Wallahualam, 13 Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Muncul

Komentar

tanda tanda kiamat yang sudah muncul via kabarmakkah.com

Kiamat pasti bakal terjadi. Ternyata tanpa disadari tanda-tanda kiamat sedang berjalan, hanya manusia tak banyak yang menyadarinya. Lalu, apa saja tanda tanda kiamat yang sudah muncul?

Semua makhluk yang ada di dunia ini tak akan kekal abadi , manusia , hewan, alam dan lain sebagainya termasuk dunia yang kita tempati ini.

Kiamat merupakan rukun Iman kelima bagi umat Islam. Kiamat adalah batas waktu yang telah Allah tentukan untuk semua makhluk-Nya. 

Datangnya kiamat diawali dengan tanda tanda kiamat yang sudah muncul, hingga saatnya manusia mempertanggung jawabkan kehidupannya. Disinilah akan terjadi pembalasan yang setimpal dan adil sesuai dengan apa saja yang telah dilakukannya selama di dunia.

Namun tidak satu pun makhluk mengetahui kapan peristiwa akhir kehidupan alam dunia tersebut akan berlangsung karena semuanya adalah rahasia Illahi.

Akan tetapi, Allah SWT melalui Rasulullah SAW sudah mengabarkan tanda-tandanya. Berikut beberapa tanda tanda kiamat yang sudah muncul tanpa kita sadari.

Baca Juga : Astaghfirullahal Adzim, Gerhana dan Gempa Tanda Kiamat Sudah Dekat Sesuai Hadis Rasulullah

13 Tanda Kiamat yang Sudah Muncul di Sekeliling Kita

Tanda-tanda kiamat terbagi menjadi dua. Yakni, kejadian sudah muncul dan sudah selesai.

Seperti diutusnya Rasulullah saw., terbunuhnya Utsman bin ‘Affan, terjadinya fitnah besar antara dua kelompok orang beriman dan lainnya. Kedua, kejadiannya sudah muncul tetapi belum selesai bahkan semakin bertambah, seperti tersia-siakannya amanah, terangkatnya ilmu, merebaknya perzinahan dan pembunuhan, banyaknya wanita dan lainnya.

Di antara tanda tanda kiamat yang sudah muncul sebagai berikut :

1. Diutusnya Rasulullah SAW. 

ilustrasi rasulullah via mahtubfu.wordpress.com

Dari Jabir ra berkata: “Adalah Rasulullah saw. jika beliau khutbah memerah matanya, suaranya keras, dan penuh dengan semangat seperti panglima perang, beliau bersabda: ‘(Hati-hatilah) dengan pagi dan sore kalian’, beliau melanjutkan:  ‘Aku diutus dan hari Kiamat seperti ini,’ Rasulullah saw mengibaratkan seperti dua jarinya antara telunjuk dan jari tengah,” (HR Muslim).

2. Disia-siakannya amanat

Dari Jabir ra. berkata, tatkala Nabi SAW berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata : “Kapan terjadi Kiamat?” Rasulullah SAW terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata:  “Rasulullah SAW mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya.” Berkata sebagian yang lain:  “Rasul SAW tidak mendengar.” Setelah Rasulullah SAW menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya:  “Mana yang bertanya tentang Kiamat?” Berkata lelaki Badui itu:  “Saya wahai Rasulullah SAW.” Rasul SAW berkata: “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah Kiamat.” Bertanya: “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Rasul SAW menjawab: “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah Kiamat,” (HR Bukhari).

3. Penggembala menjadi kaya

Rasulullah SAW ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda qiyamat, lalu beliau menjawab: “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang dan miskin penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan,” (HR Muslim).

4. Sungai Efrat berubah menjadi emas 

ilustrasi sungai efrat berubah menjadi emas via merinding.com

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda :  “Tidak akan terjadi Kiamat sampai sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata: ‘Barangkali akulah yang selamat’,” (Muttafaqun ‘alaihi).

5. Baitul Maqdis dikuasai umat Islam

“Ada enam dari tanda-tanda Kiamat: kematianku (Rasul SAW), dibukanya Baitul Maqdis, seorang lelaki diberi 1000 dinar, tapi dia membencinya, fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah muslim, kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi, sampai 80 poin, dan setiap poin 12.000,” (HR Ahmad dan At-Tabrani dari Muadz).

6. Banyak terjadi pembunuhan

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda : “Tiadakah akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.” Sahabat bertanya: “Apa itu haraj ya Rasulullah?” Rasul SAW menjawab:  “Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan,” (HR Muslim).

7. Munculnya kaum Khawarij

ilustrasi munculnya kaum khawarij via muslimedianews.com

Dari Ali ra. berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Akan keluar di akhir zaman kelompok orang yang masih muda, bodoh, mereka mengatakan sesuatu dari firman Allah. Keimanan mereka hanya sampai ditenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya. Dimana saja kamu jumpai, maka bunuhlah mereka. Siapa yang membunuhnya kan mendapat pahala di hari Kiamat,” (HR Bukhari).

8. Banyak Polisi dan pembela kezhaliman 

“Di akhir zaman banyak polisi dipagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka,” (HR At-Tabrani).

9. Perang antara Yahudi dan umat Islam

ilustrasi perang antara yahudi dan umat islam via babakbelur.com

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan Yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai  ada  seorang Yahudi bersembunyi dibelakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon: “Wahai muslim wahai hamba Allah ini Yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia kecuali pohon Ghorqod karena ia adalah pohon Yahudi,” (HR Muslim).

10. Dominannya fitnah

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda :  “Tidak akan terjadi Kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar,” (HR Ahmad).

11. Sedikitnya ilmunya, merebaknya perzinahan, banyaknya kaum wanita

Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya di antara tanda-tanda qiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khomr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki,” (HR Bukhari).

12. Bermewah-mewah dalam membangun masjid

ilustrasi masjid mewah via phinemo.com

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Diantara tanda Kiamat adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid,” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban).

13. Menyebarnya riba dan harta haram

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah SAW Bersabda : “Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya,” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi).

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah SAW Bersabda : “Akan datang pada manusia suatu saat dimana, seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang halal atau yang haram?“ (HR Ahmad dan Bukhari).

Menyadari Jika Kiamat Sudah Dekat

ilustrasi kiamat sudah dekat via youtube.com

“Jarak antara pengutusanku dan hari kiamat bagaikan dua jari ini.” [Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berisyarat dengan jari tengah dan jari telunjuk] (HR. Muslim no. 7597)

Hadist diatas diucapkan oleh Nabi SAW 1400 tahun silam, yang artinya hari ini kita tengah berada dalam kondisi menjelang hari kiamat tersebut. Dengan demikian, mestinya kajian tentang hari kiamat ini menjadi perhatian serius bagi kita selaku umat akhir zaman.

Dengan menyadari dan mengetahui berbagai tanda-tanda akan datangnya hari kiamat tersebut, kita beharap semoga bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mempersiapkan ilmu untuk menghadapi akhir zaman dan mental dalam menjalaninya, sehingga termasuk kedalam golongan yang Rasulullah SAW janjikan.

Hikmah dari Kabar Datangnya Kiamat

ilustrasi hikmah kabar datangnya kiamat via jalan-dakwah.com

Kiamat adalah satu fase akhir yang mau tidak mau harus di hadapi umat manusia. Begitu pentingnya akan peristiwa ini sampai-sampai setiap nabi disetiap zaman menyampaikan peringatan akan datangnya kiamat.

Terlebih umat Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir, sekaligus nabi bagi umat akhir zaman. Kesadaran akan segera datangnya hari kiamat ini harus dipahami sebagai motivasi sekaligus peringatan dalam melandasi berbagai amal ibadah yang kita lakukan.

Dalam Al-Qur’an, perintah mengimani hari akhir beberapa kali di sebut beriringan dengan perintah mengimani Allah. Hal ini menunjukan jika memang seharusnya hari akhir ini menjadi salah satu latar belakang yang memotivasi dalam amal keimanan setiap muslim.

Dengan demikian, maka kita bisa mengambil beberapa hikmah dari kabar akan datangnya dan tanda-tanda dari hari kiamat tersebut. Beberapa dari hikmah tersebut diantaranya,

1. Memotivasi untuk senantiasa meningkatkan amal dengan kualitas terbaik

Allah menggambarkan kondisi kiamat dengan berbagai kengerian sekaligus dengan berbagai harapan. Bagaimana pada rangkaiannya nanti, hari kiamat akan menjadi pembeda yang jelas antara orang-orang yang kafir dan yang beriman. Yang beramal dengan kualitas terbaik dan yang beramal dengan kualitas terburuk.

Rangkaian hari kiamat ini akan diakhiri dengan pembagian tempat di akhirat nanti. Sebagaimana yang kita tahu, hanya ada dua tempat kelak yaitu syurga dan neraka. Kita senantiasa berharap semoga dengan rahmat-Nya kita bisa memasuki syurga sebagaimana yang telah Allah janjikan.

2. Mempersiapkan Ilmu, Fisik dan Mental

Rangkaian tanda-tanda kiamat, terutama dalam fase akhir, menuntut kepada setiap muslim akan kekuatan ilmu, fisik dan mental yang lebih banyak. Dimana dalam fase ini Allah akan menghadirkan sebuah perseteruan puncak antara yang haq dan bathil, yaitu antara Al-Mahdi dan Dajjal.

Banyak dalil, terutama hadist yang menggambarkan akan suasana perseteruan ini kelak. Dimana secara umum, dalil-dalil tersebut menuntut konstribusi kita sebagai umat muslim di akhir zaman untuk turut berjuang dalam melawan dajjal.

Besarnya fitnah atau ujian yang terjadi pada masa tersebut, juga membutuhkan ilmu sehingga bisa menghasilkan sebuah rasa keimanan yang kuat.

3. Berdoa agar Allah istiqamahkan dalam Iman dan Islam

Berbagai fenomena yang akan terjadi selama rangkaian hari kiamat tersebut, harus kita lihat sebagai potensi untuk bisa menampilkan amal dan kualitas iman terbaik. Sebagaimana dalam hadist di atas tentang suatu kelompok akhir zaman yang diakui sebagai saudara-saudara Rasulullah SAW.

Tentu, tidak semua umat islam pada akhir zaman ini akan termasuk dalam golongan tersebut. Hanya beberapa yang mampu menunjukan kepantasan dan kualitaslah yang diakui oleh Rasulullah SAW.

Sebagai contoh, pada akhir zaman nanti kita akan menghadapi sebuah peperangan besar antara Al-Mahdi dan Dajjal. Maka kita bisa bercita-cita untuk menampilkan kualitas iman terbaik disana dengan ikut berkontribusi berjuang dalam jalan-Nya. Seandainya kematian pun menjemput, maka kita berharap semoga tercatat sebagai seorang syuhada disisiNya.

Seandainya pun tidak, karena keterbatasan kemampuan ataupun memang keterbatasan kualitas iman yang kita miliki hingga akhirnya kita tidak berkontribusi apapun. Tetap Allah telah menetapakan, akan ada angin lembut yang datang dari arah Yaman yang akan menyabut semua nyawa orang-orang mukmin. Meski dengan kualitas iman terkecil sekalipun. Hal ini sebagai rahmat bagi umat islam, agar tidak merasakan huru-hara penghancuran semesta.

Baca Juga : Kehidupan Setelah Mati Sejak Malam Pertama di Alam Kubur

Nah, itulah 13 tanda tanda kiamat yang sudah muncul, tentu kita berharap semoga bisa meningkatkan kualitas keimanan yang kita miliki. Sehingga pada hari kiamat nanti kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang beruntung. Semoga bermanfaat.
Top