Jangan Suudzon dengan Takdir Allah, Karena Itulah yang Terbaik, Meski Apapun yang Terjadi

Komentar

Takdir kita via assalamsumber.com

Tidak selamanya takdir Allah memang baik, Allah selalu memberikan takdir buruk maupun baik kepada setiap umatnya. Meskipun demikian kita harus selalu bersyukur, karena takdir Allah itulah yang terbaik.

Keimanan seorang mukmin yang benar harus mencakup enam rukun. Yang terakhir adalah beriman terhadap takdir Allah, baik takdir yang baik maupun buruk. Jika sesuatu ditakdir menjadi milik kita, berbekal usaha yang Cuma sedikit, sudah mampu diraih dengan mudah. Namun, jika sesuatu itu bukanlah ditakdirkan untuk kita maka meskipun kita sudah berusaha dengan semampu tenaga maka kita juga tidak akan bisa meraihnya.

Kenyataan bahwa kaum muslim kini terpuruk sudah takdir yang diberikan Alla. Semua penderitaan kita sudah tertulis di Lauh al-Mahfudz, bukan karena Allah yang melakukan. Karenanya, kita harus intorspeksi, tidak bisa kita menyalahkan Allah. Takdir kita celaka, karena perbuatan kita sendiri, tidak semua takdir Allah atas kehendak-Nya melainkan bisa karna kita sendiri.

Semua yang telah Allah takdirkan kepada kita memang takkan selamanya berupa kebaikan, tapi percayalah bahwa segala sesuatu yang Allah takdirkan itu yang terbaik bagi kita. Takdir Allah adalah suatu ketetapan yang telah digariskan oleh Allah Swt. pada bagian dari ilmu-Nya Yang Mahaluas. Inilah penjelasan mengenai takdir Allah.


Takdir Allah via realitarelita.com

Takdir Allah Itulah yang Terbaik, Meskipun Takdir Itu Tidak Selamanya Baik

Semua yang telah Allah takdirkan kepada kita memang takkan selamanya berupa kebaikan, tapi percayalah bahwa segala sesuatu yang Allah takdirkan kepada kita itulah yang terbaik.

Maka, bersyukurlah dan selalu berbaik sangkalah kepada ketentuan-ketentuan yang telah Allah tetapkan kepada kita. Karena Allah adalah Dzat yang maha tahu dan maha mengatur segala-segalanya.

1. Allah Tidak Menjanjikan Hidup Hamba-Nya Selalu Mudah, Tapi Allah Berjanji Untuk Selalu Bersama Hamba-Nya.

Dan jangan pernah lupa, bahwa Allah tidak menjanjikan hidup kita akan selalu mudah, tetapi Allah berjanji untuk selalu bersama kita. Lalu untuk apa kita masih merasa resah dan gelisah menghadapi takdir dari-Nya, jika sang penentu takdir sudah menjamin untuk selalu bersama kita baik suka ataupun duka.

2. Syukurilah Segala Sesuatu Yang Telah Allah Tetapkan Kepada Kita.

Maka bersyukurlah atas segala sesuatu yang telah Allah tetapkan kepada kita, sebab kitapun tidak tahu kisah apa selanjutnya yang hendak Allah tetapkan kepada kita setelah kita mampu melewatkan takdirnya saat ini.

Dan jika saat ini takdir kita masih belum baik menurut kita, maka bisa jadi esok dan hari-hari selanjutnya Allah telah menyediakan kehidupan yang lebih baik. Sebab kehidupan yang kita miliki adalah seperti bola pimpong, yang akan bergelinding ketika pemiliknya melemparkannya.

Dan begitu pula dengan kehidupan yang kita jalani, akan berubah jika sang pemilik kehidupan akan melemparkan takdirnya kepada kita dengan hanya berkata “Kun Fayakun”, maka sudah tentu hidup kita akan berubah seketika juga.

3. Allah Memberikan Segala Sesuatunya Sesuai Dengan Kebutuhan Kita, Bukan Sesuai Dengan Keinginan Kita.

Ingatlah, bahwasanya Allah memberikan segala sesuatunya sudah sesuai dengan kebutuhan kita, bukan sesuai dengan keinginan kita. Mengapa demikian?

Karena Allah tahu yang terbaik untuk kita, dan perlu kita ingat kembali bahwa Allah adalah Dzat yang memberi kita kehidupan, tentunya Iapun tahu segala sesuatu yang akan menjadikan kita lebih baik dalam mengarungi kehidupan ini.

4. Allah Tahu Yang Terbaik Untuk Hamba-Hambanya, Jadi Bersabarlah Jika Segala Sesuatu Yang Datang Terkadang Tidak Sesuai Dengan Harapan.

Iya, Allah tahu segala sesuatu yang terbaik untuk hamba-hambanya, jadi bersabarlah jika segala sesuatu yang datang kepada kita terkadang tidak sesuai dengan harapan.

Sebab, cara pandang manusia adalah sangatlah lemah, karena bisa saja yang menurut kita sudah baik secara perkiraan akal tapi belum tentu menurut Allah adalah baik. Namun, ketika sudah baik menurut Allah, maka sudah pasti itulah yang terbaik untuk kita.

5. Takdir Allah Akan Selalu Menjadi Baik Dirasa Jika Kita Mampu Untuk Bersyukur Dan Berbaik Sangka Pada-Nya.

Dan takdir Allah akan selalu menjadi baik dirasa, jika kita sebagai hambanya mampu untuk selalu bersyukur dan berbaik sangka pada-Nya.

Dan tentunya hal ini bukan sesuatu yang mudah, tetapi ketika perlahan-lahan kita bertafakkur dengan bijaksana saat takdir Allah menghampiri, maka sudah pasti Allahpun akan melapangkan hati kita dengan selalu bersifat ikhlas dan menerima.

Demikian penjelasan mengenaik takdir Allah, apapun takdir kita, kita harus bisa mensyukuri dan menerimanya dengan ikhlas. Karena takdir Allah adalah takdir yang terbaik, meskipun tidak selamanya takdir itu indah. Semoga bermanfaat.
Top