10 Daftar Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba

Komentar

usaha sampingan tanpa modal via antijobless.com

Biaya hidup semakin mahal. Kebutuhan hidup akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Otomatis pengeluaran juga akan ikut bertambah. Tandanya kamu butuh usaha sampingan tanpa modal.

Berhemat saja tidak cukup. Pendapatan bulanan tentu harus terus meningkat agar Anda mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, bagaimana cara meningkatkan penghasilan?

Jangan keburu putus asa. Masih banyak inspirasi usaha sampingan tanpa modal yang bisa Anda rintis dan mengantarkan Anda jadi sukses.

Usaha sampingan tanpa modal ini bisa dijalankan oleh siapapun, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau menjadi usaha sampingan selain pekerjaan utama kamu.

Kamu juga bisa lakuin ini di sela pekerjaan kamu. Atau ya pas weekend. Nggak apa-apalah selama usahanya fun ya nggak akan beban dong. Lalu, apa saja sih jenis-jenis usaha sampingan tanpa modal tersebut?

Baca Juga : Peluang Bisnis Online Rumahan yang Minim Modal dan Cocok bagi Pemula

10 Usaha Sampingan Tanpa Modal, Ayo Coba Sekarang!

Silahkan cek satu per satu dari 10jenis usaha di bawah ini. Anda bisa pilih usaha yang mana yang paling sesuai untuk Anda dan yang paling mungkin untuk Anda lakukan. Percayalah, semua jenis usaha ini hanya membutuhkan tekad dan keinginan yang kuat untuk bisa Anda lakukan.

1. Bisnis reseller atau dropship

ilustrasi bisnis reseller jogjawebster.com

Peluang usaha sampingan tanpa modal yang pertama adalah dengan menjadi reseller. Bisnis reseller atau dropship pada prinsipnya tetap saja menjajakan produk. Produknya apa? Apa saja bisa kok. Bisnis reseller atau dropship umumnya menggunakan sistem online, di mana si pengecer tidak harus membeli barang jadi dari supplier, dan hanya memesan jika ada pembeli saja.

Karena bisnis ini umumnya dijalankan secara online, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya operasional atau penyimpanan barang. Biasanya juga, supplier lah yang memasarkan produk tersebut, jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi. Peluang usaha tanpa modal ini hanya memerlukan ketekunan dan keseriusan.

2. Jasa les privat

Usaha sampingan tanpa modal yang satu ini sudah banyak dijalankan baik oleh pelajar, atau mahasiswa untuk sekadar mengisi waktu luang ataupun menginginkan tambahan uang saku. Menawarkan jasa les privat tidak memerlukan modal nyata, yaitu kamu hanya perlu menguasi subjek atau materi pembelajaran di tingkat pendidikan anak didik.

Peluang usaha ini terbuka sangat lebar, karena masih banyak anak-anak yang kurang memahami materi pelajaran saat diterangkan oleh guru di sekolahnya. Di sinilah kamu harus pandai-pandai memanfaatkan peluang.

3. Jasa penulisan artikel

artikel jasa penulisan artikel via penulispro.net

Satu lagi peluang usaha tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena saat ini sudah banyak orang yang memerlukan jasa penulis artikel baik untuk memasarkan produk atau yang lainnya.

Tidak perlu mengeluarnya modal nyata, kamu hanya perlu duduk manis di depan laptop dengan koneksi internet untuk mencari sumber informasi sebagai bahan tulisan kamu.

4. Jasa penerjemah (translator)

Bisnis yang satu ini memang tidak memerlukan modal, namun terbatas hanya bagi orang-orang yang menguasai bidangnya. Saat ini banyak materi-materi pelajaran yang menggunakan bahasa asing baik inggris, jepang, atau mandarin.

Target konsumer kamu tentu mereka yang dituntut untuk mengerti bahasa-bahasa tersebut, namun minim kemampuan, biasanya dosen atau mahasiswa dengan diktat atau buku-buku teori berbahasa inggris yang harus diterjemahkan untuk keperluan analisis dan sebagainya. Apalagi dengan populernya Korea di Indonesia, kamu juga bisa menjadi penerjemah bahasa Korea lho. Selain untuk usaha sampingan tanpa modal, juga bisa menekuni hobi.

5. Blogger dan pebisnis online


ilustrasi blogger via digitalentrepreneur.id

Jika kamu memiliki ketertarikan di dunia online, tak ada salahnya membuka blog sendiri. Blog tersebut bisa berisi hal apapun yang kamu kuasai. Jika blog kamu memiliki traffic pengunjung yang tinggi, besar kemungkinan ia menjadi sumber penghasilan kamu.

Kamu bisa menyediakan space iklan sebagai tempat promosi melalui Google adsense atau yang lainnya. Ini juga menjadi salah satu peluang usaha sampingan tanpa modal bahkan menjadi favorit kebanyakan orang.

6. Katering

Usaha catering dapat menjadi solusi usaha sampingan tanpa modal yang cukup baik. Sasaran konsumen kita adalah mahasiswa yang kos, karyawan yang tidak sempat menyiapkan makanan, serta ibu rumah tangga yang merangkap sebagai wanita karier sehingga tidak sempat memasak untuk keluarganya. Lalu, bagaimana bisa tanpa modal? Menyiasatinya dengan bergabung di sebuah usaha catering atau join dengan ibu-ibu catering.

7. Web designer dan graphic designer


ilustrasi web designer via dotugo.com

Kamu lulusan Desain Grafis, tapi kerja jadi Asst Brand Manager. Udah pasti kerjaan kamu nggak lagi gambar-gambar, dong. Hanya supervisi hasil desain yang dibuat tim atau bawahan kamu. Apa kamu tidak khawatir skill gambar kamu berkurang karena udah nggak pernah main photoshop lagi? Mengapa tidak jadikan skill gambar kamu sebagai usaha sampingan. Coba deh cari-cari job freelance di internet. Beberapa agency atau startup juga kadang sering pakai jasa desainer freelance kok.

Punya keahlian di bidang teknik dan artistik untuk pembuatan situs internet? Ini usaha sampingan tanpa modal yang pas buat kamu. Pebisnis zaman sekarang umumnya butuh website untuk promosi. Nah kalau kamu oke di bidang ini, sudah pasti jasa kamu dibutuhkan.

8. Fotografer

Yang hobi atau punya skill fotografi, pilihan usaha sampingan tanpa modal bisa dengan jual foto hasil karya sendiri. Pas nggak sibuk, iseng-iseng deh hunting foto sembari cuci mata. Terus coba deh jual di Istockphoto.com, Shutterstock.com, Fotolia.com, StockFresh.com, Pixoto, Bigstock dan masih banyak lagi. Tentunya foto yang mereka terima yang berkualitas ya.

9. Jasa menjahit

ilustrasi jasa jahit via makassar.terkini.id

Menjahit juga termasuk salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan. Hal ini terutama jika masyarakat ingin memiliki pakaian yang pas dengan tubuhnya. Berbagai permasalahan biasanya ada pada mereka yang terlalu kurus sehingga banyak ukuran baju yang terlalu besar dan bagi mereka yang gemuk sehingga banyak ukuran baju yang terlalu kecil. Solusinya adalah dengan menjahit baju sendiri sehingga ukurannya dapat pas dan sesuai dengan yang diinginkan sehingga nyaman dipakai.

10. Instruktur olahraga

ilustrasi instruktur olahraga via polreskukar.com
Punya fisik kuat, sehat, dan bodi atletis. Coba aja jadi instruktur olahraga. Misalnya instruktur Zumba, Body Combat, Aerobic atau Muaythai juga boleh. Cari client dari perusahaan. Komporin mereka buka kelas senam setelah jam ngantor. Atau pas weekend ngajar deh di gym.

Badan sehat, dompet tebel. Usaha sampingan tanpa modal itu banyak sekali. Tapi tidak banyak yang mau nyoba. Biasanya karena alasan udah tidak ada waktu atau capek. Satu tips yang bisa kamu terapkan adalah, kasih harga promo dulu ke calon client. Setelah mereka jadi client tetap, kasih harga tetap. Jangan pernah nurunin harga kamu kalau tidak mau pasaran turun.

Usaha sampingan tanpa modal itu banyak sekali. Tapi nggak banyak yang mau nyoba. Biasanya karena alasan udah nggak ada waktu, atau ya capek.

Baca Juga : Ingin Mendapat Penghasilan Lebih? Mulailah Membuka Usaha Sampingan Modal Kecil Ini!

Nah, itulah 10 contoh usaha sampingan tanpa modal. Tunggu apalagi, yuk mulai usaha sampingan tanpa modal yang bikin dompet makin tebal. Manfaatkan peluang bisnis sampingan tersebut sekarang, jika Anda merasa Anda punya waktu untuk melakukannya dan membutuhkan penghasilan tambahan.
Top