Macam-macam Transportasi Darat di Indonesia

Komentar

transportasi darat via economy.okezone.com

Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Perkembangan transportasi darat di Indonesia tidak bisa lepas dari sejarah transportasi itu sendiri. Nah, apasaja sih transportasi darat yang ada di Indonesia ?

Setiap tanggal 22 November diperingati Hari Perhubungan Darat Nasional. Pada tahun ini (2016) ke 55. Fakta menunjukan bahwa perhubungan darat ini adalah sarana yang paling banyak populer pada masyarakat Indonesia karena cepat, harga terjangkau, mudah dijangkau dan banyak tersedia.

Menurut pengertian secara luas, perhubungan darat atau transportasi darat merupakan semua bentuk transportasi yang menggunakan jalan untuk mengangkut orang atau barang. Sejarah mengatakan perkembangan awal alat transportasi darat pertama adalah kuda, keledai atau orang melewati jalan setapak untuk membawa barang.

Permintaan transportasi selalu tinggi menunjukan bahwa manusia sejak zaman dulu memang sulit dipisahkan dengan namanya transportasi. Seriring perkembangan zaman, alat transportasinya pun berevolusi sampai sekarang adalah upaya untuk mengatasi tantangan zaman. Kuncinya adalah bagaimana mengangkut lebih cepat, murah, efisien, efektif dan ramah lingkungan.

Di Indonesia banyak dijumpai berbagai jenistransportasi darat. Mulai dari berbentuk kecil sampai berbentuk besar, roda kecil sampai roda besar, roda sedikit sampai beroda puluhan. Berikut sejumlah alat transportasi darat yang ada di Indonesia.

Macam-Macam Alat Transportasi Darat Yang Ada di Indonesia

1. Hewan Sebagai Alat Transportasi

delman via youtube.com

Mengingat tenaga manusia tidaklah kuat, hewan mulai dimanfaatkan sebagai alat transportasi yang populer sejak zaman prasejarah.

Tetapi tidak semua hewan dapat dimanfaatkan untuk transportasi. Ada beberapa hewan yang populer yang dimanfaatkan tenganya untuk melakukan perpindahan seperti, Kuda, Gajah, Sapi, Kerbau, Llama, Anjing, dan Keledai.

2. Becak

becak via infobandung.co.id

Becak merupakan alat transportasi roda tiga  yang dikayujh oleh tenaga manusia. Becak ini banyak ditemui di Indonesia dan sebagian Asia. Becak dapat mengangkut dua orang penumpang dan pengemudi dibelakangnya (dinamakan tukang becak). Zaman dahulu becak banyak bertebaran dikota-kota khususnya di Pulau Jawa.

Namun  seiring perkembangan zaman becak dianggap menimbulkan kemacetan lalulintas bahkan di Jakarta akhir 1980-an becak resmi dilarang. Namun dikota-kota lain becak masih dapat melintas. Beberapa kota bahkan menyiapkan jalur khusus untuk becak dan sepeda.

Saat ini becak masih berfungsi sebagai alat transportasi untuk keliling kota sekedar berwisata, penghubung moda transportasi dan membantu mengangkut barang di jalan yang datar.

3. Sepeda Ontel

sepeda via sportku.com

Sepeda adalah alat transportasi darat yang sudah ada sejak jaman dahulu. Kendaraan ini sangat banyak sekali manfaaatnya contohnya tidak mengeluarkan uang untuk beli bahan bakar, menyehatkan tubuh, bisa digunakan untuk bersepeda di sore hari.

4. Sepeda Motor

motor via otomotif.kompas.com

Sepeda motor ini adalah kendaraan yang mempunyai mesin untuknya bisa berjalan. Perbedaan dari sepeda ontel dan sepeda motor ini sebagai berikut. Jika sepeda ontel tidak menggunakan bahan bakar , dan bisa menyehatkan tubuh.

Sedangkan sepeda motor harus membeli terlebih dahulu bahan bakar agar motor bisa berjalan, dan bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan anda jika menggunakan sepeda motor.

5. Mobil

mobil via mobilkamu.com

Mobil adalah kendaraan yang memiliki 4 roda dan banyak sekali jenis mobil yang ada di dunia. Mobil yakni alat transportasi yang menggunakan bahan bakar bensin untuk menjalankanya.

Keunggulan dari mobil ini kecepatanya melebihi dari pada sepeda motor dan sepeda ontel.

Lantaran mesin yang digunakan mobil lebih besar dan bertenaga dari pada sepeda motor. Harganya pun juga lebih mahal mobil karena kenyamanan yang miliki sudah sempurna (tidak kepanasan dan tidak kehujanan.

6. Truck

truck via oranacarandtruck.com.au

Alat transportasi yang berukuran lebih besar dari kendaraan pada umumnya. Karena truk digunakan untuk mengangkut barang bukan lah orang hehe. Truk sendiri banyak sekali jenis nya ada yang digunakan untuk menaikan alat berat, ada yang mengangkut peti kemas dan masih banyak lagi.

Keunggulan dari alat transportasi truk ini adalah bentuknya yang besar dan panjang dan memerlukan bahan bakar yang banyak untuk mengoperasikanya.

7. Kereta Api

kereta api via youtube.com

Kereta api adalah alat transportasi darat yang sering di cari banyak orang karena harganya relatif murah. Terkadang orang banyak mencari alat transportasi ini pada saat musim libur tiba atau saat lebaran datang.

Jenis dan macam kereta api sangat banyak sekali ada kereta komputer, kereta ekonomi, kereta eksekutif dan kereta bisnis. Dari berbagai banyak jenis kereta api harga dan kenyamananya pun berbeda.

Di karenakan fasilitas yang ada pada gerbong kereta api yang semakin bagus dan canggih artinya semakin mahal pula harga tiket kereta api tersebut.

8. Bus

bus via motor1.com

Sebuah alat transportasi yang tujuanya dari kota satu ke kota yang lain. Bus sendiri juga memiliki jenis diantaranya adalah ekonomi dan patas. Perbedaan antara bus ekonomi dan patas adalah sebagai berikut.

Bus ekonomi tarifnya lebih murah dan kenyamanan dan kemanan kurang memadai sedangkan bus patas adalah sebuah bus yang mempunyai kenyamanan terjamin dan fasilitas yang memadai.

Nah itulah transportasi darat yang umum ada di Indonesia. Semakin majunya zaman, pasti transportasi darat juga akan terus berkembang.
Top