Makna Mendalam Upacara Bendera yang Lebih dari Sekedar Ceremonial

Komentar

upacara bendera via instagram.com

Tidak sedikit dari kita yang merasa malas masuk sekolah di hari Senin karena harus ikut upacara bendera. Atau, apakah kalian pernah bingung dan bertanya-tanya apa sih pentingnya upacara bendera? 

Upacara bendera bukanlah sekadar kegiatan seremoni, tetapi kesempatan bagi guru, siswa dan seluruh warga sekolah untuk berinteraksi. Setidaknya, interaksi secara menyeluruh tersebut dilalukan seminggu sekali, melalui upacara bendera.

Hari Senin menurut beberapa orang, terutama pelajar, adalah hari yang kurang disukai. Pasalnya, hari Senin itu harus diawali dengan upacara bendera, dimana pada saat itu para murid harus berpakaian atribut lengkap dan berdiri dilapangan selama lebih dari 30 menit dengan teriknya cahaya matahari setelah sehari sebelumnya bisa beristirahat.

Lalu, dari manakah asal usul kalau upacara bendera itu harus dilaksanakan hari Senin? Bagi kalian yang merasa penasaran, kalian harus tahu beberapa fakta menarik tentang pentingnya upacara bendera setiap hari Senin nih!

Baca Juga : Mengenang Sejarah! Inilah 10 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Selain karena pelaksanaan upacara bendera diwajibkan dalam Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP), Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, mengatakan bahwa ada 3 poin penting dalam upacara bendera, di antaranya :

1. Latihan kepemimpinan dengan menjadi seorang pemimpin yang memimpin kelompoknya,

2. Salah satu kesempatan bagi kepala sekolah untuk berbicara langsung pada seluruh siswa, dan

3. Menumbuhkan rasa kerjasama antarsiswa, dengan bergantian menjadi petugas upacara pengibaran bendera.

Upacara bendera merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa kepada para siswa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Tapi, apakah kalian sadar bahwa dalam setiap urutan kegiatan atau tata upacara bendera terkandung upaya tersebut?

Daripada kalian menebak-nebak, yuk simak penjelasan di bawah tentang urutan kegiatan upacara dan kaitannya dengan budi pekerti dan karakter bangsa!

Pengibaran Bendera Merah Putih

ilustrasi pengibaran bendera via tribunnews.com

Pengibaran bendera Merah Putih merupakan kegiatan inti dalam pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan tersebut ditujukan untuk menumbuhkan karakter gotong royong dan kebersamaan, terlihat dari bagaimana posisi badan, ayunan tangan, serta hentakan kaki para petugas pengibar harus bergerak dalam harmoni.

Nah, kalau kalian tiba-tiba lihat ada salah satu petugas pengibar yang gerakannya kurang kompak, jangan ditertawakan ya! Karena mengompakkan gerakan itu susah lho, butuh rasa kebersamaan yang tinggi. Selain itu, petugas pengibar bendera juga membutuhkan kesiapan fisik dan mental untuk menjalankan tugasnya.

Mengheningkan Cipta


ilustrasi mengheningkan cipta via cintanegeri.com

Hayo, siapa di antara kalian yang kalau lagi mengheningkan cipta malah nunduk sambil lirik-lirikan dan cekikikan sama teman sebelah? Tidak boleh begitu lagi ya.

Mengheningkan cipta itu ditujukan agar siswa mampu meneladani jiwa patriotisme para pejuang, yang nantinya akan berdampak pada tumbuhnya kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Pembacaan Teks Pancasila


ilustrasi pembacaan teks pancasila via smkkal-1.com

Pembacaan teks Pancasila ditujukan agar siswa kembali mengingat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jangan sampai nggak bisa jawab ketika disuruh menyebutkan salah satu sila di Pancasila ya!

Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945


ilustrasi pembacaan pembukaan uud 1945 via cosmotrap.wordpress.com

Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 penting lho. Tujuannya adalah mengingatkan para siswa kembali tentang dasar negara Republik Indonesia.

Amanat Pembina Upacara


ilustrasi amanat pembina upacara via youtube.com

Ini yang biasanya paling ditunggu semua siswa. Bukan karena mau dengerin apa yang dibicarain, tapi karena sebagai penanda bahwa upacara sebentar lagi akan selesai. Padahal, amanat pembina upacara berisikan nilai pendidikan, karakter bangsa, dan kedisiplinan yang penting dan berguna buat kalian. Coba deh kalian dengarkan dengan seksama, pasti ada manfaatnya.

Itu dia, pentingnya upacara bendera setiap hari Senin yang selama ini seringkali dilupakan. Yakin masih mau malas-malasan dan kabur-kaburan setiap ada upacara bendera? Selain pembentukan karakter yang salah satunya melalui upacara, untuk menjadi penerus bangsa yang unggulan, kalian juga harus mempersiapkan pendidikan kalian.

Upacara bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda.

Baca Juga : Bikin Haru, Demi Berkibarnya Merah-Putih Siswa SMP Atambua Rela Panjat Tiang Bendera

Nah, setelah Anda mengetahui pentingnya upacara bendera setiap hari Senin. Mulai saat ini hilangkan kemalasan untuk mengikutinya ya. Ingat! Kemerdekaan itu susah lho, jadi tidak ada salahnya kita mengikuti upacara bendera setiap hari Senin agar kemerdekaan tetap terjaga. Semoga bermanfaat.
Top