Sholat Sesudah Sholat Subuh sampai Matahari Meninggi dan tidak ada Sholat Sesudah Sholat Ashar sampai Matahari Tenggelam (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Kemudian untuk waktu shalat istikharah terbaik adalah di waktu malam hari, lebih tepatnya dikerjakan setelah kalian mengerjakan shalat wajib isya sampai sebelum waktu imsak (masuk waktu shalat wajib subuh) di pagi hari. Namun sudah tentu kalian bisa mengerjakan shalat sunnah istikharah ini di pagi hari maupun di siang hari, hanya saja sangat dianjurkan bagi kalian untuk mengerjakan shalat sunnah istikharah di malam hari setelah shalat isya karena mengerjakan shalat sunnah di waktu malam itu lebih baik.

Dalam hal ini bisa kalian lihat di dalam Hadits Shahih Riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berbunyi :

 ” Disetiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke Langit Dunia sampai tersisa Sepertiga Malam Terakhir. Dan Allah Subhanahu wa ta’ala berkata, ‘ Adakah hambaku yg meminta sehingga pasti akan Aku berikan apa yg ia pinta ?. Adakah Hambaku yg berdoa hingga pasti Aku akan kabulkan Doa nya ?. Adakah Hambaku yg memohon Ampunan (Beristighfar) sehingga Aku akan ampuni dosanya (HR. Bukhari dan Muslim) ”.


ilustrasi dzikir via ngaturjiwo.blogspot.com

Dengan melihat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim di atas, maka sudah bisa disimpulkan waktu shalat istikharah terbaik itu dikerjakan di malam hari, walaupun boleh dikerjakan di Pagi Hari dan Siang Hari. Dan shalat sunnah istikharah ini boleh dikerjakan tanpa tidur dahulu, tidak seperti shalat sunnah tahajud yang harus tidur terlebih dahulu sebelum mengerjakannya. Hanya saja lebih baik lagi jika kalian mengerjakan shalat sunnah istikharah ini dengan tidur terlebih dahulu karena kalian bisa menggabungkan (menambahkan) shalat sunnah istikharah dengan sholat sunnah tahajud di malam hari.

Sebagai tambahan informasi, sangat dianjurkan sekali bagi kalian untuk berdzikir setelah shalat istikharah sebanyak-banyaknya sebelum kalian memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, karena keutamaan berdzikir itu sangat banyak dan telah dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim.

Baca Juga : Berikut ini Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap, Waktu, Niat, Doa, Manfaat Tahajud

Demikian ulasan tentang waktu shalat istikharah yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kalian semua.
Top