Tugas-tugas Malaikat Beserta Sifat Taat Malaikat Allah

Komentar

tugas tugas malaikat via pasberita.com

Sebagai umat islam, tentu istilah malaikat sudah tidak asing lagi di telinga kita kan? Malaikat itu jumlahnya sangat banyak, namun ada 10 malaikat yang wajib kita ketahui.

Iman kepada malaikat Allah SWT merupakan rukun iman kedua. Sebagaimana halnya manusia, para malaikat memiliki tugas. Meng-imani malaikat berarti kita meyakini di dalam hati dan pikiran bahwa Malaikat itu ada, bahwa

Malaikat mempunyai tugasnya masing-masing. .Tugas tugas malaikat berbeda beda. Inilah tugas tugas malaikat.

Malaikat terbuat dari cahaya atau “nur” sedangkan jin berasal dari api atau “nar”. Malaikat selalu tunduk dan taat kepada Allah sedangkan jin ada yang muslim dan ada yang kafir.

Yang kafir adalah syetan dan iblis yang akan terus menggoda manusia hingga hari kiamat agar bisa menemani mereka di neraka.

Malaikat tidak memiliki hawa nafsu sebagaimana yang dipunyai jin. Jin yang jahat akan selalu senantiasa menentang dan menjalankan apa yang dilarang oleh Tuhan Allah SWT.

Malaikat adalah makhluk yang baik dan tidak akan mencelakakan manusia selama berbuat kebajikan, sedangkan syetan dan iblis akan selalu mencelakakan manusia hingga akhir hari.

Baca Juga : Pengertian Beriman Kepada Malaikat Beserta Hikmah

Tugas Tugas Malaikat Allah Yang Wajib Diketahui 

Sebagaimana halnya manusia, para malaikat memiliki tugas. Bedanya, tugas yang diberikan Allah Swt. kepada manusia seringkali diabaikan bahkan dipertentangkan untuk dilaksanakannya.

Namun tugas tugas malaikat oleh Allah Swt. kepadanya, tidak pernah menunda apalagi melalaikan dan membangkang untuk mengerjakannya. Bahkan, dia melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah Allah Swt. dan dia tidak mendurhakai-Nya.
  • Malaikat Jibril tugasnya adalah menyampaikan wahyu Allah kepada nabi dan Rasul.
  • Malaikat Mikail tugasnya adalah memberi rizki / rejeki pada manusia.
  • Malaikat Israfil tugasnya adalah meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat.
  • Malaikat Izrail tugasnya adalah mencabut nyawa makhluk hidup.
  • Malikat Munkar tugasnya adalah menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.
  • Malaikat Nakir tugasnya adalah menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.
  • Malaikat Raqib / Rokib tugasnya adalah mencatat segala amal baik manusia ketika hidup.
  • Malaikat Atid / Atit tugasnya adalah mencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup.
  • Malaikat Malik tugasnya adalah untuk menjaga pintu neraka.
  • Malaikat Ridwan tugasnya adalah menjaga pintu sorga / surga

Setelah mengetahui tugas tugas malaikat yuk kita mengenal sifat taat malaikat kepada Allah swt.

Mengenal Sifat Taat Malaikat Kepada Allah

Sifat-sifat malaikat kepada kita dijadikan teladan di dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut:
  • Ketaatan malaikat atas perintah Allah dengan senantiasa tunduk dan patuh kepada perintah Allah dan tidak membantah, padahal malaikat tidak diberi makan, minum dan kesenangan-kesenangan lainya.Dengan ketaatan malaikat yang demikian maka dalam kehidupan sehari hari kita dapat meneladaninya. Antara lain dengan cara mendirikan sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan ataupun mencintai dan mengasihi anak yatim dll.
  • Kedisiplinan dan kejujuran malaikat dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya. Dengan kedisiplinan dan kejujuran yang demikian, maka dalam kehidupan sehari-hari kita dapat meneladaninya, antara lain dengan melaksanakan sholat 5 waktu pada waktunya tanpa menunda dll.
  • Malaikat senantiasa bertasbih kepada Allah , hal ini sangat penting untuk di teladani manusia, karena dengan senantiasa bertasbih kepada Allah, selalu ingat dan memuji Allah, sehingga dalam menghadapi kehidupan yang penuh cobaan ini manusia tidak putus asa.

Malaikat merupakan makhluk Allah yang tunduk dan patuh terhadap perintah Allah SWT, beda Malaikat dengan manusia, kalau Malaikat tidak diberi nafsu oleh Allah sedangkan manusia diberi nafsu.

Maka dengan itu manusia diberi Allah kelebihan bahkan apabila manusia bisa mengendalikan nafsunya maka manusia bisa lebih mulia dari pada Malaikat karena Allah menciptakan Malaikat tanpa nafsu sehingga terhindar dari segala dosa.

Akan tetapi apabila manusia tidak bisa mengendalikan nafsunya maka manusia bisa lebih hina dari pada binatang, karena binatang diciptakan Allah tidak diberi pikiran / berfikir. Wallahu’aklam.
Top