Resep Rahasia Telur Gulung yang Pasti Disukai Anak-anak

Komentar

telur gulung via beautynesia.id

Selain terjangkau jajanan kaki lima atau street food ternyata tidak kalah lezatnya dengan hidangan yang disajikan oleh restoran. Salah satu jajanan kaki lima yang paling bikin banyak orang bernostalgia adalah telur gulung. 

Telur gulung dibuat sangat sederhana, hanya berbahan telur ayam, garam dan tusuk lidi. Hanya saja Anda perlu melatih cara Anda memutar telur gulung agar tidak berantakan.

Jajanan sederhana ini rasanya sangat lezat, mungkin karena penggunaan penyedap dan makin nikmat jika disantap dengan saus cabai. Bahkan sekarang banyak penjual yang menyajikan telur gulung dengan bubuk cabai.

Renyah dan gurih, dua kata yang menjelaskan kenapa jajanan telur gulung tusuk digemari oleh banyak orang. Meskipun awalnya populer di kalangan anak-anak sekolah, tak jarang jajanan ini disajikan dalam berbagai kesempatan.

Agar lebih kekininan, ada juga telur gulung yang dipadu dengan bakso, sosis hingga chicken nugget. Selain saus yang merah merona, kini jajanan telur gulung juga bisa dinikmati dengan bumbu perasa yaitu barbeque, jagung manis dan juga balado.

Susah menemukan penjual telur gulung? Atau mungkin ragu dengan tingkat kebersihannya? Tenang, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, dijamin tidak sulit kok. Penasaran gimana caranya buatnya? Berikut resepnya!

Boleh Dicoba, Ini Resep Mudah Telur Gulung Jajanan SD yang Lagi Trending!

ilustrasi cara membuat telur gulung viapastiseru.com

Sebelum memulai membuat telur gulung, siapkan dulu alat dan bahan-bahannya.

Alat-Alat

Sediakan alat memasak yang di perlukan seperti penggorengan, spatula, 10 tusuk sate, kompor dan celemek agar baju kamu tetap bersih ketika memasak. Nah, kalau alat sudah lengkap semua, berikut ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan dahulu!

Bahan-bahan

  • 4 butir telur
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • Kaldu bubuk atau penyedap rasa secukupnya
  • 50 ml air
  • 1/2 sdt tepung maizena
  • Merica secukupnya
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Bahan Saus

  • 2 sdm saus sambal
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt tepung maizena
  • Air panas secukupnya

Nah! Alat sudah siap, bahan-bahan juga sudah lengkap, yuk langsung saja kita membuat telur gulung. Berikut caranya :
  1. Kocok telur dalam mangkuk hingga rata.
  2. Tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk (opsional) secukupnya sesuai selera.
  3. Tuang tepung maizena yang telah dicairkan sedikit demi sedikit hingga semuanya tercampur rata.
  4. Tambahkan air mineral, lalu aduk rata. Pastikan tekstur adonan benar-benar cair.
  5. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. TIPS 1: Karena jajanan ini dibuat dengan teknik deep frying, maka kamu memerlukan minyak goreng yang cukup banyak. TIPS 2: Jangan sampai minyak terlalu panas, karena telur jadi cepat matang dan susah digulung.
  6. Masukkan tusuk sate, lalu dengan bantuan sendok, tuangkan beberapa sendok adonan telur ke dalam minyak goreng. Segera tarik ke pinggir dan gulung dengan tusuk sate. Tiriskan.
  7. Ulangi Langkah 6 hingga adonan telur habis.
  8. Sajikan dengan saus sambal atau tomat sebagai pelengkap.

Yuk simak video membuat telur gulung


Demikian informasi mengenai cara membuat telur gulung yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan berhasil. 
Top